KALIMANTAN TENGAH BY ANISSA

KALIMANTAN TENGAH

A. INFORMASI UMUM

Kalimantan Tengah merupakn provins terbesar di Pulau tersebut yang luasnya 1.653.800 km². Terdiri dari hutan (82%), rawa, sungai, danau (hamper mendekati 2%), dan tanah pertanian.

Iklim lembab dan panas dengan ibukotanya Palangkaraya dapat dibagi dengan temperature rata- rata 30˚C dan curah hujan mencapai 2766- 3393 mm.

Ditinjau dari keadaan alamnya, Provinsi Kalimantan Tengah dapat dibagi menjadi tiga bagian,

yaitu :

□ Bagian Utara merupakan daerah pegungungan, memungkinkan usaha dibidang perkebunan dan    usaha lain yang terkait menggunakan bahan baku hasil perkebunan.

□ Bagian Tengah merupakan daerah hutan tropis, dengan komiditi utama adalah hasil hutan.

□ Bagian Selatan merupakan daerah rawa dan pasang surut, cocok untuk usaha perikanan dan pertanian system pasang surut.

Penduduk Kalimantan Tengah sampai dengan tahun 1995 di proyeksikan sebesar 1.637.300 jiwa, penduduk Kalimantan Tengah kebanyakan memeluk agama Hindu Kaharingan.

Sebagian penduduknya adalah suku Dayak yang terbagi atas beberapa sub suku yang mempunyai bahasa, istiadat dan budaya tersendiri. Suku- suku tersebut antara lain : Dayak Ngaju, Dayak Ot Danum, Dayak Ma’anyam, Dayak Dusun dan Dayak Tamuan.

Kalimantan Tengah mempunyai berbagai jenis tari- tarian yang dilakukan menurut maksud dan tujuannya, missal dari tari Manawi untuk menyambut tamu.

Cara penyampaian :

Untuk mencapai Kalimantan Tengah ada 2 alternatif yaitu melalui udara dan darat (sungai). Pesawat perintis banyak tersedia untuk menuju ibukota kabupaten dari Bandar Cilik Riwut.

B. OBJEK DAN DAYA TARIK WISATA

1.      Kerajaan Kota Waringin Barat

Objek sejarah ini terletak di kota Pangkalan Bun. Selain menyaksikan objek wisata masalampau, di kota Pangkalan Bun juga dapat dinikmati masakan udang dan masakan sea food lainnya. Untuk souvenir, dari daerah ini banyak dihasilkan kerajinan tangan lain berupa batu tudung saji hasil karya penduduk setempat.

2.      Pantai Tanjung Keluang

Lokasi objek wisata ini bersebrangan dengan Tanjung Putting di Teluk Kumai. Pantainya berupa pasir putih. Merupkan tempat rekreasi berjemur diri yang banyak disukai oleh wisatawan mancanegara. Di lokasi ini di sediakan juga pesanggrahan untuk tempat beristirahat para pengunjung.

3.      Danau Burung

Danau ini diberi nama Danau Burung karena memang banyak dihuni burung. Pada bulan- bulan tertentu burung- burung tersebut biasanya melakukan imigrasi ke daerah lain. Oleh karena itu untuk datang ke danau ini pada bulan April- Juni saat burung tidak berimigrasi.

4.      Museum Kalimantan Tengah di Palangkaraya

Di museum ini terdapat benda- benda budaya yang memperlihatkan sebagian sejarah dan kebudayaan suku Dayak.

5.      Pelabuhan Kereng Bangkirai dan Taman Alam Unpar di Kereng

Merupakan salah satu pintu gerbang masuk barang- barang dari Semarang dan Sampit.

6.      Bukit Rawi

Bukit Rawi adalah sebuah desa dan disini terdapat Sandung Sepudu (Patung Manusia) merupakan peninggalan budaya agama keharingan (Sekte dari agama Hindu), agama yang asli dan tertua di Kalimantan Tengah. Sandung adalah sejenis rumah kecil tempat menyimpan tulang- tulang/ abu para leluhur.

7.      Bukit Batu Tengkiling

Disini terdapat tempat rekreasi alam terbuka dengan panorama yang indah dan menarik yaitu Bukit dan Cagar Alam/ Tanam Wisata Bumi Perkemahan Pramuka. Selain itu juga terdapat sebuah batu besar berbentuk bahtera yang disebut Batu Banama. Batu ini memiliki legenda dan mempunyai makna magis yang diyakini oleh masyarakat setempat. Fasilitas yang terdapat disekitar Bukit Batu dan Cagar Alam Tengkiling yang Guest House dan tempat berteduh.

8.      Pantai Kumai

Kawasan ini terletak di tepi sungai Kumai yang merupaka gerbang masuk dan transit wisatawan yang akan melanjutkan perjalanan ke Taman Nasiobal Tanjung Putting/ Tanjung Kubu. Pantaiini selain alamnya yang indah juga terdapat binatang laut yang langka yaitu Ikan Duyung dan Pesut.

****

9. Pantai Kabul

kawasan pantai yang melengkung dan landai diperairan Teluk Kubu yang diselingi hutan hutan/rawa dibagian selatan dan daerah pemukanman penduduk dengan  panorama nyiur (kelapa) yang melambai-lambai.

10.Taman Nasional Tanjung  Putting

Taman Nasional Tanjung Putting terletak diKabupaten kota waringin Barat dan Timur. Taman ini merupakan kawasan konversi yang tertua di Kalimantan. Kegiatan yang dapat dilakukan antara lain : penelitian, menikmati keindahan alam dan vegatasi hutan primer dengan satwa liar, bersampan dan menyaksikan upacara adat.

11.Kawasan wisata tanjung puting

mempunyai keindahan alamiah berupa keanka  – ragaman sumber daya alam yang merupakan ekosistem hutan kerangas, (health forest) hutan rawa (fresh water  forest) serta hutan hujan dataran rendah. kawasan ini merupakan habitat dan proyek rahbilitasi orang utan dan binatang lainnya seperti owa –owa, bekatan dan binatang reptile serta berbagai jenis burung-burung.

12.Danau Tahai

Terletak dikecamatan Bukit Batu kodya Palangkaraya. Dapat dikunjungi setiap hari antara pukul 08.00 – 14.00 naik kendaraan pribadi atau taxi.  Pada tempat ini dapat menyaksikan pemandangan alam yang sangat indah dan melakukan olah raga memancing.

13.Sandung Ngabe Sukah

Terletak dikelurahan Pakandut, kodya Palangkaraya, dapat dikunjungi setiap hari naik kendaraan taxi. Di tempat ini disimpan tulang arwah yang telah meninggal dengan dengan upacara tiwah. Ngabe Anom sukah artinya kepala kampong muda.

14.Taman Rekreasi Tengkiling

Terletak di kecamatan bukit batu, kodya Palangkaraya. dapat dikunjungi setiap hari antara pukul 08.00 s/d 18.00 dengan naik taxi. Pada tempat ini dapat disaksikan alam yang sangat indah.

15.Pantai Kabu dan Tanjung Keluang

Terletak di desa kubu kecamatan kumai, kota waringin barat, dapat dikunjungi detiap hari dengan naik kendaraan taxi atau teluk kabu yang dikelilingi hutan hutan/rawa dibagian selatan dan daerah pemukiman penduduk dengan panorama nyir (kelapa) yang melambai-lambai.

 

16.Mesjid lyai Gede

terletak dikota waringin lamma kabupaten kota waringin timur. dapat dikunjungi setiap hari dengan naik taxi. Pantai ini dikelilingi hutan dengan pohon – pohon yang lebat.

17.Riam Makikit

terletak di desa Tumbang kalomei, kecamatran katingan Tengah, kabuapaten kota waringin timur, dapat dikunjungin setiap hari dengan naik. pada tempat ini dapat dilakukan olah raga air, seperti berselajncar dan menyelam.

18.Sepan Apui

terletak di desa tumbang kalomei, kecamatan katingan tengah, kabupaten kota Waringin Timur. Pda tempat ini tersedia kolam renang air panas dan dapat dicapai dengan naik taxi.

19.Betang Tumbang Gadu

terletak didesa Rantau Pulut, kabupaten kota waringin timur, dapat dicapai dengan kendaraan taxi. Pada tempat ini dapat disaksikan bentuk-bentuk rumah adat dayak.

20.Sandung dan Sapundu

terletak didesa Bangkal, kabupaten kota waringin timurm dapat dikunjungi setiap hari naik perahu  motor/speed boat. Sandung adalah tempat menyimpa tulang-tulang orang yang telah meninggal, setelah diadakan upacara Tiwah (berbentuk rumah kecil) yang dindingnya terdapat ukiran-ukiran, sedangkan Sapundu adalah nama tempat mengikat binatang yang menjadi kurban upacara adat daya.

21.Industri Anyam-Anyaman Getah Nyatu

terletak didesa Dakirang, kecamatan Kapuas Hilir Kabupaten Kapuas, dapat dicapai dengan naik perahu motor/speed boat. tempat ini terkenal sebagai tempat kerajinan tangan membuat souvenir dari getah Nyatu.

22.Rumah adat

terletak didesa Bontoi, kecamatan Kahayan Hilir, kabupaten Kapuas, dapat dikunjungi setiap hari naik perahu motor atau speed boat, pada tempat ini tersedia bentuk rumah adat dayak.

23.Kota Bataguh

terletak didesa Pulau kupang, kabupaten Kapuas, dapat dikunjungi setiap hari naik taxi. tempat ini merupakan daerah kekuasan Nyai Udang pada abad 18.

24.Floating Market

terletak disekitar pelabuhan Danau Mere dan dapat dicapai dengan motor boat/speed boat.

25.Betang Tumbang kurik

terletak didesa Tumbing kurik, kecamatan Kahayan Hulu utara, dapat dikunjuni setiap hari naik perahu motor/ speed boat. pada tempat ini terdapat rumah adat dayak.

26.Mozaiq Gereja

terletak di Mandomai, kabupaten Kapuas, dapat dicapai dengan motor boat/speed boat.

27.Air Terjun Mantibab

terletak dikabupaten di Barito utara kecamatan tanah siang, desa mantibab. dapat dikungjungi setiap hari dengan kendaraan roda emapat dan roda dua.

28.Air Terjun Molou Besar

terletak di Puruk Cahu, kabupaten Barito utara, dapat dikunjungi setiap hari dengan kendaraan roda empat dan roda dua.

29.Air Panas

terletak di Lawang Anak Andau (Saripoi), kecamatan tanah siang, kabupaten barito uatar, dapat dikunjungi setiap hari naik taxi. pada tempat ini tersedia air panas alam.

30. Gunung Angah

terletak di kacamatan teweh timur, kabupaten barito utara, dapat dikunjungi setiap hari naik taxi, sekeliling gunung itu ditumbuhi pepohonan yang rindang menambah keindahan pemandangan.

31.Betang Konut

terletak di desa kumut, kabupaten Barito utara, dapat dikunjungi setiap hari dengan taxi.

32.Betang Orung Apat

terletak di kacamatan tanah siang, kabupaten Barito utara, dapat dikunjungi setiap hari dengan naik taxi atau kendaraan pribadi.

33.Benteng Beras Kuning

terletak dikacamatn Murung, kabupaten barito utara, dapat dikunjungi setiap hari dengan taxi atau kendaraan pribadi. Benteng ini merupakan benteng terakhir, sisa kerajaan Banjar ketika terjadi perang barito, perang rakyat melawan penjajahan Belanda.

(written by annisa & bayu,x upw smkn 27 jakarta, feb 2011)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: