jakarta by kezia

D.K.I JAKARTA

A. INFORMASI UMUM

Propinsi DKI Jakarta Terletak 60 sampai 70 Lintang Selatan dan 1070 hingga 1080 Bujur Timur, dengan luas wilayah 656 km2 , berdiri tanggal 10 Februari 1965. Suku – suku yang tinggal di DKI Jakarta adalah Betawi, Orang Depok, Orang Tugu, Cina, Arab, dan rupa – rupa suku bangsa dari seluruh Indonesia dan dunia. Agama yang dipeluk penduduk DKI Jakarta, Islam 85%, Kristen 9,2%, Hindu 0,26%, dan Buddha 5,4%, Cagar Alam yang terdapat di DKI Jakarta antara lain : Muara Angke, Pulau Bokor dan Pulau Rambut, Pelabuhan Laut.

 

Pakaian Adat Betawi

 

Pakaian Adat Pria Betawi berupa dester ( tutup kepala ) dengan jas tertutup, memakai celana panjang, kain batik yang melingkar pada pinggang dan sebilah keris yang terselip di perut, jester, sedangkan pakaian wanitanya ; baju kebaya, selendang sebagai penutup kepala serta kain batik.

 

Transportasi

Penerbangan dalam negeri dilayani oleh Garuda Indonesia dan beberapa perusahaan penerbangan kecil lainnya : Merpati Nusantara Airlines, Bouraq, Pelita Air Service. Penerbangan dalam negeri menghubungkan seluruh ibukota propinsi dan kota – kota kabupaten di seluruh Indonesia. Pelayaran PT.PELNI dan beberapa pelayaran swasta lainnya menghubungkan Jakarta dengan seluruh kota – kota propinsi dan kabupaten di seluruh Indonesia. Hampir 200 kota di Indonesia dilayani dengan pelayaran laut penumpang besar seperti KM. Kerinci, Lawit, Kambuna, Kalimutu, Umsini, Rinjani, Dobon Solo dan KM. Singuntang.

 

B. OBJEK DAN DAYA TARIK WISATA

 

a. Objek Wisata Jakarta

1. Museum Sejarah Jakarta

Museum ini menempati gedung tua yang dibangun pada tahun 1710 dan dikenal sebagai Balai Kota Batavia terletak di Jl. Taman Fatahilah I. Koleksi yang dipamerkan meliputi numismatic berupa logam VOC, prasasti dan sisa kejayaan Kerajaan Banten, juga perabotan rumah tangga dari kayu aben merupakan kayu merah yang mewakili abad 17, 18, dan 19 tulisan dan lukisan – lukisan kayu Raden Saleh, Potret Gubernur Jenderan VOC, peta – peta tua dan sebagainya.

 

2. Museum Adam Malik

Museum ini dibawah naungan Ny. Adam Malik yang berlokasi di Jl. Diponegoro no. 29 Jakarta Pusat. Didirikan pada tahun 1984, merupakan bekas kediaman almarhum Adam Malik seorang di-plomat dan mantan Wakil Presiden. Didalam Museum ini tersimpan berbagai koleksi beliau, berupa benda – benda seni yang bernilai tinggi dari berbagai negara, seperti keramik, lukisan – lukisan benda – benda porselin dan berbagi kerajinan tradisional serta koleksi yang berupa peralatan fotografi dari berbagai model, guna melestarikan

budaya bangsa.

 

 

 

3. Museum Sasmita Loka

Museum ini terletak di Jl. Lembang D 58 Jakarta Pusat. Didirikan pada tahun 1966, merupakan bekas rumah kediaman Pahlawan Revolusi Jenderal A.Yani, yang telah dibunuh secara kejam di luar kemanusiaan pada peristiwa G 30S/PKI. Beberapa peninggalan dari almarhum Jenderal A.Yani, seorang putra bangsa sejati, masih dapat disaksikan agar dapat dijadikan hikmah bagi generasi mendatang.

 

b. Objek Wisata Monumen

 

1. Tugu Monumen Nasional

Terletak di Silang Monas – Jakarta Pusat. Monumen Nasional setinggi 132 meter melambangkan dan mencerminkan identitas, sejarah dan cita –cita bangsa Indonesia, dibangun untuk mengenang dan menandai kebesaran perjuangan kemerdekaan Indonesia serta menimbulkan inspirasi bagi generasi sekarang dan generasi masa datang dalam mengisi kemerdekaan. Api menyala tiada kunjung padam di puncak Tugu melambangkan tekad bangsa Indonesia untuk berjuang dan membangun dan yang tak pernah akan surut sepanjang masa. Nyala api kemerdekaan berbrntuk kerucut, tingginya 14 meter dan diameter 6 meter terbuat dari perunggu seberat 35 kg. Diruang museum sejarah, jenderal – jenderal peraga pada keempat dindingnya menggambarkan sejarah perjuangan bangsa dalam bentuk 28 buah diorama, diantaranya diorama Proklamasi Kemerdekaan dan diorama Kesaktian Pancasila. Dibuka untuk umum pada pukul 08.30 s/d 17.00 WIB, Senin s/d Jum’at dan pukul 08.30 s/d 19.00 WIB pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur.

 

2. Monumen Pahlawan Proklamator Soekarno – Hatta

Monumen ini terletak di Jl. Proklamasi 56, tempat Proklamasi Kemerdekaan pertama kali dikumandangkan oleh Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Patung Bung Karno dan Patung Bung Hatta dibuat dari perunggu seberat 1.200 kg, tinggi 4,60 m dan 4,30 m , menggambarkan wajah Bung Karno ketika berusia 46 tahun dan Bung Hatta berumur 43 tahun, yang dibesarkan 200 kali, berukuran 290 cm x 196 cm diletakkan pada Lima Balok yang merentang dari sirip tengah yang melambangkan Pancasila. Dibuka untuk umum setiap hari pukul 08.30 s/d 20.00 WIB tanpa dikenakan biaya.

 

3.       Monumen Pancasila Sakti

Terletak di Lubang Buaya Pondok Gede, berdekatan dengan Taman Mini Indonesia Indah. Terdapat sumur bercungkup dimana 7 ( tujuh ) orang Pahlawan Revolusi dibantai kaun komunis pada tanggal 30 September 1965.

 

4. Gedung DPR/MPR

c. Objek Wisata Flora dan Fauna

1. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan terletak ± 15 km dri pusat kota Jakarta, dengan ketinggian 50 m di atas permukaan laut. Jam buka Kebun Binatang Ragunan setiap pukul 07.00 dan ditutup pukul 18.00. Disamping peragaan – peragaan satwa yang ditata dengan apik dan menarik didalam kandang yang disesuaikan dengan habitat didalamnya Kebun Binatang Ragunan Jakarta juga memberikan pelayanan terhadap pengunjung berupa :

§  Pemutaran Film Flora dan Fauna

§  Pemandu Wisata/Guide

§  Pemandu Pembuatan karya tulis bagi pelajar SLTA

§  Penuntut pengenalan satwa kepada para pelajar

 

Harapan kami manfaatkan sarana ini dengan sebaik – baiknya, agar anda mendapat kepuasan serta kesan yang mendalam terhadap Kebun Binatang Ragunan Jakarta

 

d. Objek Wisata Bahari

1. Pelabuhan Sunda Kapala

Pelabuhan Sunda Kelapa lebih dikenal dengan sebutan Pelabuhan Pasar Ikan, terletak di Muara Sungai Ciliwung. Pelabuhan ini merupakan pelabuhan tertua di Indonesia yang telah melakukan aktifitas perekonomian sejak zaman Kerajaan Pajajaran abad 15 merupakan titik temu kapal – kapal layar tradisional.

 

2. Pulau seribu

Kepulauan Seribu terletak di teluk Jakarta, di pulau ini terdapat bungalow dan cottage serta fasilitas olah raga air.

 

e. Objek Wisata Seni dan Budaya

1. Taman Ismail Marzuki ( TIM )

Terletak di Jl. Cikini Raya no. 73 Jakarta Pusat. Merupakan komplek pusat kesenian Jakarta yang terdiri dari gedung pertunjukan baik teater tertutup maupun terbuka, auditorium, ruang pamer, sekolah kesenian, bengkel seni, bioskop, Graha Bhakti Budaya dan Planetarium yang merupakan wahana pengetahuan tentang benda – benda planet.

 

2. Taman Mini Indonesia Indah ( TMII )

Terletak di Jl. Pondok Gede, Kramat Jati, Jakarta Timur. Taman Mini Indonesia Indah Tampil mengemban misi WAHANA PELESTARIAN, PENGEMBANGAN, PELAYANAN DAN INFORMASI BUDAYA. Objek wisata yang diresmikan tanggal 20 April 1975, mempunyai tujuan utama untuk memperkenalkan warisan budaya yang merupakan kekayaan dan kekuatan yang tak ternilai harganya.

 

Di Taman Mini Indonesia Indonesia Indah kekayaan dan keaneka – ragaman budaya itu dapat disaksikan walaupun hanya selayang pandang namun tetap mencermikan kebesaran budaya bangsa Indonesia yang masing – masing menggambarkan kehidupan sosial budaya di daerahnya. Disetiap anjungan daerah dapat disaksikan pameran tetap unsur – unsur kebudayaan daerah seperti pakaiaan adat, perlengkapan rumah tangga tradisional, wajah objek wisata daerah dan sebagainya. Dalam waktu – waktu tertentu pengunjung dapat menikmati pagelaran kesenian daerah yang beraneka ragam bentuknya, peragaan busana yang seluruhnya dikemas dalam suatu paket budaya yang amat menarik. Taman Mini Indonesi Indah berupaya tetap memegang teguh moral dan agama, dalam rangka member keseimbangan antara kepentingan jasmani dan rohani. Memperindah Taman Mini, tampak Taman Kaktus, Taman Anggrek, Taman Bunga Keong Emas, Taman Apotik Hidup, Taman Buah –buahan Langka yang di tata secara apik, menyuguhkan suasana yang teduh dan nyaman memberikan udara sehat. Bagi pecinta satwa burung, tidak kurang dari 242 jenis burung dari seluruh wilayah Nusantara hidup bebas di Taman Burung seperti habitat aslinya, museum Komodo menyajikan Fauna Indonesia dari Zaman Purbakala.

Untuk memberikan wawasan luas tentang bangsa Indonesia dalam berbagai aspek, dapat mengunjungi Museum Indonesia, Museum Perangko, Museum Keprajuritan, Museum Transportasi, Museum Minyak dan Gas, Graha Widya Patra, Museum Asmat dan Museum Olah Raga.

 

selain itu semua itu masih terdapat istanan anak – anak Indonesia adalah tempat yang cocok untuk menyalurkan kreatifitas anak – anak dalam seni music, tari, vocal, dan karawitan. Juga untuk menambah pengetahuan anak tentang dongeng – dongeng rakyat Indonesia melalui pesawat telepon, dilengkapi sarana untuk rekreasi anak – anak disediakan Taman Among Putra yang menyajikan aneka ragam permainan baik dari dalam maupun luar negeri.

 

Sedangkan bagi yang menyukai olah raga air, Taman Renang Ambar Tirta menyajikan rekreasi yang sehat. Teater Imax Keong Emas Film Tiga Dimensi – Taman Mini selain mengembangkan misi sebagai pelestarian budaya bangsa, sentuhan tehnologi canggihpun tampak menonjol terutama dalam bentuk yang berlayar lebar bahkan terlebar di seluruh dunia, di teater Imax Keong Mas kemegahan dan kekayaan buday Indonesia bisa disaksikan dari dekat. Sedangkan kehidupan dibawah laut, ( PIBW ) rasanya kita menyatu dengan ruangan bawah laut.

Aneka hidangan Indonesia bisa dinikmati di seluruh areal Taman Mini, dari restaurant standart internasional, rumah makan khas Minang atau suasana Malioboro yang dimakan sambil lesehan. Ingin lebih santai bisa makan di Desa Seni Pasar Tiban sambil menyaksikan berbagai kesenian panggung terbuka. Tidak jauh dari tempat itu pengunjung dapat melihat – lihat hasil karya para perajin berupa cenderamata yang bersifat ethnis.

Untuk sampai di Taman Mini Indonesia Indah, dicapai melalui jalan bebas hambatan dari Tanjung Priok maupun Grogol hanya dalam waktu 15 menit.

Untuk kenyamanan dan keamanan selama berekreasi, seluruh pengunjung Taman Mini di asuransikan melalui kerjasama dengan PT. Asuransi Kerugian Jasa Raharja. Transportasi di Taman Mini memberikan pelayanan yang memuaskan pengunjung, Taman Mini menyediakan berbagai sarana transportasi. Mobil keliling Si Putih Gratis, Kereta Api Mini, Sky Lift untuk yang ingin melihat Taman Mini dari udara atau yang bisa mengangkut penumpang secara massal yakni Aeromovel SHS 23 Tithan Samirono. Sarana parkir, luas areal parkir ± 1.000 m2 dapat menampung kendaraan roda dua sekitar 30 buah.

 

f. Lain – Lain

 

1. Taman Nasional Kepulauan Seribu

Permukaan dasar laut kawasan Kepulauan Seribu umumnya landai beraturan. Di beberapa gugusan pulau terdapat jurang – jurang yang dalam, antara lain perairan Pulau Congok, Pulau Sempit dan beberapa pulau lainnya.

 

Fauna yang khas dan dominan di kawasan ini adalah jenis – jenis biota yang merupakan satu kesatuan ekosistem terumbu karang. Jenis binatang karang telah teridentifikasi 257 jenis, ikan 113 jenis, burung pantai 17 jenis. Selain itu terdapat beberapa jenis molusca yang dilindungi seperti jenis – jenis kimia, kerang kepala kambing, batu laga, akar bakar, dan kerang susu bundar. Sedangkan flora laut yang umum terdapat, antara lain Gelidium, Sargassum, Fucus dan Chongdrud. Jenis flora lainnya adalah pandan laut ( pandanus tectorius ), Bogem ( Sonneratia sp.), Waru Laut ( Hibiscus tiliaceus ), Babakoan ( Calotropis gigante ), dan lain – lain.

Anatara Ancol dan Pulau Bidadari yang berjarak 9 km dapat ditempuh kurang lebih 30 menit dengan sarana perhubungan laut sudah teraktur, yaitu empat kali sehari pada hari Sabtu dan Minggu dan dua kali sehari pada hari – hari lainnya. Dari Tanjung Priok ke Pulau Panggang juga terdapat sarana perhubungan laut dua kali seminggu.

Disamping itu juga dapat ditempuh dengan boat carteran yang dapat berangkat setiap saat dari marina dengan lama perjaanan 2 – 2,5 jam.

 

2. Taman Impian Jaya Ancol

Terletak di Jl. Lodan No.7 Jakarta Utara. Taman Impian ini terdiri dari berbagai macam fasilitas rekreasi dan hiburan yang merupakan satu kesatuan mengarah pada sentra rekreasi, sport belanja bagi seluruh keluarga. Kegiatan berlangsung terus menerus selama 24 jam. Fasilitas – fasilitas rekreasi dan hiburan yang ada di dalamnya antara lain meliputi :

§  Gelanggang Renang dengan berbagai macam kolam atraktif.

§  Gelanggang Samudera dengan berbagai pertunjukan satwa seperti Lumba – Lumba, Akuarium Laut dan lain – lain.

§  Padang Golf

§  Marina

§  Pondok Putri Duyung ( Cottage )

§  Graha Wisata Remaja ( Hostel ) untuk pelajar dan mahasiswa, juga hotel serta model.

§  Dunia Fantasi yang merupakan theme park dan merupakan dunia keajaiban dan kegembiraan bagi seluruh keluarga.

§  Teater Mobil

§  Pasar seni dengan berbagai macam barang kerajinan tangan, pasar lukisan dan cenderamata. Selain itu masih banyak fasilitas – fasilitas yang ada seperti tempat memancing, naik perahu, bowling, klab malam, tempat – tempat hiburan serta restoran.

§  Aquarium Laut Raksasa ( Sea World )

3. Jalan Surabaya

Sebagi pasar loak yang terdiri berbagai barang antic hingga barang tiruan.

 

4. Gereja Tugu

Gereja tersebut terdapat di Kampung Tugu, derah Cilincing dekat Tanjung Priok dibangun pada tahun 1725 oleh Pendeta Belanda Van Der Tydt. Bangunan utama dipugar pada tahun 1744 sesudah dihancurkan orang – orag cina.

 

5.       Taman Ria Remaja

Terletak di jalan Gerbang Pemuda Senayan, Jakarta Pusat. Taman ini sebuah danau buatan, digunakan untuk motor boat, sampan dan perahu sepeda. Ada juga permainan untuk anak – anak diantaranya mini cars, mini trains, merry go – grounds. Hiburan malam dapat juga dinikmati di taman ini seperti : musik hidup dan pertunjukan komedi popular. Dapat dikunjungi setiap hari Senin s/d Sabtu dari pukul 10.00 s/d 22.00 WIB, hari libur dan minggu pukul 18.00 s/d 22.00.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: