SMKN 27 JAKARTA program TOYOTA ECO YOUTH 5th

Program TEY yang tahun ini adalah tahun kelima pelaksanaannya, sudah melibatkan lebih dari 260.000 pelajar di 355 SMA dan SMK yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Program ini memiliki tujuan akhir menciptakan sekolah lingkungan binaan Toyota yang menjadi rujukan bagi masyarakat yang ingin mempelajari proyek lingkungan praktis. Di TEY 5, Toyota ajak 22 sekolah untuk peduli lingkungan, salah satunya SMK N 27 Jakarta.

“Dalam semangat menanggulangi pemanasan global Toyota Indonesia tergerak untuk melakukan langkah kepedulian lingkungan dengan memperkenalkan praktik penerapan Green Sound Technology (teknologi tepat guna berbasis lingkungan) melalui program Toyota Eco Youth (TEY).

Program Toyota Eco Youth merupakan sebuah kontes kepedulian lingkungan yang melibatkan siswa SMA/SMK di 18 kota di Indonesia sebagai peserta. Di tahun kelimanya program ini mewajibkan para peserta untuk dapat menciptakan teknologi tepat-guna berbasis lingkungan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan lingkungan di sekitar sekolah. ITB sebagai pembimbing akan membantu setiap sekolah untuk menciptakan kekhasan teknologinya masing-masing.

Pendekatan teknologi ini juga dimaksudkan agar program peduli lingkungan yang kini telah dijalankan oleh sekolah dapat memberikan manfaat ekonomis. Dengan kata lain teknologi ini mampu memberikan income (pemasukan) bagi sekolah sehingga program peduli lingkungan dapat berlangsung secara kontinu. Tidak menutup kemungkinan, teknologi yang nantinya dicipatakan oleh para pelajar SMA/SMK ini dapat diaplikasikan untuk kebutuhan masyarakat luas.

Kamis, 4 Maret 2010 waktunya untuk para siswa – siswi perwakilan dari 22 sekolah yang ada di seluruh Indonesia mempersentasikan  kemajuan proyek-proyek mereka. Salah satu dari SMK N 27 Jakarta, Proyek Unggulan kami adalah OASIS yang intinya untuk mengurangi polusi udara di Jakarta dan mencipkan lingkungan yang asri dan nyaman. Dan masih ada lagi proyek – proyek kami antara lain laboratorium alam, kompos, bio pori, daur ulang plastik dan banyak lagi. “Kami ingin semua siswa terlibat dan manfaat dari program ini nantinya bisa dirasakan oleh masyarakat luas, yakni berupa kesadaran untuk mencintai lingkungan.

Program Toyota Eco Youth memiliki tujuan akhir menciptakan sekolah lingkungan binaan Toyota berwawasan lingkungan yang dapat menjadi rujukan bagi masyarakat yang ingin mempelajari proyek-proyek pengelolaan lingkungan praktis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: