Kalimantan Timur

A.INFORMASI UMUM

provinsi kalimatan timur dengan ibukotanya Samarinda, terletak antar 113 ̊44` Bujur Timur, 119 ̊001 Bujur Barat dan 4 ̊24` Lintang Utara, 2 ̊25` Lintang Selatan, terdiri dari 4 kabupaten yaitu :

§  kabupaten Kutai dengan ibukotanya Tanggarong

§  kabupaten Pasir dengan ibukotanya Tanah Grogot

§  kabupaten Berau dengan ibukotanya Tanjung Redep

§  kabupatan Bulungan dengan ibukotanya Selor, 2 kotamadya dan 2 kota administrasif.

 

 

Kalimantan Timur memiliki berbagai jenis fauna yang khas dan langka seperti orang utan, bekatan, dan lumba-lumba air tawar (pesut).

Selain itu provinsi ini juga memiliki hutan tropis yang cukup luas dengan jenis-jenis yang khas dan langkah seperti anggrek hutan dan anggrek-anggrek lainnya yang mempunyai daya tarik tersediri, serta berbagai atraksi kebudayaan dari suku Dayak yang hidup di rumah panjang.

 

 

Penduduk asli kalmantan Timur adalah suku dayak, suku dayak di Kalimantan Timur mempunyai beberapa uapacara adat, antara lain :

 

§  upacar naik ayun, yaitu salah satu upacara adat di daerah kutai yang merupakan upacara kelahiran untuk memberikan nama bayi.

§  upacara kwangki merupakan upacara kematian untuk suku dayak tanjung benuaq. upacara ini biasanya memakan waktu sampai 21 hari.

 

 

Cara Pencapaian :

 

untuk mencapai Kalimantan Timur dapat dicapai melalui darat (sungai) dan udara. Melalui udara melewati Balikpapan kemudian baru ke Samarinda dengan pesawat merpati.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B.OBJEK DAN DAYA TARIK WISATA

1. Museum Negri Mulawarman

terletak di tengah pusat kota tanggarong (±38 km dari Samarinda) merupakan bekas istana kerajaan kutai, kartanegara yang dibangun pada tahun 1936 dengan arsitek pola barat. Di museum ini terdapat koleksi pakaian raja-raja zaman dulu dan juga aneka keramik kuo.

2. Taman Wisata Waduk Sukarame

merupakan objek wisata Tirta dan tempat yang baik untuk melakukan kegiatan memancing. Dapat dikunjungi setiap hari.

3. Taman Nasional Kutai

Taman Nasional Kutai terletaj di Bontang kabupaten kutai. kegiatan yang dilakukan disini berupa penelitian, lintas alam, berperahu menelusuri pantai, serta menyaksiakan orang utan, kera, lutung bukit, berunag madu dan satwa langka endemik khas Kalimantan yaitu Bekatan.

4. Tanjung Isuy

Disini dapat disaksikan :

§  Rumah Panjang khas suku dayak benuaq dengan isinya yang masih asli.

§  Cara membuat tenunan doyom patung dan kuburan raja benuaq. jika ada tamu yang datang, diadakan penyambutan yang dilakukan dengan upacara Tepung Tawar yaitu : memoles muka tamu denga n tepung beras. dalam perjalanan menuju tanjung isuy melalui danau Jempang, dapat disaksikan panorama yang indah dan rumah-rumah terapung.

5. Melak / Kersik Luway

Melak adalah ibu kota kecamatan yang merupakan tempat pemukiman suku dayak tanjung. disini disaksikan Rumah Panjang dan dapat pula dibeli hasil kerajinan dari rotan. kersik Luway yang luasnya 5.000 ha merupakan cagar alam, dimana tumbuh bermacam jenis anggrek antara lain anggrek hitam (Coelogyne Pandurata) dengan musim bunga pada bulan April dan Desember.

6. Muara Ancalong / Muara Wahau

dikecamatan ini dapat disaksikan :

§  pertunjukan kesenian yang dilakukan di Lamin Datun oleh suku Dayak Kenyan.

§  Hasil seni budaya dan kegiatan sehari-hari dari suku dayak. juga dapat dilihat Goa Kongeng yang didalam nya terdapat benda-benda Purakala.

7. Pantai Tanjung Harapan

terletak di kota samboja di daerah kutai, 18 mil dari samarinda dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat (mobil) dari samarinda atau Balikpapan, dalam waktu 1,5 jam perjalanan. pantai ini merupakan objek wisata yang indah dengan pasir putihnya, dikelilingi oleh yang memiliki beranake tumbuhan sebagai objek penelitian. Disamping itu pantai ini dapat pula dimanfaaatkan untuk berenang.

8. Taman Laut Pulau derawan

objek wisata ini berada di daerah berau, dapat dicapai dengan pesawat terbang dari samarinda atau tarakan ke tanjung rendeh. dari tanjung rendeh dilanjutkan dengan mempergunakan speed boat atau ong boat ke pulau derawan. disini dapat disaksikan keindahan batu karang, berjenis-jenis ikan laut dan penyu hijau (colonia mydas) yang sering berjemur di pantai, menurut yang pernah dilakukan boat kecilm disamping itu pantai pasir putih dipulau ini juga sangat indah, menjadikan daya tarik tersendiri. sipulU derawan juga dapat disaksikan tarian tradisional bedaling dari suku bajau.

9. Rukun Damai

terdapat pusat kebudayaan suku dayakm serta berbagai tarian tradisional suku dayak kenyah. disamping itu terdapat 5 buah lamin adat yang masih dihuni oleh penduduk setempat. lokasi dapat dicapai dengan house boat  dari samarinda selama 3 hari 2 malam perjalanan.

10. Long Bagun

di daerah ini terdapat arus air deras, terletak antara Long Bagun dan Long Pahangan yang telah dilakukan sebagai objek wisata adventure touras, merupaka paket yang baik sekali dan alam yang dapat dilihat serta dinikmati. juga terdapat Lamin adat yang dihuni oleh suku dayak modang. setiap bulan april diadakan acara syukuran panen padi. lokasinya dapat dicapai dengan taxi boat / house boat dari samarinda / tenggarong ke Long Bagun 2 kali seminggu tiap hari kamus dan hari minggu. Fasilitas : natural , riam napohida , juga terdapat berbagai jenis ikan patin dan udang besar.

11. Long Tuyok

terdapat lamin adat sebagai tempat tinggal suku dayak bahau. pada bulan September dan Oktober biasanya diadakan upacara adat nugal yang dikenal dengan hodoq. upacara hodoq adalah upacara suku dayak untuk mengusir ro-roh jahat yang merusak tanaman diwaktu berumur ±3bulan. lokasi ini dapat dicapai dengan taxi boat/house bout dari samarinda/tenggarong ke Long bagun, dilanjutkan ke Long Tuyok dengan menggunakan long boat berjarak ±49 mil ditempuh kira-kira 2 hari perjalanan.

12. Taman Hutan Raya Bukit Suharjo

terletak di kacamatan samboja ± 54 km dari samarinda merupakan objek wisata alam dan hutan raya tropika humida yang terbesar di Asia tenggara. dapat dikunjungi tiap hari.

13. Cagar Alam Anggrek

terletak di kersik luay, kecamatan melak ±148 km dari kab. tk. II kutai, merupakan objek wisata alam dan cagar alam. disini terdapat jenis anggrek hitam yang langka didunia. dapat dkunjungi setiap hari dengan bebas.

(written by Bayu Prakoso, x upw smkn27 jakarta,feb2011)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: