Jawa Barat by Kiki Ayu

A.INFORMASI UMUM

Propinsi Jawa Barat,terletak 60 sampai 80 Lintang Selatan dan 1050 hingga 1080 Bujur Timur.Luas wilayah nya 44.176 Km2.Didirikan pada tanggal 14 Juli 1950 dengan Ibukota propinsi Bandung.

Adapun suku-suku yang mendiami Propinsi Jawa Barat adalah Sunda,Badui,Banten dan beberapa suku-suku kecil pendatang lainnya termasuk Cina.Penduduknya mayoritas mememluk agama Islam 98,3%,Kristen 1%,Hindu 0,02%,Budha 0,50% dan suku Badui yang masih memeluk agama Sunda Wiwitan yakni agama asli suku Badui dalam dan luar yang terdapat di daerah Serang Jawa Barat.

Jawa Barat mempunyai kebudayaan dan bahasa sendiri yang disebut bahasa Sunda.Rakyat Jawa Barat berlainan antara mereka yang hidup di dataran tinggi.Namun Cirebon terletak diantara perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah mempunyai kebudayaan campuran karena adanya hubungan dekat antara kerajaan Cirebon dan Banten banyak terdapat persamaan dan dialek dari kedua rakyat daerah tersebut.

Seni tari tradisional di Jawa Barat terkenal antara lain Ketuk Tilu,Tari Jaipong,Tari Topeng,Serimpi,Pencak silat,Wayang Golek,Calung,Debus dan Angklung.Selain terkenal dengan seni tarinya,Jawa Barat banyak mempunyai peninggalan-peninggalan sejarah seperti yang terdapat di Bogor terkenal dengan batu tulisnya.Banten dengan peninggalan sejarah seperti Keraton Surosowan,Cirebon dengan Keraton Kesepuhan dan Keraton Kanomannya.Dengan tersedia nya berbagai fasilitas produk wisata yang dilengkapi oleh keramah-tamahan penduduk Jawa Barat menjadi Daerah Tujuang Wisata Utama yang banyak dikunjungi wisatawan.

 

CARA PENCAPAIAN :

Transportasi dari dan ke Bandung dengan jalur penerbangan sangat baik.Bandung sebagai ibukota propinsi memiliki kelebihan dalam jaringan komunikasi,transportasi baik udara maupun darat.Transportasi udara dilayani oleh Garuda Indonesia,Merpati Airlines,Mandala,dan Bouraq menuju kota-kota besar di Pulau Jawa.Perjalanan darat baik dilakukan dengan armada bus kota antar propinsi maupun dengan kereta api yang bmenghubungkan seluruh kota-kota penting di Pulau Jawa,selain itu terdapat taxi yang menghubungkan Bandung-Jakarta,Bandung-Bogor.

 

B.OBJEK DAN DAYA TARIK WISATA

1.Bandung

a.Pasundan Plaza

Merupakan tempat rekreasi yang ideal untuk anak-anak maupun orang dewasa.Di tempat ini tersedia fasilitas kolam renang air panas,kolam ombak,kolam arus,taman fantasi,disamping bungalow dan restoran.

b.Institut Teknologi Bandung (ITB)

Merupakan salah satu perguruan tinggi tertua di Indonesia.Perguruan tinggi ini didirikan oleh K.A. Bosha pada tahun 1920 dengan bentuk bangunan berprototype rumah tradisional Jawa Barat.Gedung Sate dengan Tusuk Sate pada atapnya,pada zaman penjajahan Belanda berfungsi sebagai Gedung Perhubungan dan Pengairan(dibangun tahun 1920),kini dipergunakan sebagai pusat pemerintahan daerah Jawa Barat.Karang Setra tempat untuk rekreasi yang dilengkapi dengan fasilitas kolam renang,restoran dan night club.

c.Babakan Siliwangi

Merupakan tempat ideal untuk bersantai sambil menikmati makanan dan minuman khas Jawa Barat,seperti Bajigur,Bandrek,Pepes dan Goreng Ikan Mas,Sayur Asem dan sebagainnya.Tempat ini mempunyai suasana daerah Priangan,dimana pengunjung dapat melakukan keliling areal dengan kendaraan delman,mancing ikan,atraksi adu domba dan lain-lain.

d.Taman Budaya Jawa Barat

Antara lain terdapat teater terbuka,dari sini dapat menikmati pemandangan kota Bandung di waktu udraa cerah.

e.Museum Geologi

Di Museum ini terdapat sejumlah ±3.300 batu-batuan koleksi yang dikenal diantaranya terdapat fosil tengkorak Pithecantropus Erektus.

f.Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda

Taman ini merupakan salah satu hutan wisata seluas ± 590 Ha yang dilengkapi berbagai jenis tumbuh-tumbuhan untuk kepentingan ilmu pengetahuan yang berasal dari luar negeri maupun dalam negeri.Di dalam areal hutan terdapat Goa Jepang dan Goa Belanda.

g.Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Yang sangat menarik di daerah ini adalah terdapat bermacam-macam senjata waktu perang Kemerdekaan Republik Indonesia.

h.Museum Konfererensi Asia Afrika

Di Museum ini dipertunjukan dan visualisasi sewaktu Konferensi Asia Afrika tahun 1953.Museum ini dibangun tahun 1978 untuk memperingati Konferensi Asia Afrika yang ke-25.

2.KAWASAN TANGKUBAN PERAHU

Gunung Tangkuban Perahu mempunyai legenda yang unik dikalangan masyarakat Jawa Barat.Sedangkan menurut proses geologi bawah kawah Tangkuban Perahu terjadi oleh karena olaeh letusan Gunung Tangkuban Perahu,gunung ini pernah meletus pada tahun 1829,1846,1910,1926 dan terdapat sepuluh kawah diantaranya adalah Kawah Ratu,Kawah Upas,Kawah Omas dan Kawah Jurig.Banyak remaja yang melakukan hiking untuk mencapai kawah tersebut.

3.MARIBAYA

Terletak 3 km dari kota Lembang,tempat rekreasi dengan pemandangan yang indah memiliki sumber air panas mineral yang mengandung belerang serta air terjun setinggi 25 meter yang merupakan objek wisata yang menarik.

4.AIR PANAS CIATER

Pemandian air panas Ciater terletak di Kabupaten Subang,Ciater merupakan salah satu objek wisata air panas yang sama halnya dengan Maribaya,mempunyai beberapa kolam air panas yang mengandung kadar yodium dan belerang,sumber dari kawah Gunung Tangkuban Perahu.Fasilitas di Ciater lebih lengkap,seperti tersediannya sarana akomodasi,restoran,lapangan tenis dan saran untuk berkemah seluas 76 Ha.

5.KAWAH KAMOJANG

Kamojang merupakan kumpulan dari 20 buah kawah dan terdapat satu buah kawah induk yang dinamakan Kawah Ratu.Luas seluruhnya 3.90 Ha,selain sebagai objek wisata yang menarik,kawah ini di manfaatkan sebagai Pusat Listrik Tenaga Panas Bumi yang terbesar di Indonesia.

6.KAWAH PAPANDAYAN

Terletak di Kabupaten Garut,keunikan kawah Papandayan adalah air dan belerang secara terus menerus bergolak dngan mengeluarkan berbagai suara.Disini terdapat 10 buah kawah dengan luas seluruhnya ± 2.500 Ha.

7.BOGOR

Terdapat objek wisata terutama yang ada kaitannya dengan ilmu pengetahuan dan sejarah,Kebun Raya Bogor,meliputi areal 111 Ha,didirikan oleh Prof.G.Reinwardt pada tahun 1817.Kebun Raya Bogor merupakan tempat rekreasi yang di kunjungi terutama pada hari-hari libur.Istana Presiden dikenal sebagai Istana Bogor.

a.Museum Zoologi Bogor

Di dalamnya disimpen berbagai jenis daun-daunan dan buah-buahan yang dikeringkan dari negeri asalnya.

b.Ethobotanic Bogor

Satu bangunan dengan gedung Hebarium.Tempat ini merupakan tempat penyimpana foil tanam-tanaman,daun-daunan yang telah membatu dan barang kerajinan dan alat rumah tangga yang terbuat dari berbagai jenis bahan yang dipergunakan di seluruh Indonesia,mulai zaman dahulu hingga sekarang.Batu Tulis Ciaruten,Prasati yang berupa batu tertulis ini adalah bekas peninggalan Raja Purnawarman yang memerintah Kerajaan Tarumanegara pada tahun 450 M.

8.TAMAN SAFARI INDONESIA

Terletak di Desa Cibeureum ± 3 km dari Bogor.Taman ini luasnya ± 55 Ha di daerah Cisarua.Bogor,di dalam taman ini terdapat bermacam-macam hewan dari seluruh dunia antar lain :Gajah,Jerapah,Badak,Anoa,Macan,berbagai jenis burung dari Asia,Amerika dan Eropa,Antelop,Unta,Rusa dan lain-lain.Kolam renang,danau,air terjun alam,dan arena bermain anak-anak seperti kincir raksasa,rumah hantu,komedi putar,pentas sirkus,gokart,panggung kesenian.Di dalam areal tersebut terdapat juga fasilitas-fasiitas lain,restoran,cafeteria dan lain lain.

9.KEBUN RAYA CIBODAS

Kebun Raya Cibodas merupakan tempt yang sangat menarik untuk dikunjungi,dimana tempat ini terkenal dengan julukan Taman Firdaus di Asia.Kebun Raya Cibodas yang mempunyai luas 80 Ha dibangun pada tahun 1890 dan mempunyai beribu-ribu jenis tanaman,salah satu jenisnya adalah Cactus yang telah berumur ± 70 tahun.Tempat ini sangat ideal untuk dijadikan tempat rekreasi dan juga camping ground,disebabkan keadaan alamnya yang sangat indah dan udaranya yang sejuk.

10.CAMPING AREA RACAHAN (Mandala Kitri)

Camping Areal seluas ± 17 Ha,areal campinguntuk remaja yang dikelola oleh pramuka,biasa dipakai untuk pertemuan bagi pelajar maupun mahasiswa.Pondok pemuda terletak pula areal camping ini,mempunyai fasilitas yang serbaguna untuk 75 orang,kantor,kantin dan pondok sendiri yang dapat menampung 120 orang.

11.ISTANA PRESIDEN CIPANAS

Istana ini didirikan pada tahun 1750 oleh Van Heutz dan kini dipergunakan sebagai tempat perisirahatan Presiden Republik Indonesia.

12.GUNUNG GEDE

Di tempat ini terdapat danau kecil bernama Siawat-awat yang dikelilingi oleh tumbuh-tumbuhan rumput yang menarik.Tidak jauh dari danau tersebut terdapat air terjun dan sumber air panas.Sungguh tempat ini merupakan tempat yang sangat baik untuk kegiatan cam-ping.

13.PELABUHAN RATU

Merupakan tempat rekreasi pantai yang menarik dilengkapi sarana pariwisata bertaraf internasional seperti Samudera Beach Hotel,tidaj jauh letaknya dari areal rekreasi terdapat tempat yang bernama Karang Hawu.

14.MASYARAKAT BADUI/RANGKAS BETUNG

Masyarakat ini menghuni suatu daerah di Kecamatan Leuwi Damar.Keunikan masyarakat Badui terutama menyangut cara hidup yang jauh dari pengaruh luar,mereka tetap memegang tradisi yang khas yang dianut oleh anggota masyarakat sejak leluhurnay.

15.BATU KAWANG

Tempat Pemandian Air Panas Alami (700-800 Farenhait)terletak di kaki gunung Karang (1.778 m) di Kabupaten Serang yang mengandung Jodium.Di tempat ini tersedia fasilitas rumah makan dan bungalow-bungalow tradisional.

16.BANTEN

Merupakan bekas kerajaan Islam di Jawa Barat.Di sekitar Banten banyak terdapat peninggalan-peninggalan sejara antara lain :Masjid Agung Banten,masjid ini didirikan pada tahun 1566 oleh Sultan Maulana Yusuf putra sulung Sultan Maulana Hasanuddin.

a.Keraton Surosowan

Komplek keraton ini sekarang sudah hancur, yang masih nampak adalah tembok benteng yang mengelilingi dengan sisa bangunannya. Komplek Keraton Surosowan ini berbentuk persegi panjang dengan luas kurang lebih 3 Ha. Pintuk masuk yang merupakan pintu gerbangnya terletak di sisi utara, menghadap ke alun-alun. Berdasarkan sejarah Banten, komplek Keraton Surosowanyang disebut juga Gedung Kedaton Pakuwan, dibangun pada masa pemerintahan Maulana Hasanuddin (1552-1570), sedangkan tembok benteng dan gerbangnya yang terbuat dari baa dan batu karang dibangun oleh Maulana Yusuf (1570-1580).

b.Benteng Surosowan

Dahulunya benteng ini bekas benteng Kesultanan Banten dan setelah penyerbuan tentara penjajah Belanda dan menguasai Benten, kemudian benteng ini diperkuat lagi dan di beri nama Benteng Speelwijk

 

c.Meriam Kuno Ki Amuk

Meriam kuno yang berukuran besar itu terbuat dari perunggu dan bertuliskan huruf Arab. Saat ini tempatnya dipindahkan di alun-alun Masjid Agung Banten.

 

17.Pulau Dua/Pulau Burung

Pulau yang merupakan cagar alam ini terletak di teluk Banten tempat berkumpulnya lebih

dari 50 jenis burung yang datang dari  Benua Asia, Afrika dan Australia. Untuk mencapai

Pulau Dua/Pulau Burung di perlukan surat ijin dari Dinas Pariwisata Kabupaten Serang atau

Dinas Kehutanan Kabupaten Banten di Serang.

 

18.Pantai Florida/Suralaya/Salira Indah

Terletak kurang lebih 35 km dari kota Serang Pantai tersebut terbentang sepanjang 7 km

sebelah utara pelabuhan Fery Merak di suatu teluk, dan 1 km dari Pantai Salira terdapat

pulau kecil, menyebabkan gelombang laut agak tenang dan ditambah dengan dasar yang

tidak dalam.

 

19.Mercusuar Anyer Kidul

Anyer Kidul adalah tempat bersejarah dimana Gubernur Jendral Deandels telah memper-

lihatkan pemerintahan tiraninya dengan pembuatan jalan raya Pos Anyer-Panarukan sep-

anjang 1.000 km. Mercusuar ini didirikan pada tahun 1885 terbuat dari baja dengan ketin-

ggian mencapai 75,5 meter terdiri dari 18 tingkat.

 

20.Pantai Karang Bolong

Nama karang Bolong sesuai dengan tempat dimana sebuah karang raksasa yang mempu-

nyai lubang besar yang menjorok ke arah laut sehingga merupakan suatu gapura yang

ideal untuk melihat pemandangan laut yang indah.

 

21.Pantai Carita

Terletak di sebuah teluk dengan pemandangan alam yang indah dilengkapi dengan cottage

camping ground dan sarana wisata lainnya.

 

22. Krakatau

Gunung ini terkenal dengan letusannya pada tahun 1883 yang getarannya mencapai

Benua Amerika, akibat dari letusan gunung tersebut menyebabkan gunung Krakatau

terpecah dan sejarang terkenal sebagai gunung merapi yang masih aktif adalah

anak Krakatau.

 

23.Ujung Kulon

Ujung Kulon terletak di ujung sebelah barat Pulau Jawa, merupakan cagar alam yang indah

dengan luas 51.000 Ha, untuk dating ke cagar alam ini harus mendapatkan izin dari Direkt-

orat Perlindungan hutan dan Pelestarian Alam di Jl. Ir. H. Juanda, Bogor. Di perairan yang

bernama Pulau Pelucang dan Handeuleum terdapat taman laut yang sangat indah dimana

dapat melakukan olah raga menyelam (Skin-scuba Diving). Di daerah Ujung Kulon terdapat

binatang langka yaitu Badak Bercula Satu.

 

24. Garut

a.      Cipanas garut

Terletak di desa Cipanas, kecamatan Tarogong. Daerah ini terkenal dengan air panasnya yang mengandung mineral.

 

b.      Candi Cakuang

Cakuang adalah salah satu hasil penemuan yang penting di bidang kebudayaan atau sejarah, karena merupakan candi yang pertama ditemukan di Jawa Barat. TErletak di tepi danau yang bernama danau Cakuang.

 

c.       Kampung Naga

Kampung Naga adalah salah satu perkampungan masyarakat tradisional yang masih menganut kepercayaan nenek moyang yang masih dipertahankan sampai sekarang.

 

25. Pantai Pangndaran

Keistimewaan dari Pantai Pangandaran selain panoramanya sangat indah juga pantainya

landai dan tidak berlumpur. Lautnya tenang tidak berbahaya, di samping itu, Pangandaran

juga memiliki cagar Alam Pananjung yang meliputi areal seluas 457 Ha disamping memiliki\

alam dan pegunungan yang indah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: