Aceh by Amal Ahmada

A. INFORMASI UMUM

D.I. Aceh dengan Ibu Kotanya Banda aceh, merupakan propinsi paling berat Republik Indonesia terletak di ujung Pulau sumatera.

D.I. Aceh memiliki luas areal 55.390 km termasuk sejumlah pulau disepanjang pantai barat dan selatan, terletak pada 2 sampai 6 lintang utara dan 95 sampai 98 bujur timur.

Penduduk aceh pada umumnya ras melayu dan terdapat beberapa sub suku yaitu Gayo di Aceh tengah , Alas di Aceh Tenggara, Tanjung sebagian Aceh Timur, Kluet dan Aneuk Jamee di sebagian Aceh Selatan.

Penduduk aceh pada umumnya penganut agama Islam yang taat, karena itu adat istiadat serta seni budayanya banyak dipengaruhi budaya islam seperti tari saman, tari seudati, Meuseukeat tari Reban, dll.

Cara Pencapaian :

Untuk mencapai D.I. Aceh dapat mnggunakan transportasi udara setiap hari dari Jakarta atau kota-kota besar di Pulau Sumatra bahkan dari Jakarta, bandung, Surabaya dan Denpasar. Transportasi laut juga ada yang melayani secara reguler dari Jakarta – Banda Aceh menyinggahi teluk Bayur di Sumatera Barat dan Belawan di Sumatera Utara.

B. OBJEK DAN DAYA TARIK WISATA

1. Banda Aceh

a. mesjid Raya Baiturrahman

Mesjid yang indah dan megah di Daerah Istimewa Aceh bahkan Indonesia dan Asia Tenggara. Pada masa Kesultanan Iskandar Muda, mesjid ini sebagai tempat siar islam serta pertahanan rakyat Aceh yang Islami dari serbuan penjajah. Mesjid yang terletak di pusat ibukota Provinsi D.I. Aceh yaitu Banda Aceh, masih megah berdiri sampai sekarang sebagai saksi sejarah rakyat aceh.

b. Museum Negeri Aceh

Terletak di Jl. Sultan Alaidin Mahmud Syah, merupakan museum terlengkap dengan koleksi sejarah Aceh pada zaman dahulu dan berlokasi berdekatan dengan Pendopo Gubernur dan makam Sultan Iskandar Muda Meukota Alam.

c. Lonceng Cakra Donya

Berada dalam komplek Museum negeri Aceh. Menurut riwayat lonceng ini berasal dari negeri cina yang dibawa Laksamana Cheng Ho dihadiahkan pada Kerajaan Samudera Pasai tahun 1414.

d. Gunongan

Terletak di Jl. Teuku Umar. merupakan suatu banganunan yang berbentuk gunung buatan, gunung buatan, sebagai tempat bermain/rekreasi raja-raja Aceh dan pemaisurinya.

e. Khenkhoff

Komplek perkuburan serdadu Belanda yang tewas dalam perang Aceh dan merupakan bukti sejarah rakyat Aceh melawan penjajah. Di tempat ini dikuburkan 2.000 prajurit dan sampai sekarang masih terawatt dengan baik.

2. Aceh Besar/Jantho

a. Rumah Cut Nyak Dhien

Rumah khan Aceh sebagai rumah tinggal seorang pahlawan wanita Aceh juga isteri dari pahlawan terkenal, Teuku Umar Johan. Dapat mencapai dengan bus, mini bus dan taksi 8 km dari Banda Aceh.

b. Pantai Lhoknga dan Lampuuk

Pantai berpasir putih dan berpanorama indah menawan serta dapat menyaksikan matahari terbenam.  Jarak dari Banda Aceh 17 km arah menuju Meulaboh dengan bus, mini bus dan taksi .

c. Pantai Ujong Bates

Pantai tempat pendaratan pertama tentara Jepang di bumi Aceh pada tahun 1942, berpanorama alami, pasir putih, dan dirindangi pohon-pohon cemara teduh.

3. Sabang

a. Teluk sabang

merupakan teluk yang indah dapat dilihat dari ketinggian bukit Danau Aneuuk Laot dan sebagai sumber air bersih untuk masyarakat kota sabang.

b. Taman Laut Pulau Rubiah

Berjarak 23 km melalui jalan darat atau 6 km melalui laut dari pusat kota Sabang dimana terdapat aneka ikan hias, bunga karang yang indah. Objek wisata lain menarik adalah Tugu Km No 1 Republik Indonesia, HutanWisata lboih dan Pemandian air Panas Keuneukai.

4. Aceh Utara / Lhokseumawe

a. Bekas pusat Kerajaan Pasai

Lokasi 18 km dari kota Lhokseumawe dan terdapat makan raja-raja kerajaan Islam pertama di Indonesia. Samudera Pasai dimana nisannya terbuat dari batu pualam indah dan berhiaskan Kaligrafi Arab yang menarik.

b. Pantai Ujong Blang

Lokasi di dekat kota lhoksemawe dan banyak dikunjungi wisatawan terutama pada hari minggu dan hari besar Islam. Objek wisata lain adalah museum Malikussaleh, air terjun Blang Kolam.

5. Aceh Tengah / Takangon

A. Danau Laut Tawar

Lokasi di kota Takengon yang beriklim dingin atau 300 km dari Banda Aceh dimana atraksi yang bisa di lakukan antara lain olah raga air, memancing dan jaln berkeliling danau.

B. Pemandian Air Panas Simpang Balik

Berjarak 20 km sebelum masuk kota Takengon terdapat fasilitas kolam air panas yang dikunjungin terutama hari libur.

C. Taman Buru Linge Isaq

Berjarak 50 km dari kota Takengon dapat dicapai dengan bus , mini bus dan mempunyai luas 80.000, terdapat binatang buruan seperti babi hutan, rusa dan sebagainya. Objek wisata Lain yaitu gula Loyang Koro dan gua Putri Pukes.

6. Aceh Tenggara / Kutacane

a. Taman Nasional Gunung Leuser

Sejarah pembentukan taman nasional ini diawali dengan usulan Van Heum pada tanggal 9 Mei 1928 kepada pemerintah Belanda agar ditetapkan kawasan konservasi Gunung Leuser. Kemudian pada tahun 1934 – 1938 ditetapkanlah beberapa kawasan konservasi di wilayah tersebut, yaitu Suaka Margasatwa (SM) Gunung Leuser, kemudian SM Kluet, SM Langka barat , SM Langka selatan dan SM Sikundur.

formasi hutan di kawasan ini disusun oleh formasi hutan payau, hutan tropis, daratan rendah, hutan tropika pegunungan, dan hutan tropika sub-alpin. Sebagian besar hutan disini didominasikan oleh jenis-jenis Dipterocarpaceae, seperti meranti, keruing, shorea, dan pohon kapur. Salah satu jenis pohon kapur yang terkenal adalah Dryobalanops aromatic.

Sedikit tercatat 89 jenis satwa langka fi Tman Nasional Gunung Leuser.  Jenis-jenis yang terdapat di kawasan ini antara lain serundung (Hylobateslar), ungko (Presbytis Thomaso), macam akar (Felis Temmincki), burunf kuda (Galulax Retifreons0 dan Linsang (Prionodon Linsang).

masyarakat di sekitar Taman Nasional Gunung Leuser terdiri dari berbagai suku alas dan Gayo (Aceh Tenggara).

suku jamu dan Aceh (Aceh Selatan), suku Karo dan melayu terutama di daerah langkat. Objek wisata pendukung di sekitar Taman nasional ini belum berkembang. Terdapat daerah wisata pegunungan Brastagi, tetapi lebih dekat ke Medan. Objek ini akan dilalui apabila mencapai taman nasional arah Medan (Sumatera Utara).

b. Taman Lawe Gurah

Taman dengan luas 9.200, lokasinya dekat Ketambe yang berjarak 35km dari kota Kutacane.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: