SULAWESI UTARA

Sulawesi Utara

A. Informasi Umum

Propinsi Sulawesi Utara dengan ibukotanya Manado, merupakan daerah pegunungan dengan gunung – gunung nya yang bertebaran dari arah barat ke timur antara lain gunung Baliohulu, gambuta, Paniki dan lain – lain. Luas Propinsi tersebut 25.786 km, yang terletak di belahan bumi bagian utara yaitu antara 0  ̊ 30` – 4  ̊ 3` LS dan 121  ̊BT. Bagian Utara berbatasan dengan Philipina bagian selatan dan Laut Sulawesi. Bagian Timur berbatasan dengan laut Maluku, dibagian selatan dengan selat Tomini dan bagian barat beratasan dengan Popinsi Sulawesi Tengah.

Penduduk Sulawesi Utara terdiri dari 4 kelompok suku bangsa yaitu :

–          Bolang Mangondow

–          Gorontalo

–          Sangihe Talaud

–          Minahasa

Masing – masing suku mempunyai dialek dan bahasa yang berbeda – beda, agama di Sulawesi Utara terdiri dari agama Islam, Kristen, Hindu, dan Budha.

Beraneka ragam adat istiadat, seni dan budaya antara lain :

–          tari – tarian yang terkenal adalah Titi Lotihu, Alaba diri dari Gorontalo, Kabela Kalimbombong dari Bolang Mangondow, Maengket, Cakalele dari Minahasa.

–          Musik yang terkenal musik bamboo, kolintang

–          Kerajinan tangan ( Sulam dan Bordir )

Kekayaan dunia Flora meliputi kayu besi, ebony dan lain – lain sedangkan fauna yang terkenal adalah Anoa, Babi Rusa, BUrung Maleo, Kuskus dll.

Cara Pencapaian :

Dapat dicapai dengan 3 alternatif  yaitu :

Melalui Udara :

Dilayani oleh Garuda Indonesia, Merpati Nusantara, Bouraq dari Jakarta – Ujung Pandang – Manado, Surabaya – Ujung pandang – Manado, Medan – Jakarta – Ujung Pandang – Manado, serta dari ibukota propinsi Sulawesi.

Melalui Laut :
PT. Pelni

Melalui Darat :

Dari ibu koya Propinsi

B. Objek dan daya tarik wisata

1. Kodya Manado

a. Taman Nasional Laut Bunaken

Taman Nasional ini ditetapkan Menteri Kehutanan tahun 1989 dengan luas 89.065 ha. Secara administratif  pemerintahan terletak di Kabupaten Dati II Minahasa dan Kotamadya Manado, Propinsi Sulawesi Utara. Secara geografi berada pada posisi 0  ̊ 57` – 1  ̊ 50` LS dan 124  ̊- 28` – 24  ̊-49`BT.

Taman Nasional Bunaken Manado TUa terdiri dari 5 Pulau yaitu Bunaken , Mando Tua, Siladen, Mantehage, dan Nain. Kelima pulau ini didiami oleh suku Minahasa, Sangir Talaud, dan Bajau yang sebagian besar beragama Kristen Protestan.

Kebudayaan yang mendominasi adalah tata cara Sangir Talaud yang menyebut kepala desa dengan istilah “Opo lau”. Keindahan Taman Laut Bunaken telah dikenal luas oleh wisatawan mancanegara. Menurut pengakuan mereka, keindahan taman laut disini termasuk salah satu yang terbaik di dunia. Keindahan taman laut ini hanya dapat dinikmati snorkeling diatas permukaan dan menyelam sampai pada kedalaman 25 m.

Untuk menikmati keindahan alam Taman Laut Bunaken tersedia fasilitas yang cukup memadai berlokasi sangat dekat dengan kawasan. Dikota Manado terdapat banyak hotel, antara lain Manado Beach ( untuk ke Bunaken hanya 40 menit ), hotel kawauna, Hotel Sahid, Hotel New Queen, Hotel Yuata, dan Hotel Panorama serta ada 25 buah hotel melati.

b. Kelenteng Ban Hian Kiong

Terletak dijalan Panjahitan Kecamatan Manado Utara, dapat dikunjungi setiap hari dengan kendaraan Opelet. Dibangun abad XIX dan merupakan kelenteng tertua di Indonesia. Tempat ini banyak dikunjungi dan dijadikan sebagai tempat pemujaan penganut Kong Hu Chu.

c. Taman Anggrek

Terletak didesa Kairagi, Kodya Mando. Taman ini dijadikan sebagai tempat rereasi dan pendidikan karena memiliki berbagai jenis anggrek baik berasal dari daerah Sulawesi Utara maupun dari luar.

d. Museum Propinsi Sulewesi Utara

Terletak di Jalan WR. Supratman, kecamatan wenang, Kodya Manado (Pusat kota). Dapat dikunjungi setiap hari naik oplet. Dalam museum ini tersimpan hasil karya budaya rakyat Sulawesi Utara terutama peninggalan zaman kuno dan peninggalan bangsa spanyol selama tinggal di Indonesia.

e. Taman Kesatuan Bangsa

Merupakan taman rekreasi yang terletak di pusat kota Manado . Ditengah-tengah taman tersebutdibangun sebuah monumen seorang pahlawan daerah yang bernama “ Datu Lolong Lasut”, beliau seorang tokoh utama dalam pemukiman wenang yang kemudian menjadi Manado. Pengunjung dapat menyaksikan berbagai kegiatan, terutama pada malam hari tertentu dapat disaksikan pertunjukan kesenian,  hiburan rakyat dan sebagainya.

f. Lapanga Golf Kayuwatu

Terletak di Kayuwatu antara Bandar udara Sam Ratulangi dan Kodya Manado. tempat ini memiliki 9 holes dan berada dibawah naungan pohon kelapa yang hijau.

2. Kabupaten Minahasa

a. Pemandian Pantai Tasik Ria

Tasik Ria terletak di desa Mokopa, kecamatan Tombariri kabupaten MInahasa 18 km dari kota Manado, merupakan tempat rekreasi pantai yang berpasir putih. Merupakan kawasan pariwisata dengan akomodasi Hotel Bintang 4.

b. Taman Wisata Remboken

Terletak di desa Leleko, kecamatan Remboken 45 km dari kota Manado, berada di tepi danau Tondano dengan pemandangan alam yang indah serta hawanya yang sejuk. Fasillitas yang tersedia antara lain: Taman Bunga, Bungalow, Restaurant,Pavilium,Air panas alam

c. Taman Purbakala Sawangan

Terletak di Airmadidi +20 km dari Manado dan sawangan merupakan kuburan tradisional nenek moyang suku Minahasa yang dibuat dari batu, dimana jenazah dimasukkan kedalamnya dengan sikap duduk dan tangan terlipat seperti bayi dalam kandungan ibunya. Pada umumnya yang dimasukkan di waruga adalah tokoh-tokoh masyarakat/orang yang dianggap sakti dan berwibawa dalam tatanan adat.

A. INFORMASI UMUM

Propinsi Maluku sebagai propinsi kepulauan di Indonesia dengan ibukotanya Ambon. Letaknya diantara Sulawesi bagian barat dan Irian jaya bagian timur, dan diantara lautan pasifik selatan dan lautan india utara atau 5  ̊ LU – 8  ̊ 20` LS dan dari 124  ̊ – 135  ̊ BT. Maluku juga dikenal sebagai propinsi kepulauan yang jumlah pulaunya+ 999 pulau besar dan kecil seperti Pulau Ambon, Pulau Banda, Pulau Halmahera, Pulau Ternate dan lain-lain. Untuk menghubungkan pulau-pulau tersebut dapat ditempuh melalui laut dan udara, sehingga di kepulauan Maluku terdapat 32 Pelabuhan laut dan 20 Pelabuhan udara dengan pelabuhan utamanya pattimura di Ambon.

Daerah ini termasuk daerah yang cukup subur dan banyak ditmbuhi jenis flora diantaranya kayu besi, kayu puti, berbagai jenis anggrek dan lain-lain. Sedangkan fauna antara lain kambing liar, kuskus burung nuri, burung taon, burung maleo. bagi wisatawan bermotivasi kepada wisata bahari dapat mengunjungi kepulauan banda, ambon dan sekitar maumere

beraneka ragam tari, kerajinan tangan diantarnya:

1. Tari-tarian : Tari Lenso, Tari Cakalele, Tari Perang pattimura, Tari Bambu Gila

2. kerajinan tangan : Kerajinan tangan dari siput, Kulit Penyu, Kulit Mutiara, Tanah Liat untuk alat-alat dapur, dari Cengkeh kering dan lain-lain.

Di Maluku banyak terdapat Taman laut yang indah dan cukup baik untuk scuba diving, snorkeling dan lain-lain terdapat di sekitar pulau Pombo dan pantai Hunimoa di ambon , sedangkan pemandian pantai yang terkenal adalah pantai Manuala. Selain itu juga banyak benteng-benteng peninggalan Portugis. Spanyol dan Belanda di Ternate dan Tidore. di daerah ini juga kita jumpai cengkeh Afo yang sudah berumur 350 tahun.

–          Benteng Taloko Santa Lukas tahun 1512 oleh Albertqurqu serrao ( Portugis)

–          Benteng Santa Paolo ( Nostra Senora Del Rosario) 1512 oleh Antonio De Brito ( Portugis)

–          Benteng Kalamata Santa Ana (Kayu Merah ) 1540 oleh Piga Vetta (Portugis)

–          Benteng Santo Pedro 1606 ( Spanyol )

–          Benteng Oranye 1607 oleh Cornelis Matelief De Jonge ( Belanda)

–          Benteng De Verwacchting 1652 oleh Victor Moll ( Belanda )

Cara pencapaian :

Mengingat propinsi Maluku sebagai daerah kepulauan, sehingga masing – masing pulau mempunyai pelabuhan udara dan pelabuhan laut.

Melalui Udara :

Dilayani oleh penerbangan Garuda Indonesia dan Merpati yaitu :

1. Jakarta – Denpasar – Ambon

2. Jakarta – Ujung Pandang – Ambon

3. Jayapura – Biak – Sorong – Ambon

4. Manado – Ternate – Ambon

Melalui Laut :

1. Belawan – Jakarta – Ambon – Sorong

2. Semarang – Banjarmasin – Ambon – Fak-fak – Sorong

3. Jakarta – Pontianak – Jayapura

4. Jakarta – Surabaya – Ambon – Ternate – Bitung

b. Objek dan daya tarik wisata

1. Kota madya Ambon

Kota Ambon sebagai ibu kota propinsi terletak di Pulau Ambon, Maluku Tengah. Selain sebagai pusat pemerintahan Ambon juga merupakan pusat kepariwisataan. Di kota Ambon banyak terdapat tempat pengrajin, kerang diantaranya yang berlokasi di desa batu merah, selain tu dapat dijumpai pula kerajinan dari bunga cengkih yang dikeringkan dibentuk menjadi tas, tempat tissue, meriam, dll.

2. Tugu Martha Cristina Tiahahu

Terleta di Karang Panjang – Kodya Ambon, Martha Cristina Tiahahu adalah seorang pahlawan wanita yang berasal dari Maluku. Untuk memperingati kepahlawanan nya maka dibualah sebuah tugu, setiap tanggal 2 Januari upacara peringatan pahlawan Tiahahu berlangsung di dekat patungnya, perayaan ini diakhiri dengan tabor bunga di laut tempat Tiahahu dimakamkan.

3. Benteng Victoria

Terletak di Jl. Slamet Riyadi – Ambon, adalah benteng peninggalan Portugis yang dibangun pada tahun 1575, tahun tersebut dikenal sebagai hari lahirnya kota Ambon.

4. Siwa Lima Museum

Terletak dibukit Taman Makmur 3 km dari terminal bus Ambon, dapat dicapai dengan kendaraan umum, disini banyak tersimpan benda – benda peninggalan sejarah. Benda – benda yang tersimpan di sini kebanyakan berasal dari Maluku Tenggara.

5. Taman Pahlawan Australia

Terletak di tabtui – Kodya Ambon 2 km dari terminal bus Ambon. Disini dimakamkan puluhan pahlawan asal Australia yang gugur pada waktu pendudukan Jepang di Maluku, selain itu juga terdapat makam – makam tentara sekutu yang gugur pada waktu Perdang dunia ke dua.

6. Kota Ternate

Ternate sebagai ibukota Maluku Utara, termasuk salah satu kota yang banyak dikunjungi wisatawan. Kota ini fasilitasnya cukup memadai sebagai sarana penunjang bagi wisatawan.

Ternate terkenal dengan benteng – benteng peninggalan sejarah seperti :

–          Benteng Oranye yang dibangun pada tahun 1607 oleh Belanda

–          Benteng Gamalamo yang dibangun pada abad ke-13 yang terletak 12 km dari pusat kota Ternate

–          Benteng SantoPedro dibangun pada tahun 1530 oleh bangsa Portugis, terdapat di pantai Kayu Merah, dapat dicapai dengan kendaraan umum dari kota Ternate.

Disini juga terdapat Istana Sultan Ternate yang dibangun pada tahun 1234 yang masih dipelihara dengan baik, didalam Istana tersebut tersimpan mahkota raja dengan rambut yang senantiasa bertumbuh dan menjadi panjang.

7. Tugu Peringatan Tentara Jepanga di Batu Angus Ternate

Batu Angus adalah merupakan panorama alam yang sangat indah dari batu – batu bekas letusan gunung merapi Gamalama terbesar pada tanggal 10 Maret 1737. Pada perang Dunia II terjadi pertempuran antara pasukan Australia dengan Jepang sehingga pada tahun 1976 lalu, Jepang mendirikan Tugu peringatan tentara Jepang.

8. Peninggalan Sejarah Kesultanan Jailolo

Terdapat jenis fauna spesifik, Burung Bidadari ( Semioptera Wallacei Halmahera) tahun 1858/1985 Arthur Russel Wallacei dan David Bisoob.

9. Keraton Sultan Ternate dengan peninggalan-peninggalan Sultan Ternate

Museum memorial Kedaton Sultan Ternate dibangun oleh Sultan Muhammad Ali pada tanggal 24 November 1813/1228 H. lokasinya pada sebuah bukit, dibangundi atas fondasi dari bekas sebuah istana tua permulaan abad ke XVII. Didalam keraton ini terdapat benda-benda peninggalan sejarah. Mesjid Sultan Ternate dibangun oleh Sultan Hamzah pada tahun 1922 berbentuk arsitektur China/Jawa.

10. Daruba

Suatu daerah yang cukup baik untuk olahraga air seperti scuba diving,snorkeling, wind surfing dan game fishing ( berburu ikan ). Juga terdapat bekas peninggalan Perang Dunia 2 antara lain panser, Pesawat Terbang dan lain-lain. Di pulau kecil di depan morotai ( Daruba )

11. Teluk Kao

Di perairan/pantai disekitar Teluk Kao masih banyak terdapat peninggalan-peninggalan bekas Perang dunia 2 seperti Ranjau, bom, kerangka kapal Jepang dan peralatan perang tersebut diatas merupakan nostalgia bagi veteran-veteran jepang, Amerika dan Australia.

12. Tobelo

Dihadapan pantai Tobelo terdapat pulau-pulau kecil bekas tempat peperangan selama Perang dunia 2. Dipulau ini banyak kita jumpai peternakan kerang mutiara. Di pantai ini terdapat Taman laut pulau Tagalaya dan pantai rekreasi Luari. Taman laut Tagalaya terdapat jenis biota laut, karang laut yang tergolong langka. Pantai Rekreasi Luari merupakan pantai yang berpasir putih, sangat baik untuk Scuba Diving snorkeling

13. Sumber Air Panas

Sumber Air Panas ini terdapat di Kali Made di kaki gunung Mamuya dekat Tobelo. Di pegunungan dekat Tobelo ini didiami oleh suku-suku tradisional ( suku Tobelo ) yang mempunyai adat istiadat yang menarik. Di daerah ini cukup baik sebagai tempat wisata buru.

14. Taman Pahlawan Australia ( Australia War Cementry )

Taman Pahlawan ini diperingati setiap tahun pada Anzac Day. Disini juga terdapat monumen pahlawan Australia ( patung Dollan ) di kuda mati.

15. Bacan

Di pulau Bacan ini terdapat  peninggalan sejarah Kesultanan Bacan. Di daerah ini juga kita jumpai fauna spesifik Bacan yaitu kera Bacan.

16. Pulau Kei dan Aru

Daerah ini memiliki citra wisata kehidupan budaya tradisional yang masih murni ( budaya megalitik ). Dikepulauan ini juga banyak terdapat burung cendrawasih, penyu dan anggrek. Pantai dan lautnyaun cukup baik.

17. Tanimbar

Daer ah ini banyak mempunyai potensi objek wisata antara lain : peninggalan purbakala, atraksi budaya tradisional dan anggrek lara asli serta pusat kerajinan tenun dan patung

18. Galela

Terdapat bekas peninggalan Perang Dunia 2 ( meriam ) tempat penguburan massal tentara Jepang. Danau Duma sangat baik untuk sepeda air ( Catamaran ) dan lain-lain.

(written by Olivia & Julian, x-xi upw smkn 27 jakarta, feb 2011)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: