Lampung by Kiki ayu

A.INFORMASI UMUM

Propinsi Lampung terletak 30 hingga 60 Lintang Selatan dan 1030 sampai 1050 Bujur Timur,luas wilayahnya 35.376 km2,didirikan pada tanggal 13 Pebuari 1964,dengan Ibukota Propinsi Bandar Lampung.Rawas,Lampung,Melayu,Pasemah,Sesendo dan Jawa serta beberapa suku kecil lainnya.Agama Islam yang dianut oleh sebagian besar penduduk sebesar 95,4%,agama Kristen 2,2%,Hindu 1,5% dan Budha 0.74%.Jenis flora dan fauna yang terdapat di propinsi Lampung yakni Mengarawan,Tembusu,Marban,Kayu Bungur,sedangkan faunanya adalah Babi Hutan,Kijang,Musang,Gajah,Badak,Harimau dan Ular serta,Kera.Cagar alam dan suaka margasatwa yang ada di Lampung seperti,Way Kambas,Gunung Krakatau.

Daerah Lampung kaya akan peninggalan-peninggalan zaman prasejarah,ha ini terbukti dari penemuan peninggalan sejarah/budaya seperti terdapat patung-patung pahatan bercorak megalitik.Selain itu Lampung menunjukkan dibawah pengaruh maritime terbesar (Kerajaan Sriwijaya)seperti terdapatnya prasasti “Palas Paesembah” dan prasasti Batu bedil.Adat isitiadat dan kehidupan tradisional yang menjadi ciri khas daerah Lampung ini terlihat pada upacara perkawinan dan upacara lainnya.Disamping itu pula kesenian daerah Lampung yaitu seni music dan tari cukup beraneka ragam,demikian pula Lampung terkenal dengan tenun ikat yang terkenal yaitu kain “Tapis”

Propinsi Lampung mempunyai berbagi objek wisata alam dan budaya,sejarah serta adat istiadat yang terpelihara secara turun temurun sehingga daerah ini telah dijadikan sebagai Daerah Tujuan Wisata ke 19 sejak tahun 1989.

 

Cara Pencapaian :

Untuk mencapai daerah Lampung,banyak cara yang dicapai,dengan penerbangan udara 2 kali sehari,Merpati Airline menghubungkan Jakarta-Bandar Lampung atau sebaliknya.Penerbangan dari Padang,Medan,Pangkal Pinang,Pekanbaru,Jambi atau sebaliknya dan beberapa kal penerbangan yang menghubungkan kota Lampung dan kota-kota besar di pulau Jawa dan Bali,yang paling banyak menuju Lampung adalah melalui jalan darat,setiap hari banyak sekali kendaraan pribadi maupun umum (bus) yang menghubungkan kota-kota di Pulau Sumatera.

 

B.OBJEK DAN DAYA TARIK WISATA

a. Pasir Putih

Pasir Putih dan Pulau Pasir terdapat di tepi jalan raya Teluk Betung Kota Kalianda,kira-kira 5 km dari kota Teluk Betung,merupakan pantai dengan pasirnya yang keputih-putihan,air laut yang jernih dan pantai landai.Dilepas pantai ada pulau yang kecil-kecil yang pada hari-hari libur dapat didatangi dengan perahu motor sewaan.Objek ini dapat dicapai dengn kendaraan umum maupun pribadi melalui rute Bandar Lampung-Panjang-Kalianda.

 

b. Pantai Merak Belantung

Pantai ini terletak di tepi kota Kalianda,sangat ideal untuk berenang,memancing dan selancar angin,dengan dilengkapi fasilitas-fasilitas akomodasi,restoran dan lain sebagainya.Untuk mencapainya dengan kendaraan umum maupun pribdi dari Bandar Lampung-Panjang-Kalianda.

 

c. Pantai Wartawan

Pantai Wartawan merupakan salah satu tempat rekreasi di tepi jalan dengan pasir keputih-putihan yang membentang sepanjang ± 1 km sejajar dengan jalan.Tidak jauh (± 5 km) dari pantai tersebut terdapat sumber air panas ditengah-tengah batu karang.Panas air diperkirakan 790 – 800 C.Masih harus di teliti apakah airnya tidak mengandung “undercurrent” yang membahayakan orang mandi atau berenang di perairan ini.

d. Gunung Rajabasa

Pegunungan yang mempunyai jurang-jurang yang terjal dengan hawa yang sejuk dan pemandangan alam yang indah,diselingi dengan perkebunan cengkeh rakyat yang membentang luas yang berwarna hijau segar,dan pemandangan laut biru merupakan serangkaian atraksi yang menyenangkan bagi orang yang mengelilingi Gunung Rajabasa dengan kendaraan.

e. Museum Lampung

Terletak di Jl.Teuku Umar,Gedung Meneg Bandar Lampung.Museum ini menyimpan koleksi hasil kebudayaan Lampung,peninggalan sejarah seperti benda-benda bersejarah yang ditemukan di Lampung,tenunan ,tradisional,pakaian adat,sejarah,naskah kuno,keramik-keramik cina dan siam serta alat-alat rumah tangga.

f. Krakatau

Gunung berapi yang masih aktif ini terletak di Kabupaten Lampung Selatan,propinsi Lampung.Secara geografis berada pada 690 Lintang Selatan dan 1050 270 Bujur Timur.Puau gunung berapi ini yang oleh penduduk sekitar disebut pulau “Majeski” memang telah sering meletus,tetapi pada saat senja hari 27 Agustus 1883 letusannya yang sangat dahsyat serta menggemparkan dunia.Akibat yang ditimbulkan sungguh mengerikan,dan tertinggi dalam semburan.Ledakannya menimbulkan gelombang pasang yang menyapu bersih pantai sepanjang Teluk Lampung dan pantai barat daerah Banten.Suara ledakannya terdengar di Singapura dan Australia.Abunya dihempaskan setinggi 80 km,mengelilingi bumi selama beberapa tahun.Sebagian besar dari daratan seluas 9×5 km2 musnah,menyisakan sepotong pulau kecil,Krakatau.Selanjutnya pada tahun 1927 kepulauan asap terlihat dipermukaan laut antara ketiga pulau yang ada.Gunung api baru ini semakin bertambah tinggi dan pada awal tahun 1928 sebuah gunung api baru telah muncul dari dalam laut.Gunung Anak Krakatau telah lahir.Kini tingginya telah mencapai 196 meter.Proses alam yang telah berlangsung lebih dari 100 tahun dan tidak tergamggu manusia.Daratan hitam menghangus,kesenyapan,kepulauan asap membuat daerah tak berpenduduk ini menjadi sangat mempesona.Kita dapat mencapai Kralatau dari Canti Kalianda dengan kapal motor sewaan dan memakan waktu hnya 3 jam.

 

g. Taman Purbakala Pugung Raharjo

Taman Purbakala Pugung Rahajo berisi peninggalan-peninggalan dari zaman megalitikum dan klasik tengah.Suatu benteng primitive berupa parit galian,mengelilingi situs-situs dari punden,arca-arca Budha ,Linggamenhir (corak dalam megalitik),dan pemukiman penduduk zaman dahulu kala,terbukti dengan di temukannya bermacam-macam keramik.

 

h. Taman Nasional Way Kambas

Terletak di Kecamatan yaitu Kecamatan Labuhan Meringgai,Kecamatan Way Jeparo,Kecamatan Way Jeparo, Kecamatan Sukadana dan Kecamatan Purbalingga, Dati II Lampung Tengah. Jenis Fauna dari family mamalia antara lain Gajah Sumatera ( Elephas maximus sumatranus ), Tapir ( Tapirus indicus ), Anjing Hutan ( Cuon alpinus ), dan Badak Sumatera ( Dicerorhinus sumatrenis ). Dalam “Red Data Book IUCN” jenis – jenis tersebut termasuk satwa terancam punah.

Berlayar sepanjang pantai sampai mengamati satwa mamalia besar disepanjang  jalan roda empat dari Plang Ijo menuju ke lokasi Way Kanan dan lokasi Pusat Latihan Gajah di Karangsari atau dengan jalan trail safari gajah dari Karangsari ke Kuala Penet, ke Kali Bathin, ke Way Kanan. Di tempat – tempat tersebut pengunjung dapat langsung menjumpai satwa liar seperti Gajah, Rusa, Ayam Hutan, Beruang dan berbagai jenis burung. Di Karangsari yang berjarak 10 km dari pintu gerbang terdapat Pusat Latihan Gajah ( PLG ) yang dikelola secara profesional dengan tenaga pawing ( mahout ) Indonesia. Pada saat ini tempat ini merupakan latihan penjinakan dan pelatihan gajah terbesar di Asia Tenggara dengan jumlah gajah 120 ekor.

Pusat Latihan Gajah di Karangsari dapat dikunjungi setiap hari dari jam 08.00 WIB sampai dengan jam 16.00 WIB. Kunjungan dapat dilakukan secara perorangan atau kelompok langsung atau paket wisata melalui agen perjalanan yang ada di hotel –hotel di Bandar Lampung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: