Sulawesi Selatan

A.INFORMASI UMUM

Provinsi Sulawesi selatan yang mempunyai luas wilayah 72.781 km² dengan ibukotanya ujung padang, dulu dikenaal dengan nama Makassar. provinsi ini sebelah utara berbatasan dengan Sulawesi tengah dan bagian-bagian selatan, teluk bone disebelahan timur dan selat yaiutu flores disebelah selatan, teluk bone disebelah timur dan selat Makassar disebelah barat yang terdiri atas daerah pegunungan dan dataran tinggi dan sebagian lagi merupakan dataran rendah dengan daerah pantai serta pulau-pulau kecil yang beraeneka ragam dan coraknya. gunug-gunung dengan hutan lebat yang murni diselingi dengan bentuk rumah adat yang khas, sawah-sawah yang terhampar dan berjenjang, lembah yang subur dan hijau, danau-danau dan lain sebaginya telah meciptakan keindahan alam. Sulawesi selatan kaya dengan margasatwa seperti rusa, anoa, berbagai jenis urung, kera kupu-kupu yang beraneka ragam coraknya dan warnanya yang menarik dan floranya meliputi berbagai jenis anggrek, aneka jenis bunga hias, serta berbagai jenis buah-buahan. kekayaan dan keindahan seni budaya Sulawesi selatan tercermin didalam keaneka ragaman seni tari, seni suara, dan berbagai upacara adat disertai pakaian adat dengan berbagai corak warna serta variasi hiasan yang merupakan cirri khas tiap suku. berbagai seni ukir, tenuan kain sutra secara tradisional, hasil kerajinan rotan, bamboo, perak ddan lainnya sebagiannya terdapat di daerah ini. bermacam-macam peninggalan sejarah dan purbakala seperti Benteng Ujung Pandang, taman purbakala, leang-leang, makan sultah hassanudin dan lain sebagainya. iklim di daerah ini umumnya beriklim tropis basah dengan tempratur antara 26-31 ̊C. masyarakat Sulawesi selatan mayoritas adalah pemeluk agama Islam disamping itu ada Kristen, hindu dan budha yang semuanya taat dan pemegang adat kuat. kaidah-kaidah adat dan agama terpadu secara harmonis dalam tata kehidupan masyarakat. penduduk provinsi ini terdiri dari 4 kelompok masyarakat/suku, yaitu makssar,bugis,toraja, dan manda. orang-orang bugis dan Makassar terkenal sebagai pelaut-pelaut yang berani, dengan kapal “phenisi” mereka mengarungi lautan untuk berdagang, menangkap ikan atau pengusaha pelarayan rakyat yang menghubungkan satu pulau dengan pulau lainnya di nusantara.

Cara Pencapaian :

melalui udara dilayani oleh garuda Indonesia< merpati Nusantara, Bouraq dari Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, medan, dan ibu kota diprovinsi Sulawesi. kabupaten TANA TORAJA berjarak 310 km dari kota UJUNG PANDANG dengan ibu kotanya MAKALE, merupakan daerah pegunungan. TANA TORAJA sanagat terkenal dengan adat istiadat dan kebudayaan nya antara lain :

Rambu Solo adalah pesta upacara yang berkaitan dengan kematian dan pemakan manusia. upacara tersebut terdiri dari beberapa tingkat tergantung pada status sosial nya. ritual dari diberikan karna suku toraja beranggapan bahwa orang mati itu masih sakit sampai ritual dilaksanakan. ini dikerjaan untuk membebaskan orang yang meninggak supaya masuk alam gaib sesudah meninggal. upacara diselingi seni mabadong, adu kerbaum adu ayam dan penyembelihan berbagai binatang. persembahan ini dimaksud untuk menyertai orang mati ke tempat sesudah dunia ini. ritual orang mati toraja merupakan kejaidan yang rumit dan pentign bagi masyarakat. makin rumit ritualnya, makin tinggi rasa terima kasih keluarga bagi orang yang meninggal. ritual ini di mulai degan menagambl peti mati dari rumah keluarga disertai oleh acara kayu yang menyimbolkan orang mati tersebut. tarian penerimanaan tamu dilaksanakan untuk para tamu. bagian yang terakhir ritual ini menunjukan mayat yang dibawah ketempatnya terakhir di tempat yang tinggi bisa memakan waktu berhari-hari.

Rambu Tuka adalah ritual untuk kesejahteraan empat unsure kehidupan, keakraban, dedikasi, cinta, cinta sesame manusia dan gotong royong saling membantu. dalam upacara perkawinan dan pests masuk rumah baru seajian binatang diberikan disebelah timur  rumah (tongkonan) pada waktu matahari terbit. tarian pageliu yang gembira biasanya menyertai pesta ini.

Ma`nene adalah masanya mayat-mayat digua-gua memerlukan penggantian bungkus dan pakain sebagai tanda mengenal. penggantian-penggantian ini dilakukan sampai tiga kali sebelom mayat-mayat akhirnya diletakkan pada tempat permanen yang terakhir dimana mereka beristirahat tidak terganggu selamanya. berbeda dengan ritual pemakaman utama, ma`nene hanya dilaksanakan didepan makam dengan kehadiran keluarga-keluarga lainnya sudah pemberkatan, maka mayat dikembalikan ke gua yang letaknya diatas. untuk pengembalian mayat tersebut beberapa anggota generasi muda berdiri ditempat yang lebih tinggi yang menerima mayat, mayat tersebut ditarik keatas dengan tali. pada waktu menarik keatas, mayat tidak disanggah oleh batu orang lain. mayat-mayat lainnya secara bersama-sama ditarik ketas dengan cara lain. tarian ma`badong yang disertai oleh suara-suara yang menyentak pada upacara ini maksud nya untuk mengingatkan keturanan mereka akan mayat tersebut pada perbuatan yang baik ketika masih hidup.

 

B.OBJEK DAN DAYA TARIK WISATA

1.Ujung Pandang

a. benteng unjung pandang

terletak didalam kota ujung pandang, benteng ini adalah salah satu peninggalan kerajaan gowa/Makassar. setelah direbut dari sultan hasanuddin, digunakan oleh pemerintah hindia belanda dan diberi nama fort Rotterdam. sebagian dari kompleks benteng tersebut sekrang dijadikan museum sejarah dan purbakala yaitu museum lagaligo. museum ini digunakan untuk menyimpan benda benda sejarah purbakala dan benda benda lain nya.

b. Makam pangeran Diponogoro

makam pangeran diponogoro ini terletak dalam kota unjung pandang. pangeran salah seorang pahlawan Nasional yang cukup terkenal. pada tahun 1839, pada saat diadakan perundingan di magelang, ia di tawan oleh belanda (de kock), mula-mula beliau diasingkan ke manado kemudian ke Makassar (ujung pandang). di kota inilah pangeran dipenogoro wafat pada tanggal 6 februari 1855.

c. makam raja-raja Tallo

makam raja-raja Tallo ini teletak dalam kota Ujung Pandang. kompleks makam terbesar dalam lingkungan kerajaan yang direbut Belanda pada tahun 1669. terdapat 178 buah makam yang dibuat secara susun timbul dengan bentuk punden, sistem papan batu dan bentuk kubah, didalam na terdapat makam duta besa yang bernama Adul Gaffur Ruma Tambaga.

d. makam datu ribandang

makam datu ribandang terletak dalam kota ujung pandang. datu ribandang adalah penyebar agama islam pertama di Sulawesi selatan, yang datang dari Sumatra utara sebagai pedagang dan mempengaruhi raja-raja di Sulawesi selatan untuk menganut agama islam.

e. pulau samalona

pulau samalona terletak ± 3 mil di muka ujung pandang, dapt dikunjungu setiap hari, dapat ditempuh dalam waktu ± 30 menit dari ujung pandang. fasilitas rest house, kamar ganti pakaian dana MCK. pantai pasir putih, taman lautm yang beraneka ragam tumbuh-tumbuhan laut, perariran disekitarnya cukup tenang dan jernih. dapat dicapai dengan motor boat atau perahu layar.

f. pulau lae-lae

pulau lae-lae terletak ± 4 ml dari ujung pandang, dapat dicapai dengan motor boat atau perahu layar, lama perjalan ± 10 menit dari ujung pandang, dapat dikunjungi setiap hari. pulau ini merupakan tempat rekreasi pantai pasir putih.

g. taman anggrek bundt

taman anggrek bundt terletak dijalan mochtar lutfi no. 15 ujung pandang, dapat dikunjungi setiap hari. suatu taman anggrek dan koleksi siput dan kerang-kerang laut.

h. paotere

terletak dijalan barungkang, ujung pandang, dapat dikunjungi setiap hari dengan mempergunakan semua jenis kendaraan. poetere adalah pelabuhan perahu polisi.

2. GOWA

a. balla lampoa

balla lampoa terletak dalam kota sungguminasa, 11 km dari ujung pandang, dapat dikunjungi setiap hari, dapat dicapai dengan semua jenis kendaraan dalam waktu 20 menit. balla lampoa nmerukanrumah panggung arsitektur Makassar, bekas istana raja gowa dimana tersimpan benda-benda peninggalan raja gowa. dimuseum ini dapat dipertunjukan tari tradisional.

b. air terjun takapala

air terjun takapal terletak dikecamatan tinggi moncong 5 km dari kota malino, 75 km dari ujung pandang. dapat dikunjungi setiap hari dengan mempergunakan kendaraan bemotor dengan lana perjalan 15 menit dari malino.

 

3. MAROS

a. bantimurung

bantimurung terletak 11 km dari kota maros, 41 km unjung pandang, dapat dikunjungi setiap hari dengan mempergunakan semua jenis kendaraan, lama perjalanan ± 60 meni dari ujung pandang. bantimurung adalah pemandian alam dengan air terjun yang tinggi nya ± 15 km dan lebar 20 m di sekitar tempat ini terdapat gua-gue dengan lukisan-lukisan dinding yang berumur ribuan tahun, terdapat pua kupu-kupu yang beraneka jenis dan warna yang menarik.

b. gua mimpi

terletak dikawasan objek wisata alam bantimurung, dapat dikunjungi setiap hari dengan mempergunakan semua jenis kendaraan sampai ke lokasi pemandian alam banmurung.

4. BULU KUMBA

kajang terletak 56 km dari ibukota kabupaten bulukumba, 154km dari ujung pandang, dapat dikunjungi setiap hari dengan mempergunakan semua jenis kendaraan. kajang merupaka perkampungan tradisional khas suku kojo dengan adat kebudayaan lain dari adat kebudayaan suku-suku lainnya yang ada disulawesi selatan. didaerah ini terdapat hutan lindung tempat mengadakan upacara adat. tersedia fasilitas penginapan dan pakaian hitam, karena untuk memasuki daerah ini harus memakai pakaian erba hitam.

5. BONE

a. bola soba

bola soba terletak dikota watan pone, 175 km dari ujung pandang dapat dikunjungi setiap hari dengan mempergunakan semua jenis kendaraan. lama perjalanan ± 3 jam dari ujung pandang. bola soba adalah sebuah bangunan tradisional rumah bugis yang dibangun pada tahun 1890 sebagai rumah tempat tinggal peyya punggawa (panglima besar kerajaan bone, baso pangling abdul hamis) yang gugur melawan belanda pada tanggal 18 nopember 1905.

b. museum lapawawoi

museum lapawawoi terletak dikota watan pone, 175 km dari ujung pandang. dapat dikunjungi setiap hari, lama perjalan ke tempat ini ± 3 km dari ujung pandang. museum ini merupakan tempat penyimpanan benda-benda kebudayaan bekas kerajaan bone.

6. WAJO

a. danau tempe

danau tempe terletak didaerah tingkat II wajo, adalah suatu danau alam yang sudah lama dikenal, penghasil utamanya adalah ikan tawar.

 

b. tenunan sutera

tenunan sutera secara tradisional yang dilakukan oleh masyakarat daerah tingkat II wajo secara turun temurun hingga sekrang.

7. LUWU

a. museum batara guru

museum batara guru terletak dikota palopo, 360 km dari ujung pandang, dapat dikunjungi setiap hari, dengan mempergunakan semua jenis kendaraan, lama perjalan 8 jam dari ujung pandang.

museum batara guru ini adalah pertama kali memproklamirkan kerajaan luwu sebagai bagian dari republic Indonesia yang memproklamirkan pada tanggal 17 agustus 1945. ditempat ini dijadikan pusat kegiatan untuk menentang kembalinya belanda berkuasa di daerah ini. museum ini tempat penyimpanan benda- benda peninggalan kerajaan Luwu.

b. mesjid tua palopo

mesjid tua in terletak di dalam kota polopo berhadapan dengan museum batara guru. dapat dikunjungi setiap hari, mesjid ini adalah mesjid tertua di Sulawesi selatan dengan arsiktektur Indonesia, beratap model tumpangan dari mustaka mesjid tertua dari keramik asing. mejid ini didirikan tahun 1603 oleh raja luwu ke XVI.

(written by Bayu Prakoso,x upw smkn 27 jakarta, feb 2011)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: