jambi-bengkulu by bernard

A. INFORMASI UMUM

Propinsi Jambi terletak 10 sampai 30 lintang selatan dan 1010 sampai 1040 bujur timur, di dirikan pada tanggal 2 juli 1958.Luas keseluruhan daerah jambi adalah 53.436.52 km2, di bagi menjadi 5 kabupaten dengan sebuah kotamadya, yaitu Batanghari (11.130 km2), Bungo Tebo (13.50 km2) Sarolangun Bangko (14.200 km2), tanjung jabung (10.200 km2) dan kotamadya jambi (306 km2).

 

Penduduk propinsi jambi , meskipun kebanyakan penduduk beragama islam,namun ada juga pemeluk agama Kristen , Budha dan hindu.

 

Propinsi jambi merupakan daerah yang memiliki berbagai jenis flora dan fauna yang memberikan pesonatersendiri.

disamping pesona flora dan fauna tersebut rfgg6yang memberikan pesonatersendiri.

disamping pesona flora dan fauna tersebut terdapat pula peninggalan-peninggalan sejarah dan budaya.Tata hidup masyarakat jambi,yang berakar dari adatistiadat tetap di pelihara dan dapat di saksikan melalui upacara-upacara antara lain :  Penyambutan Tamu-tamu agung,Upacara pemberian gelar kepada sesepuh adat,upacara perkawinan dan sebagainya.Pada berbagai jenis upacara tari-tarian tradisional di lakukan untuk memeriahkan upacara tersebut antara lain : Tari sekapur Sirih, Tari Rengguk, Tari Japin, dan sebagainya.

Dewasa ini pembangunan sarana dan prasaran wisata di daerah jambi,memberikan jaminan kemudahan bagi setiap wisatawan yang ingin berkunjung ke jambi.

 

 

Cara Pencapaian :

Sebagai Ibu kota propinsi Jambi dapat di tempuh dengan berbagai alternativf.

 

Melalui Udara :

Di layani oleh penerbangan Garuda Indonesia dua kali sehari dengan jarak tempuh 40 menit dari Jakarta.

 

Melalui Darat :

Bus yang menghubungkan jambi dengan ibu kota propinsi di seluruh sumatera, Jawa dan Bali berlangsung setiap hari.

 

Melalui Laut :

untuk pelayaran Laut jambi di layani oleh Kapal-kapal PELNI yang bertonase kecil.

 

 

B. OBJEK DAN DAYA TARIK WISATA

a. Museum Negri Jambi

Terletak di perempatan jalan Prof. Dr. Soedewi Sofwan dengan jalan Urip Sumohardjo,Kodya jambi di bangu pada tahun 1981di atas tanah seluas 13,350 m2 dengan luas bangunan kurang lebih 4.000 m2. Di museum ini terdapat berbagai peninggalan sejarah dan budaya jambi serta Informasi tentang potensi alam yang terdapat di wilayah jambi. Bentuk rumah Kajang Loko merupakan Ciri khas dari arsitektur Museum Negri Jambi.

b. Taman Anggrek Prof.Dr.Sri Soedewi Sofwan

Terletak di kecamatan Telanipura 5 km dari pusa kota Jambi dengan luas areal kurang lebih 25.056 m2.Taman anggrek ini di bangun atas prakarsa almarhum Prof. Dr. Sri Soedewi Sofwan dan di resmikan penggunaannya oleh ibu Tien soeharto tanggal 4 april 1948.di Dalam taman ini terdapat bangunan utama semacam Plaza , bangunan terbuka dalam bentuk Joglo, sebagai pusat pelayanan informasi , bangunan untuk budidaya anggrek , sebuah Labolatorium, Kolam alam dan sebagainya.

 

c. Taman Rimba Aneka Ria

Terletak di kecamatan jambi selatan bersebelahan dengan Bandar udara Sultan Thoha Syafuddin. Luas Area Taman Rimba Ria ini kurang lebih 36 Ha yang sebagian besar di tumbuhin pohon-pohon rindang. Di dalam kawasan taman tersedia arena bermain anak-anak ,kebun binatang , dan arena memancing .

 

d. Kolam Renang tepian Ratu

Di bangun di kecamatan telanipura, 3 Km dari pusat kota jambi bertaraf Internasional dengan ukuran 20×50 m dalam areal seluas 3 Ha. Kolam renang di lengkpi dengan tribun  yang dapat menampung lebih dari  1.000 penonton.

 

 

e. Taman Mayang Mangurai

Terdapat di Kecamatan Telanaipura kurang lebih 6 km dari pusat kota, bersebelahan dengan kantor Gubernur/KDH Tk. I Jambi dengan luas areal 1 Ha. Di taman ini dapat di saksikan bangunan rumah adat Jambi yang berisikan pakaian adat daerah-daerah tingkat ll se-propinsi jambi beserta perlengkapan tradisional Lainnya.

 

f. Sanggar Batik dan Kerajinan

Dibangun di kecamatan Telanaipura, 4 km dari pusat Kota jambi sebagai tempat berbagai jenis kegiatan kerajinan seperti Batik khas Jambi, anyaman rakyat, Batu-batu akik dan Lain-lain, Sekaligus sebagai pusat pemasaran hasil-hasil kerajinan termasuk batik tradisional.

 

g. Taman Wisata Indah Setiti

terletak di Desa setiti, Kabupaten Batanghari, 19 km dan kota jambi. Luas areal Taman 6 Ha di lengkapi dengan Taman bermain anak-anak, patung-patung berbagai jenis hewan, goa-goa, dan danau-danau buatan untuk rekreasi.

 

h. Muara Jambi

Terletak di Desa Muara jambi, kecamatan sekeman, Kabupaten Batanghari, 25 Km di Laut Kota Jambi  dan dapat di capai melalui singai Batanghari dan lewat jalan darat. Di kawasan ini terdapat beberapa Candi yaitu astano, tinggi, gunung kembar batu,Gedong, Kedaton dan kota  Mahligai . Penelitian terhadap peninggalan sejarah dan purbakala di desa Muara jambi ini telah di lakukan sejak tahun 1810 dan terakhir oleh pusat penelitian Arkeologi Nasional tahun 1978 Sampai tahun 1988. Salah satu temuan arca di Candi gumpung arca Prajuaparamita dari zaman singasari.

kerjaan bernad yang ini oke ….

i. Bukit Dua Belas

terhampar di kecamatan paul kabupaten bangko ± 60 km dari kota bangko.sejak tahun 1985 di tetapkan sebagai hutan lindung/cagar biosfir dengan luas areal 28.408 Ha. penetapan sebagai hutan lindung,disamping  sebagai  tempat  hidup suku anak dalam (suku-kubu) yang diperkirakan berjumlah  ± 1.000 jiwa. Di daerah pinggiran  hutan lindung  ini terdapat sumber air panas yang  mengandung  lumpur  panas yang menarik untuk dikunjungi.

 

 

j. Air  Terjun Segerincing

air terjun setinggi 62 m ini terdapat di desa Tuo,kecamatan muara siau ,kabupaten sarolangun bangko , 75 km dari kota bangko  dan merupakan al;iran sungai yang berasal dari gunung masurai . Dapat di capai dengan kendaraan roda empat  dan jalan setapak sejauh  200 meter .

 

 

k. Danau Kerinci

terletak di desa sanggaran agung ,kecamatan danau kerinci,20 km dari kota sungai penuh ,ibukota kabupaten kerinci .luas danau ± 5.000 m dengan ketinggian 783 m diatas permukaan air laut,merupakan tempat yang baik untuk rekreasi ,memancing dan olahraga air . Di pinggir danau terdapat akomodasi yang memadai bagi pengunjung.

 

 

l. Air  Panas Semurup

terdapat di desa semurup,kecamatan air hangat ,11 km dari ibukota kabupaten kerinci.Sumer air panas ini mengandung  belerang yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.Untuk tempat mandi telah di sediakan kamar-kamar yang dialiri air panas dari sumbernya.

 

 

m. Danau Gunung Tujuh

danau seluas 1.000 Ha ini terletak diatas bukit pada ketinggian 1996 m diatas permukaan air laut , termasuk dalam kawasan taman nasional kerinci seblat. Terdapat beranekaragam  flora dan fauna serta panorama indah dengan udara sejuk yang bersih.untuk  pengunjung  disediakan  pondok wisata dan areal  camping seluas 2 Ha.danau ini terletak  di kecamatan gunung kerinci 50 km dari kecamatan ibukota kabupaten kerinci  dan dapat di capai dan kendaraan roda  empat dan  jalan setapak ±4 km.

 

 

n. Taman Nasional Kerinci Seblat

merupakan bagian rangkaian  pegunungan bukit barisan  ynag di tetapkan sebagai kawasan konservasi alam sejak 14 Oktober 1982 dengan luas areal  1.484.660 Ha. secara geografis taman  nasional ini merupakan bagian dari 4 provinsi yaitu sumetera barat,jambi,sumatera selatan dan Bengkulu .fauna yang tercatat terdiri dari 37 jenis mamalia, 139 jenis unggas , 10 jenis reptil ,6 jenis amphibi ,6 jenis primata ,badak sumatera,gajah,tapir ,harimau sumetera ,siamang,ungko,simpaei,wau-wau dll.Disamping itu juga terdapat hewan aneh yang berjalan tegak  yang disebut penduduk setempat sebagai orang pendek dengan cirri pemalu ,berjalan tegak ,tidak berekor  dan kekar penuh misteri .

 

 

o. Hutan Margasatwa Berbak

terletak di kecamatan nipah panjang  ± 60 km dari kodya jambi. merupakan tempat bagi burung-burung yang berimigrasi dari daerah yang beriklim dingin ke daerah yang berklim panas,terutama pada bulan Oktober,Nopember dan Desember.luas hutan ini  ± 145.000 Ha,dapat dikunjungi setiap hari .

 

 

p. Taman Nasional Berbak

terletak di wilayah  kecamatan nifah dan kecamatan sadu serta Batanghari (wilayah kecamatan kumpeh)daerah pantai timur jambi .kawasan taman nasional berbak merupakan dataran rendah yang berawa-rawa dengan ketinggian 0-14 m diatas permukaan laut.topography datar dengan kemiringan tanah kurang dari 20%.diwilayah ini banyak terjadi delta-delta yang semakin meluas,terpengaruhi oleh pasang surut laut ,maka terbentuklah rawa air tawar denga vegetasi yang khas yang merupakan awal berlangsung nya proses pembentukan gambut,taman nasional ini mempunyai arti yang sangat panting ,baik bagi perkembangan ilmu pengetahuan maupun peneliatian yang bersifat ilmiah.vegetasi di kawasan ini ada 4 tipe yaitu tipe vegetasi payau,rawa,rawa gambut,dan pantai .diantara jenis floranya adalah bakau- bakauan,api-api ,nipah,nibung,pinang merah ,kayu hitam ,jelantung,medang,bengkal dan lain- lain.

 

binatang yang dilindungi dan langka antara lain harimau sumatera,tapir ,buaya sinyulong ,buaya katak ,buaya dara laut ,elang tikus ,kancil,beruang madu dan binatang lainnya yang dilindungi seperti kera,tringgiling,landak,tupai,rusa,somber dam lutung .kegiatan yang dapat dilakukan di taman nasional berbak ini adalah berupa :

 

˜   rekreasi alam

˜   pendidikan

˜   penelitian ilmiah

˜   olahraga dan lain-lain .

 

BENGKULU

A. INFORMASI UMUM

Terletak di sebelah selatan khatulistiwa,antara garis 20® 18®- 40® 30®lintang selatan dan garis 101® –  104 bujur timur.propinsi  Bengkulu membentang sejajar dengan jalur bukit barisan pada posisi 2® lintang selatan dan 101® – 104® bujur timur .

 

 

propinsi Bengkulu memiliki luas daerah  19.831 km²,terdiri atas :

˜  luas tanah                :            19.213 km²

˜  luas rawa/danau     :            600 km²

˜  luas pantai               :             9.000 km²

˜  panjang pantai        :             500km²

 

 

Secara garis besar topografi propinsi Bengkulu adalah sebagai berikut :

˜   pada bagian barat merupakan dataran rendah 0 – 100 meter dari permukaan

laut,membujur dari bagian utara hingga bagian selatan .

˜   pada bagian timur merupakan gugusan bukit barisan yang membentang dari utara hingga

bagian selatan,sebagian besar berbatasan dengan propisi  sumetera  selatan

˜   pada bagian utara merupakan daerah rendah dan berbukit-bukit yang berbatasan den-

gan propinsi jambi dan propinsi sumetera barat.

˜   sedangankan pada bagian selatan masih merupakan dataran rendah yang berbatasan dengan propinsi lampung.

 

 

 

Propinsi Bengkulu terletak antara 2-5 dari garis aquator beriklim tropis ,temperature dan tekanan udara tidak menunjukan fluktuasi.

suhu udara pada musim hujan rata-rata lebih dari 180®C.Pada musin panas suhu rata-rata lebih dari 220®C .Daerah ini dipengaruhi oleh angin tenggara dengan kecepatan 10/jam ,dan pada cuaca buruk mencapai 40-60 km/jam.propinsi Bengkulu terdiri dari tiga kabupaten dan satu kotamadya .

 

Di propinsi Bengkulu bersiam suku Serawi ,suku Melayu,Bengkulu ,suku rejang ,lebak,pasmah dan lain lain .Dalam kehidupan sehari-hari ,walaupun memiliki latar belakang adat yang berbeda,tetapi terwujud kehidupan rukun dan damai.

 

 

Acara-acara adat masih tetap tumbuh dengan baik dari jaman dahulu hingga sekarang. seperti yang terlihat pada acara-acara perkawinan ,upacara kesenian seperti tarian massala andua,kejai ,gandai serta perayaan tradisional lainnya yaitu diantaranya tabot .

Cara Pencapaian :

 

Untuk mengunjungi propinsi Bengkulu dapat melalui :

 

Melalui udara :

Bandar udara Bandar kemiling dilayani penerbangan merpati nusantara :

Jakarta-bengkulu 2 kali sehari

tanjung karang-bengkulu 2 kali sehari

Palembang – Bengkulu 2 kali sehari

 

Melalui Laut  :

banyak tersedia bus-bus ber AC ke beberapa jurusan seperti :medan,padang,Palembang,jambi,serta kota-kota di pulau jawa dan bali .

 

 

 

 

 

B. OBJEK DAN DAYA TARIK WISATA

 

a. Pantai Panjang Gading Cempaka

pantai ini membentang sepanjang 7 km dengan pasirnya yang putih dan bersih.di sepanjang pantai ini juga terdapat pohon cemara alam yang tumbuh subur secara alamiah .

 

b. Danau Dendam Tak Sudah

terletak ±8 km dari bengkulu.danau ini dikelilingi perbukitan kecil ,dengan latar belakang bukit barisan.Dipinggir danau ini tumbuh subur anggrek air (banda hookeriana)yang apabila musim berbunga membuat suasana semakin nyaman dan menarik .

 

 

c. pantai pasir putih

pantai ini tidak kalah menarik nya dengan pantai panjang arah ke pelabuhan pulai baai berbatasan dengan muara sngan janggalu .

 

 

d. pantai jakat

pantai ini keadaannya masih alami dengan pemandangan dan keadaan pantai nya cukup memenuhi syarat untuk rekreasi pantai .

 

 

e. makam sentot alibasyah

merupakan peninggalan sejarah dari zaman revolusi,dimasa perjuangan pangeran Diponegoro,akhirnya dibuang penjajah ke Bengkulu hingga wafatnya disini .

 

f. Perkampungan cina

Perkampungan  cina  ini masih dihuni dan berfungsi sebagai pusat niaga.Corak bangunannya bergaya cina dgn suasana lingkungan yang khas dan menarik,merupakan sesuatu peningggalan sejarah.

 

g. Benteng Marlborough

Benteng Marlborough ini terletak di pinggir jalan protokol dalam Kotamadya Bengkulu,bersebelahan dengan pelabuhan lama Bengkulu.

Fasilitas yang tersedia berupa halaman parkir hotel.

 

h. Monumen Parr dan Monumen Hamilton

Teletak di pinggir jalan protocol dalam Kotamadya Bengkulu.Monumen  ini sebagai kenang-kenangan atas wafatnya dua orang residen inggis di Bengkulu, masing-masing Residen Parr  dan Residen Hamilton.

 

i.        Disini telah dibangun jembatan yang terbesar/terpanjang di Propinsi Bengkulu. Daerah ini merupakan persinggahan untuk mandi sungai dan istirahat dipinggir pantai.

 

j. Gunung Nanu`ua

Gunung ini ada di pulau enggano. Pulau ini berhadapan dengan kota Manna, Kabupaten Begkulu Selatan, mempunyai perairan jernih dan tenang , cukup ideal sekali sebagai tujuan wisata bahari . Kehidupan binatang-bintang lautnya terutama disekitar pulau-pulau kecil dalam kawasan Pulau Enggano ini, sangat bervariasi , didukung lagi oleh karang-karang dan fosil karang didasar laut membentuk atraksi wisata yang khas dan potensial.

k. Pantai Muara Kedurang, Teluk Beringin Padang dan Pantai Linau

Kawasan pantai ini berada di wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan,

diantara kota Mana ke arah eks Kewedanan Kaur yang berbatasan dengan propinsi Lampung. Semua pantai ini merupakan samudra yang indah dengan ombak lautnya yang besar terdapat komposisi  pantai berbentuk bundar dan berwana-warni.

 

l. Kaur Timur

Merupakan bagian dari Taman Nasional Sumatra Selata. Dikawasan ini terdapat  Gajah Hutan , Rusa, Menjangan, Buaya, Kera, Babi dan lain-lain.

 

m.    Suban Air Panas

Disebelah hulu dan hilir komplek Suban Air Panas ini terdapat air terjun dengan ketinggian masing-masing 75 meter, sehingga merupakan tujuan wisata yang cukup ideal, dengan hawanya yang cukup sejuk.

 

n.      Danau Emas

Terletak di areal objek wisata Pemalang Danau Kabupaten Rejang Lebong.

 

o.      Bukit Kaba

Bukit Kaba dengan ketinggian kurang lebih 1937 meter. Kawasan ini didukung oleh 2 buah kawah belerang yang cukup besar, dengan 12 kawahnya yang  masih aktif. Luas  keseluruhan kawasan ini meliputi arel 13.490 ha.

 

p.      Hutan Wisata Bukit Daun

Terletak diantara kota Bengkulu dengan kota Curup dengan dilintasi jalan Negara. Hutan ini dilindungi dan banyak terdapat satwa lainnya.

 

q.      Air Terjun Kepala Curup

Ramai dikunjungi masyararakat setampat dan sekitarnya. Air terjun ini diapit oleh perkebunan kopi rakyat dengan 100 meter diatas permukaan air laut.

 

r.        Danau Tes

Merupakan danau terbesar dan terluas di Bengkulu, dengan panjangnya mencapai 3 km. Danau ini dimanfaatkan sebagai Pusat Listrik Tenaga Air (PLTA). Panorama alam dikawasan ini sangat indah dan asli, dengan latar belakang bukit-bukit yang hijau.

 

s.       Bukit Gedang Sebiat

Kawasan ini seluas 48.750 ha merupakan bagian dari Taman Nasional Kerinci Sebiat yang telah ditetapkan oleh Pemerintah R.I Satwa yang terdapat disini meliputi Gajah, Harimau, Rusa, Babi, Manjangan, Buaya, berbagai jenis Burung, Kera dan jenis-jenis binatang melata lainnya.

 

t.        Semidang Bukit Kabu

Kawasan ini sebagai Taman Buru, satwa yang banyak terdapat di areal ini meliputi Menjangan, Kera, Rusa dan lain-lain.

 

u.      Bunga Raflesia

Terdapat di Taba Penanjung, Pagar Gunung Curup. Ini merupakan bunga terbesar didunia  dengan diameter 1-1,5 meter. Dapat dilihat antara bulan Agustus-Desember.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SUMATERA SELATAN

 

A.INFORMASI UMUM

Propinsi daerah tingkat I sumatera selatan dengan ibukotanya Palembang terletak di sebelah selatan garis khatulistiwa pada 1® sampai dengan 4® lintang selatan atau 102® – 108® bujur timur dengan luas 109.254 km²,dari seluas itu lebih kurang 70.000 km² adalah hutan,mulai dari hutan rawa-rawa disebelah timur dan lebih ke barat lagi adalah hutan alang-alang dan hutan belantara yang berakhir diperbatasan sebelah barat dengan hutan rimba bukit barisan .daerah sumetera selatan merupakan daerah tropic yang senantiasa menghijau setiap tahun di daerah ini ada 2 musim silih berganti,musim hujan dan musim kemarau ,hujan turun di bulan oktober sampai dengan bulan april dengan curah hujan antara 2.100 mm sampai dengan 3.264mm.musim kemarau datang pada bulan juni sampai dengan bulan September.temperatur berkisar antara  24® – 32® C.

 

Sumatera selatan ibukotanya adalah Palembang dengan luas wilayah 109.254 km² termasuk pulau Bangka dan Belitung .potensi pariwisata daerah sumatera cukup banyak dan beranekaragam tersebar di daerah kawasan tingkat II,seperti objek alam,objek wisata budaya,dan objek wisata buatan. kota Palembang selain ibukota propinsi juga merupakan pintu masuk wisatawan baik nusantara maupun mancanegara .ditengah-tengah kota Palembang mengalir sungai musi yang membelah kota menjadi dua bagian daerah seberang Ulu dan seberang ilir  yang dihubungkan dengan jembatan ampere yang merupakan landmark kota Palembang .daerah ini selain kaya akan seni budaya,banyak pula peninggalan-peninggalan sejarah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: