SMKN 27 JAKARTA LEADS TO “GO INTERNATIONAL”

Profile Sekolah

SMK N 27 yang berlokasi di Jl.Dr.Sutomo No.1 Jakarta Pusat adalah lembaga Pendidikan Kejuruan kelompok Seni,Kerajinan dan Pariwisata, memiliki 7 Kompetensi Keahlian yaitu : Usaha Perjalanan Wisata, Akomodasi Perhotelan, Jasa Boga, Patiseri, Kecantikan Kulit, Kecantikan Rambut dan Busana Butik.

Visi Sekolah : Menjadi Sekolah Pariwisata Bertaraf Internasional yang unggul, berbasis kewirausahaan dengan menguasai tehnologi informasi dan berwawasan lingkungan.

Misi Sekolah :

  1. Membentuk Tamatan yang mandiri, beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa.
  2. Mengimplementasikan manajemen mutu dengan menggunakan pendekatan bisnis.
  3. Meningkatkan mutu kegiatan belajar mengajar berbasis tehnologi dan informasi.
  4. Meningkatkan kerjasama industri, baik dalam maupun luar negeri.
  5. Menumbuhkan jiwa kewirausahaan.

Untuk menunjang Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), SMKN 27 mempunyai Fasilitas yang sangat memadai dengan adanya ruang kelas yang cukup, ruang praktik yang lengkap dari semua Kompetensi Keahlian, perpustakaan, lapangan olah raga, lab. komputer, lab. bahasa Inggris, ruang internet, Musholah untuk kegiatan keagamaan, kantin yang nyaman, aula yang luas dan SMKN 27 juga mempunyai “ edOTEL Passer Baroe” dengan 18 kamar serta restoran “ Tea House” yang dipergunakan juga bagi siswa dalam latihan pelayanan tamu Hotel. Untuk lebih memberikan pelayanan kepada tamu dan seluruh warga SMK N 27 Jakarta, telah dilengkapi pula dengan fasilitas Hot Spot di area SMK N 27 Jakarta.

Guna menciptakan suasana yang sejuk dan nyaman SMKN 27 mempunyai banyak taman diberbagai tempat dan GREEN HOUSE.

Kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin)

Prakerin adalah program wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap siswa SMKN 27, dan merupakan salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Nasional, yang bertujuan antara lain memperkenalkan dunia kerja yang sesungguhnya dan mengaplikasikan ilmu yang sudah di dapat di sekolah.

Dalam melaksanakan Praktek Kerja Industri, SMKN 27 sudah bekerjasama  dengan berbagai Dunia Usaha/Industri.

Prakerin dilaksanakan di kelas XI  semester 3 dan berlangsung selama 6 bulan.  Agar siswa tetap mendapat pelajaran, sebelum dan selama Prakerin siswa diberikan tugas berupa LKS dan Modul oleh masing-masing guru kompetensi keahlian.

Pada jurusan Akomodasi Perhotelan dan Jasa Boga siswa melaksanakan Prakerin di Hotel Berbintang diantaranya adalah : Hotel Borobudur, Sheraton Media, Grand Hyat, Ritz Carlton dan Four Season Hotel. Disamping itu SMKN 27 juga bekerja sama dengan catering yaitu Purwantara dan ACS yang khusus menyiapkan makanan bagi penumpang pesawat terbang. Ada juga Beberapa siswa yang sudah melaksanakan Prakerin di luar negeri.

Prakerin Busana Butik dan Tata Kecantikan dilaksanakan di Butik dan Salon terkenal diantaranya adalah : Dhani Dahlan, Ida Leman Collection, Dandy Burhan, Stella Fashion & Bridal untuk kompetensi keahlian Busana Butik dan Andyanto Salon, The Guh Salon, Rudy Hadisuwarno Salon, Makarizo untuk kompetensi keahlian Tata Kecantikan.

Kegiatan Sekolah dan Siswa

Kegiatan sekolah dimulai masuk pukul 06.30 s/d 15.00. Sebelum masuk kelas siswa sudah disambut dengan ramah, senyum dan salam oleh Kepala Sekolah, Wakasek, Pembina OSIS dan guru BK. Keramahtamahan, senyum dan salam sudah merupakan tradisi dan harus dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah. Begitulah yang sering diingatkan oleh Ibu Dra.P.Marbingah MM Kepala SMKN 27.

Setiap hari Senin dan hari besar Nasional selalu dilaksanakan upacara Bendera agar siswa mempunyai rasa nasionalisme dan disiplin yang tinggi begitu juga dengan hari besar Keagamaan SMKN 27 selalu memperingatinya, ini dimaksudkan agar siswa dapat meningkatkan rasa keimanan dan ketaqwaannya.

Untuk menyalurkan bakat dan minat, OSIS SMKN 27 menyelenggarakan kegiatan Ekstrakurikuler yang dilaksanakan setelah jam pelajaran selesai. Adapun Ekstrakurikuler yang dilaksanakan adalah : Paskibra, Bola Basket, Futsal, Modrn Dance, Tari Betawi, Paduan Suara. Disamping ekstrakurikuler, siswa SMKN 27 juga mempunyai kelompok KLH yang salah satu tugasnya adalah pengolahan limbah.

Bekerja sama dengan Toyota Eco youth dan Teens Go Green PT Jaya Ancol, KLH mempunyai program pengolahan limbah. Program ini sangat bermanfaat untuk pendidikan lingkungan hidup bagi siswa dan limbah yang ada di sekolah bisa dmanfaatkan dan di daur ulang.

Ada kegiatan siswa lainnya yang menarik yaitu : Ajang Kreasi Bulanan [ASINAN] yang menampilkan teater, modern dance, tari daerah dan Final 27 IDOL. Semua kegiatan ini dilaksanakan oleh OSIS dan dibimbing oleh para guru pembina.

One response to this post.

  1. salam kenal.
    saya cukup mengapresiai blog ini juga tentang smk 27 ini. dan sekolah saya pun jurusannya sama dengan smk27 ini, kita sukseskan indonesia yang lebih maju dengan dengan lulusan SMK yang handal,

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: