Riau by Haris/bernard

A. INFORMASI UMUM

Propinsi Riau Wilayahnya meliputi sebahagian timur dari pulau Sumatra bagian tengah, yang di kenal sebagai Riau Daratan dan Riau Kepilauan yang terdiri dari 3.214 buah pulau besar dan kecil, membentang dari lereng timur pegunungan bukit barisan sampai laut Natuna. Luas daratan Propinsi Riau adalah 94.561,61 Km2 atau 9.456.161 hektar, di kelilingi perairan laut.

 

Secara geografis, propinsi Riau terletak antara : 1005 Lintang selatan, 2025 Lintang utara, 1000-1050 Bujur Timur Greenwich dan 6050-1045 Bujur barat.

Suku yang mendiami propinsi Riau adalah Melayu, Anak Dalam, Sakai, Husan, Talang Mamak, Bonai serta Suku Laut.

 

Ragam kebudayaan yang Umum di sebut adat Resam Melayu. Adat Resam Melayu merupakan hasil jalinan pembauran kebudayaan dengan suku bangsa lain di karenakan Letak propinsi Riau amat Strategis Terutama dalam jalur lalu lintas perdagangan di selat Malaka.Kebudayaan adat Resam Melayu kaya dengan Variasi, Terutama di masa Kerajaan Melayu Riau mengalami masa kejayaannya. Keanke ragaman variasi tersebut dapat di temui pada upacara tradisional antara lain Upacara, Perkawinan, Pacu Jalur, Persembahan Laut, dan sebagainya.

 

Berbagai bentuk kesenian tradisional seperti Tari Zapin, Joget Rentak Belian, debus dan sebagainya. Selain kaya akan keindahan alam, Kebudayaan terdapat Pula peninggalan-peninggalan sejarah seperti Candi Muara Takus, Komplek Istana Sultan Siak Sri Indrapura dan peninggalan Kerajaan Melayu Riau Linggadi Pulau Penyengat indrasakti. Daerah iau Banyak terdapat potensi wisata alam, budaya sejarah, dan atraksi Kesenian yang menarik.

 

 

Cara Pencapaian :

Melalui Udara :

Penerbangan ke pecan baru di lakukan oleh garuda Indonesia PT.Merpati setiap Hari dari Jakarta, serta dua kali seminggu dari Malaysia.

 

Melalui Laut :

Pelayaran laut yang di layani Oleh Armada PELNI dari Jakarta ke tanjung pinang melewati pelabuhan mentok dan pulau Bangka. Penyebrangan antara singapura-Batam di layani oleh Ferry 12 kali Sehari jarak tempuh 30 menit.

 

Melalui Darat :

Dilayani Oleh berbagai jenis Bus yang mehubungkan Pekan baru dengan kota-Kota besar  di Sumatra. Jawa dan Bali.

 

 

B. OBJEK DAN DAYA TARIK WISATA

a. Pekanbaru

Mulai berkembang pada tahun1960. Kota ini memiliki beberapa bangunan yang di rancang dengan Arsitektur tradisional Riau, diantaranya Balai Dang Merdu, Balai adat dan Taman Budaya Riau.

 

b. Kompleks Istana kerajaan Siak.

Terletak di siak sri adipura.Istana ini di bangun oleh sultan syarif Hasyim abdul jalil syaifuddin sekitar tahun 1889.Kerajaan ini mencapai masa jayanya pada abad 16 sampai abad ke-20 yaitu tahun 1946. Tidak jauh dari Istana terdapat Balai Kerapatan tinggi dan Makam-makam bersejarah. Didalam istana masih tersimpan koleksi benda-benda bersejarah dari kerajaan tersebut.

 

c. Candi Muara Takus

Terletak kurang lebih135 km dari pekanbaru. Candi ini merupakan sebuah setupa yang merupakan tempat pemujaan penganut agama budha Mahayana  dan di bangun masa kejayaan sriwijaya abad 9 dan 10 masehi.

 

d. Makam Sultan Machmud Syah

Makam Sultan Malaka terakhir ini  terletak di Pakan Tua, Desa kuala, Toam, kabupaten Kampar.

e. Mesjid Jami

Mesjid yang terletak di Pasa Usang, desa air tiris kecamatan Kampar ini merupakan satu-satunya mesjid yang unik arsitekturnya di riau. Pada puncak atapnya terdapat tingkatan-tingkatan menara bergaya pura di Bali. Bangunan yang di bangun tanpa menggunakan paku memperlihatkan kemahiran arsitektur masa silam yang menggabungkan  berbagai gaya ke dalam bangunan.

 

f. Pantai Nongsa di Pulau Batam

Pantai yang indah dengan latar belakang pemandangan gedung-gedung pencakar langit kota Singapura.Gemerlap lampu-lampu pada malam hari kota Singapura menambah indahnya pemandangan dari pantai nongsa. Dalam Upaya menggalakan arus wisatawan  ke pulau Batam hotel-hotel bertaraf Internasional telah di bangun di pulau Baatam. Pulau Batam dapat di capai hanya dalam waktu ½ dari Negara tetangga Singapura.

 

g. Tanjungpinang

Letaknya di pulau Bintan, merupakan pusat perdagangan dan perbelanjaan di propinsi Riau sebelum pulau Batam. Di kota ini pada waktu sore dan malam hari terdapat car park atau taman parkir di mana dapat di nikmati hidangan seafood dan lain-lain. Di kota ini terdapat peninggalan-peninggalan sejarah zaman kolonialisme serta museum Kandil.

 

h. Pulau Penyengat Indra Sakti

Disini terdapat peninggalan Kerajaan Melayu Riau-Lingga Berupa sisa bangunan Istana Sultan Riau-Lingga, makam Raja Ali Haji Pujangga Melayu Riau yang terkenal dengan Gurindamnya,  makam Raja Ja’far dan lain-lain.Mesjid Raya pulau Penyengat yang di bangun pada tahun 1882, Di dalamnya dapat di saksikan beberapa koleksi peninggalan sejarah seperti kitab susi Al Qur’an yang di tulis tangan dan mimbar antic penuh ukiran. Juga Pulau penyengat masih terdapat Gudang Mesiu, benteng dan parit pertahanan serta lain-lainnya.

 

i. Pantai Trikora

Pantai ini terletak 48 km di sebelah Timur Kota Tanjungpinang, Dapat di tempuh melalui darat dalam waktu ½ jam. Pantai yang indah berpasir putih sangat baik untuk rekreasi, terutama berenang atau menyelam.

 

j. Pantai Pasir Panjang

Pantai ini terletak di Timur Bintan yang menhadap kea rah laut china selatan. Laut di pantai ni mempunyai Ombak yang tinggi, berpasir putih, Sehingga sangat ideal untuk berselancar.

 

k. Semenanjung Senggarang

Di pinggir pantai semenanjung ini terdapat komplek kelenteng cina kuno yang berusia kurang lebih 150 tahun dan masih terawat dengan baik. kelenteng ini dapat di capai hanya beberapa menit dari tanjung pinang dengan perahu dayung.

 

l. Pulau Terkuai dan Pulau Soreh

Dapat di kunjungi dari tanjungpinang dengan speed boad dalam waktu 2 jam.Pantai pasir putih da laut yang bersih merupakan tempat rekreasi renang serta santai.

 

m. Taman Laut

Taman laut terdapat di sekitar Pulau Mapor, Pulau abong, Pulau Pompong, pulau Galang dan tanjung berakit.

 

n. Prasasti Pasir Panjang

Di Pulau Karimun terdapat prasasti yang bertuliskan huruf Sansekerta yang berbunyi “ Mahayunika Galayantricacri Gautama Sripada”

 

o. Pacu Jalur

Pacu Jalur adalah Lomba perahu yang panjangnya 25-30 meter dan lebar 1 meter yang di dayung oleh 40-60 pemuda, diadakan di kecamatan Kuantan tengah, Kabupaten Indragiri Hulupada setiap bulan agustus dalam rangka merayakan peringatan hari Kemerdekaan Indonesia.

 

p. Latihan Gajah di Sebangsa

Disekitar lading Minas dan Duri dapat di kunjungi pusat latihan/pendidikan gajah dan daerah ini di tempuh dengan kendaraan roda empat hanya dalam waktu 2jam dari pekanbaru.

 

q. Kolam Mancing Alam Mayang

Terletak di jalan harapan raya km. 8, kelurahan tangkerang, kecamatan bukit raya, pekanbaru. tersedia tiga kolam renang dengan luas keseluruhan 18.560 meter. Berbagai jenis ikan seperti : Gurame, lemk, Nila, Sepat, Siam, siap untuk di pancing. Di areal Kolam ini terdapat kantin kecil-kecil dapat bersantai bersama keluarga, sesekali diadakan pula lomba mancing di kola mini.

 

r. Balai Adat Riau

Gedung ini terletak di jalan Diponegoro, pecan baru, di bangun dan di hias dengan bermacam bentuk ukiran dan motif tenun. Balai adat ini di bangun untuk berbagai kegiatan yang berkaitan dengan adat resam Melayu riau, dan sekarang di manfaatkan untuk pertemuan-pertemuan. Bangunan terdiri dua lantai, Di bagian lantai atas terpampang dengan jelas  beberapa ungkapan adat dan fasal-fasal Gurindam Dua Belas Karya Raja Al; Haji.

 

s. Bukit Batu bekas Tapak kaki Manusia

Bukit batu terkenal karena lancang kuning dan Legenda Datuk Laksemana Raja di laut.Di sini terdapat bekas tapak manusia di atas batu dengan ukuran luar biasa besarnya.Keindahan alamnya sangat menarik sebagai objek wisata budaya peninggalan sejarah dan wisata alam. Desa bukit batu juga memiliki peninggalan sejarah lainnya seperti rumah peninggalan Datuk Laksemana.Meriam dan rumah  yang bercirikan khas melayu.

 

t. pulau Dendeng

Pulau dendeng adalah salah satu pulau yang ada di kotamadya Batam dan berhadapan langsung dengan singapura.Luas wilayah pulau ini kurang lebih 82 hektar dengan topografi rata-rata sedikit di tumbuhi pohon yang sekaligus berfungsi menahan gelombang laut.Pulau ini di kembangkan sebagai objek wisata bahari, terutama pengembangan kegiatan olah raga air seperti renang,menyelam,ski air,boat dan sebagainya sambal menikmati keindahan alam.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: