Jawa Tengah (Adenita)

JAWA TENGAH

A.INFORMASI UMUM

Propinsi Jawa Tengah,dengan Ibukota Propinsi Semarang , memiliki luas 34.862 km2 terletak pada 60 sampai 80 Lintang Selatan dan 1050 hingga 1080 Bujur Timur.

 

Suku-suku yang mendiami wilayah Jawa Tengah adalah Jawa,Samin , Kangea, Karimun dan beberapa suku pendatang yang jumlahnya kecil.

 

Propinsi Jawa Tengah merupakan Daerah Tujuan Wisata yang mempunyai objek-objek menarik untuk dikunjungi antara lain berupa atraksi wisata budaya,sejarah juga wisata alam.di daerah Jawa Tengah banyak juga peninggalan –peninggalan sejarah seperti keraton Surakarta,candi Borobudur,museum kereta api ambarawa,museum batik dipekalongan dan museum Ronggowarsito di semarang.

 

Cara Pencapaian :

Untuk mencapai daerah jawa tengah , wisatawan dapat menggunakantransportasi udara sepert Garuda Indonesia, Merpati Airlines,dan Manadala.Untuk pencapaian jalan darat dapat dilakukan dengan berbagai armada angkutan baik bus antar propinsi maupun bus antar kota yang menghubungkan kota-kota di seluruh Pulau Jawa ,terutama tujuan Jakarta,Surabaya,Yogyakarta,dan solo serta beberapa kota utama di pulau sumatera . untuk melayani trayek didalam propinsi jawa tengah dilayani dengan bis antar kota yang melakukan operasi selama 24 jam setiap hari.

 

B.OBJEK DAN DAYA TARIK WISATA

1.Kraton Kesunanan Surakata

Keraton ini pertama kali dibangun oleh Paku BuwonoII pada tahun 1745.Didalam istana tersimpan barang-barang kuno yang mempunyai nilai sejarah,berupa pusaka-pusaka kerajaan , kereta kencana , berbagai macam senjata dan benda-benda antic lainnya.terletak di Desa Baluwarta,kecamatan pasar kliwon,Kodya Surakarta,dapat dikunjugi setiap hari dengan naik angkutan umum bus dan mobil kecil.

2.Istana Mangkunegaran

Terletak di kelurahan keprabon,kecamatan banjarsari,kodya Surakarta.Dapat dikunjungi setiap hari dengan angkutan umum. Dalam istana tersebut dapat disaksikan gamelan dari demak yang dibuat tahun 1778.

 

3.Museum Radya Pustaka

Terletak di jl.Slamet Riyadi,Kodya Surakarta,Jawa Tengah,dapat dikunjugi setiap hari dengan angkutan umum.di museum ini terdapat buku-buku berbagai jenis wayang kuno,senjata dan lain-lain.Museum ini dibangun pada tanggal 1 JUanuari 1913 atas prakarsa KRA.Sastraningrat IV.

 

4.Taman Satwaru Jurug

Terletak di kelurahan Pucung Sawit , kecamatan Jebres, Kodya Surakarta,dapat dikunjungi setiap hari dengan angkutan umum atau pribadi.taman rekreasi ini masih dalam linkungan bengawan Solo dengan pemandangan yang cukup menarik serta strategis untuk bersantai.

 

5.Pap,Langen Harjo
Terletak di Desa Langen Harjo , kabupaten Sukoharjo,7 km dari pusat kota Sukoharjo, dapat dikunjungi setiap hari dengan angkutan umum  atau pribadi . tempat ini merupakan pemandian Pakubuwono,Raja sukarta, airnya dapat menyembuhkan penyakit kulit.

 

6.Waduk Serbaguna Gajah Mungkur

Terletak kurang lebih 3km dari wonogiri kea rah selatan, dapat dikunjungi setiap hari dengan kendaraan umum. Waduk ini mempunyai luas 83 km,disamping berguna sebagai pengendali banjir dan irigasi pertanian juga sebagai pengendali tempat rekreasi.

 

7.Grojogan Sewu

Terletak di Desa Blumung, Kecamatan Tawangmangu ,Kabupaten Sragen, dapat dikunjungi setiap hari dengan kendaraan umum . Tempat ini merupakan sebuah air terjun yang merupakan tempat rekreasi  dan bersantai yang terletak ditengah hutan pinus dengan pemandangan alam yang indah.

 

8.Candi Sukuh

Terletak di Desa Sukuh , kecamatan Ngarjoso,Kabupaten Karanganyar kurang lebih 28 km dari pusat kota.Dapat dikunjungi setiap hari dengan kendaraan umum atau pribadi . Candiini didirikan abad XV,dan bentuknya menyerupai piramida bagian bawah.

 

9.Museum Sangiran

Terletak di Desa Krikilan,Kecamatan Kalijambe kurang lebih 15 km dari Surakarta ke arah utara,dapat dikunjungi setiap hari.Dalam museum ini tersimpan benda-benda purbakala seperti : fosil manusia purba,fosil binatang purba,serta fosil kayu.

 

10.Gunung Kemukus

Terletak di Desa Pendem , Kecamatan Sumberlawang, kurang lebih 28 km Surakarta ke arah utara,dapat dikunjungi setiap hari dengan kendaraan umum. Bukit ini mempunyai tinggi 40 meter dan pada puncaknya terdapat makam P.Samodra bangsawan dari Demak.

 

11.Rowo Jombor

Terletak di Desa krakitan,Kecamatan Bayat,Kabupaten Klaten kurang lebih 12 km dari klaten ke arah selatan dapat dikunjungi setiap hari dengan angkutan umum atau pribadi .Di tempat rekreasi ini tersedia sampan yang dapat digunakan untuk berkelilingi mengelilingi bukit ditepi rawa.

 

12.Pantai pasir Kencana

Terletak di kodya pekalongan ,dapat dikunjungi setiap hari dengan angkutan umu atau pribadi.

 

13.Lingsori

Terletak di Desa Lingsori,Kecamatan Kajen,Kab.Pekalongan kurang lebih 35 km dari pust kota kearah selatan , dapat dikunjungi setiap hari.

 

14.Pantai Widuri

Terletak di Desa Widuri , kabupaten Pemalang kurang lebih 3 km dari pusat kota,dapat dikunjungi setiap hari dengan kendaraan umum.Taman rekreasi ini dikelilingi pohon rindang.

 

15.Pantai Alam Indah

Terletak di kecamatan Tegal Barat,Kodya tegal dapat dikunjungi setiap hari dengan kendaraan umum.

 

16.PAP Guci

Terletak di kaki Gunung Slamet sebelah barat daya kurang lebih 40 km dari kota Tegal,dapat dikunjungi setiap hari dengan angkutan umum.Pada objek ini tersedia air panas yang berasal dari celah-celah batu di tepi sungai Guci yang terletak di tengah hutan pinus.

 

17.pantai Purwahamba indah

Terletak di pantai utara Jawa Tengah kab. Tegal 12 km sebelah timur kota.dapat dikunjungi dengan angkutan umum.Taman rekreasi ini merupakan perpaduan antara objek wisata alam dan objek wisata buatan dengan arsitektur Jawa Tengah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

18.PAP Cipanas

Terletak di Desa Pengambatan ,Kecamatan bantar Kawung,Kab.brebes,kurang lebih 35 km dari pusat dapat dikunjungi setiap hari.

 

19.waduk Malahayu

Terletak di desa malahayu,kecamatan Banjarhajo,kab.Brebes kurang lebih 25 km sebelah barat kota brebes .Dapat dikunjungi setiap hari dengan angkutan umum .di tempat ini dapat dinikmati berbagai jenis ikan tawar karena tempat ini sekaligus pembibitan ikan

 

20.Mesjid dan Menara kudus

Terletak di Desa Kauman ,kab.kudus ,dapat dikunjungi setiap hari dengan kendaraan umum.mesjid ini di dirikan pada tahun 1546,dan memiliki menara mirip bangunan candi gaya Jawa Timur.

 

21.Colo

Terletak di desa colo, kecamatan dawe,kab.kudus .dapat dikunjungi setiap hari dengan kendaraan

umum.Objek ini terletak di lereng muria dan merupakan tempat rekreasi yangberhawa sejuk.

 

22.Museum kretek

Terletak di desa getas pejaten, kecamatan jati kurang lebih 3 km dari kab.kudus sebelah selatan pusat kota . dapat dikunjungi setiap hari dengan angkutan umum. dalam museum ini terdapat koleksi benda promosi sejak dibuatnya rokok kretek serta dapat dilihat pula diorama proses produksi rokok secara tradisional .

 

23.Pantai Kartini

Terletak di desa bulu , kecamatan kota kurang lebih 2 km dari kota jepara,dapat dikunjungi setiap hari dengan angkutan kota.

 

24.Benteng Portugis

Terletak di desa kelet ,kecamatan jepara sebelah timur,dapat dikunjungi setiap hari . benteng ini terletak di tebing yang terjal dan permai,digunakan sebagai benteng pertahanan tentara portugis, Belanda dan jepang.

 

25.Kamar Penghabisan R.A Kartini

Terletak dekat pendopo, kabupaten rembang ,dapat dikunjungi setiap hari dengan kendaraan umum.tempat ini adalah sebuah kamar ruang kerja R.A Kartini sebagai istri Bupati Rembang.

 

 

 

26.Gua Terawang

Terletak di desa todanan kecamatan blora,dapat dikunjungi setiap hari naik kendaraan umum.

 

27.Taman Kyai Langgeng

Terletak di desa kemiri redjo ,kecamatan magelang ,kabupaten magelang .taman ini dilengkapi renang,tempat pemacingan dan tempat bermain anak-anak dapat dikunjungi setiap hari naik angkutan umum.

 

28.Candi Borobudur

Terletak di desa Borobudur ,kecamatan Borobudur ,kabupaten magelang .merupakan candi budha terbesar di dunia. pada waktu perayaan waisak candi ini dipakai sebagai salah satu tempat upacara.

 

29.Jurang Jero

Terletak di kecamatan sembung kurang lebih 25 km dari kota magelang, dapat dikunjungi setiap hari.ditempat ini dapat disaksikan puncak gunung merapi yang pada malam hari mengeluarkan larva-larva berpijar.

 

30.Candi Mendut

Terletak di desa Mendut ,kecamatan mungkit , kabupaten magelang.di dalam balik candi terdapat arca budha yang ukurannya besar diapit oleh arca lokeswara dan wagrapani.di candi mendut ininlah upacara waisak dipusatkan secara nasional.

 

31.Gua Seplawan

Terletak di Donoredjo ,kecamatan kali gesing ,kabupaten purworedjo,

dapat dikunjungi setiap hari naik kendaraan umum . Gua ini terletak di ketinggian kurang lebih 750 meter sehingga udara sekitarnya sejuk dan nyaman.

 

32.Bedug Mesjid Jami’

Terletak di mesjid Besar , kabupaten purworedjo , dapat dikunjungi setiap hari naik kendaraan umum.Bedug ini berusia satu abad , mempunyai panjang 2,92 meter dan garis tengahnya 1,94 meter.

 

33.Dataran Tinggi Dieng/Dieng Plateau

Terletak di desa dieng , Kecamatan Kejajar,kabupaten Wonosobo, dapat dikunjungi setiap hari naik naik kendaraan umum .objek ini adalah sebuah dataran tinggi kurang lebih 2.093 meter dari permukaan laut. pada musim kemarau tempat ini mempunyai suhu dibawah 00 c.

 

 

 

 

 

 

 

34.Pemandian Kalianget

Terletak di desa kalianget ,kecamatan wonosobo, dapat dikunjungi setiap naik kendaraan umum.

 

35.Goa Jatijajar

Terletak di kecamatan Ayah,kabupaten kebumen , dapat dikunjungi setiap hari naik kendaraan umum.dalam goa ini dibangun patung-patung yang menggambarkan fragmen cerita Raden kamandaka yang pernah bertapa di goa ini dalam mempersunting R.A Cipatarasa.

 

36. Baturaden

Terletak di desa Baturaden , kabupaten banyumas 14 km sebelah utara purwokerto , dapat dikunjungisetiap hari.

 

37.Kali Bacin

Terletak di desa rawalo,kabupaten purwokerto ,dapat dikunjungi setiap hari naik kendaraan umum.objek ini merupakan tempat pemandian air panas yang airnya mengandung mineral dan dapat menyembuhkan penyakit kulit , urat syaraf dan kelelahan.

 

38.Pantai Teluk Penyu

Terletak di pantai teluk , kabupaten cilacap , dapat dikunjungi  setiap hari. tempat ini berada di pusat kota dengan sauna pantai yang alamiah . dari tempat ini dapat disaksikan pulau nusakambangan .

 

39.Benteng Pendem

Terletak kurang lebih 1 km sebelah Pantai Teluk Penyu,kabupaten Cilacap dapat dikunjungi setiap hari naik angkutan umum.Benteng ini berada di bawah tanah dan sebagai sisa peninggalan tentara Portugis.

 

40.Goa Lawa

Terletak  di desa karangrejo, kabupaten purbalingga dapat dikunjungi dengan kendaraan umum . di goa ini terletak punggung gunung slamet pada ketinggian 900 meter dari permukaan laut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

41.Dieng

Terletak dikecamatan Batur , kabupaten Banjarnegara, dapat dikunjungi setiap hari dengan angkutan umum. objek ini merupakan keajaiban alam berupa kawah dan gunung berapi yang masih aktif dan mempunyai telaga panas.

 

42.Tugu Muda

Terletak ditengah kota Semarang , ibukota propinsi Jawa Tengah , dapat dikunjungi setiap hari dengan angkutan umum.Monumen ini menggambarkan kegigihan angkatan muda dalam pertempuran selama 5 hari melawan tentara jepang dalam perang dunia II.

 

43.Tanjung Emas

Terletak di kelurahan Panggung , kodya semarang Barat kurang lebih 4km kearah utara di pusat kota , dapat dikunjungi setiap hari naik kendaraan umum atau becak.

 

44.Taman Margasatwa Tinjo Moyo

Terletak di desa `candi kecamatan sumowono , ambarawa , kabupaten semarang , dapat dikunjungi dengan angkutan umum . candi ini dibangun tahun 927 M terletak di lereng Gunung Ungaran.

 

45.Candi Gedong Songo

Terletak di desa candi kecamatan sumowono,ambarawa ,kabupaten semarang, dapat dikunjungi  naik angkutan umum. candi ini dibangun tahun 927 terletak dilereng Gunung Ungaran.

 

46.Bukit Cinta

Terletak di desa kebondowo, kecamatan patean ,kabupaten semarang ,dapat dikunjungi naik angkutan umum.

 

47.Curug Sewu

Terletak di desa sewu , kecamatan Patean ,kabupaten Kendal,dapat dikunjungi setiap hari dengan naik angkutan umum.Pada objek ini selain pemandangan alam yang indah , terdapat juga iar terjun tiga tingkat dengan ketinggian 45 meter ,20 meter dan 15 meter.

 

48.Mesjid Demak

Terdapat di desa bintaro , kabupaten demak, dapat dikunjungi setiap hari naik angkutan umum.mesjid ini merupakan tonggak sejarah lahirnya kerajaan islam pertama di pulau jawa.

 

49.Makam Sunan Kalijaga

Terletak di desa kadilangu , kabupaten demak, dapat dikunjungi setiap hari dengan angkutan umum.setiap tanggal 10 setiap bulan dilakukan pembersihan barang-barang pusaka milik sunan kalijaga.

 

 

50.Mrapen

Terletak di desa manggar mas,kecamatan godong ,kabupaten grobogan .dapat dikunjungi setiap hari naik angkutan umum. Mrapen , merupakan api abadi berupa onggokan batu-batu yang membara seperti tungku api.terdapat pula sebuah kubangan yang besarnyakurang lebih 5 meter yang airnya berbuih seperti mendidih.

 

51.Bleduk Kuwu

Terletak di desa kuwu,kecamatan kradenan,kabupaten Grobogan,dapat dikunjungi setiap hari .di objek ini dapat disaksikan keajaiban seperti letupan lumpur panas yang mengandung garam dan garam ini dapat dimanfaat kan oleh masyarakat setempat.

 

52.Taman Nasional Taman Karimun Jawa

Kawasan Taman Nasional Laut Karimun Jawa seluas 111.625 Ha dan 104.592 Ha perairan laut.Daratan Taman Nasional Laut Karimun Jawa berupa gugusan 27 pulau , yaitu : P.Karimun Jawa,P.Kemujan, sebanyak 5 buah pulau , dan P.genting dihuni oleh penduduk setempat,sedangkan 22 pulau lainnya tidak berpenghuni.

Potensi objek wisata yang dapat dikembangkan di taman nasional laut karimun jawa cukup banyak , yaitu potensi sumber daya alam bahari, yang berupa keindahan dan keanekaragaman karang (coral), ikan karang/ikan hias,topigrafi dasar perairan , dan kondisi pantai. dari potensi seperti yang disebutkan di atas dan kondisi air yang jernih serat arus yang tidak terlalu deras , sangat mendukung kegiatan ekowisata laut, seperti selam (diving),berlayar,berenang,snorkeling,memancing, selancar air, ski air, dan berjemur(stand play).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

D.I YOGYAKARTA

A.INFORMASI UMUM

Daerah Istimewa Yogyakarta , dengan Ibukotanya Yogyakarta , terletak 70 sampai 80 lintang selatan dan 1100 hingga 1110 bujur timur. luas wilayahnya 3.185,85 km2.

Suku-suku yang mendiami wilayah ini umumnya Jawa dan beberapa suku kecil pendatang yang jumlahnya tidak seberapa.

 

Yogyakarta yang kecil namun teragung dalam khasanah budaya Indonesia . adalah satu bagian dari nusantara yang masih dapat mempergelarkan hasil daya nenek moyang bangsa Indonesia yang hidup sejal belasan abad yang silam .

Candi Prambanan dan belasan candi-candi yang lebih kecil seperti candi kalasan , candi sari , candi sewu , candi plaosan ,candi Ratu book , candi sambisari, kraton Yogyakarta serta taman sari , adalah karya-karya agung yang tetap menyusuri sejarah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: