akutansi dasar by anissa/aldo

AKUNTASI DASAR

KONSEP AKUNTASI

2 informasi pokok yang dibutuhkan seorang pengusaha :

• Beberapa kekayaan perusahaan pada saat tertentu

• Beberapa laba atau rugi perusahaan pada saat tertentu

 

Defenisi Akuntansi :

• Bersifat Manajerial

Sebagai suatu sistim informasi keuangan dengan input bukti transaksi dan output laporan keuangan.

• Bersifat Teknis

Proses pencatatan, pengelompokkan, pengikhtisaran, pelaporan dan penafsiran data-data yang bersifat financial untuk perorangan, pemerintahan maupun perusahaan.

 

Langkah-langkah dasar dalam proses akuntasi :

 

 

 

 

General and Subsidiary ledgers

Journals

 

 

 

Financial Reports

 

 

 

 

 

Sumber- sumber dokumen termasuk :

• Receipts

• Bank deposit forms

• Cheques

• Petty cash vouchers

• Sales invoices

• Purchase invoices

 

PERSAMAAN ACCOUNTING

Prinsip :

ASSETS  =  LIABILITIES  + CAPITAL

Assets            : harta perusahaan yang dimiliki pemilik perusahaan

Liabilities       : kewajiban pengusaha atas pinjamannya digunakan untuk keperluan       usahanya

Capital           : hak pemilik atas harta

JOURNAL ENTRIES

Manfaat Jornal adalah :

• Menunjukan secara lengkap pengaruh dari suatu transaksi

• Mencatat transaksi secara kronologi

• Membantu mengurangi atau mencari kesalahan karena sisi debit harus sama dengan sisa kredit

 

Jenis-jenis jurnal :

• Sales Journal : mencatat transaksi penjualan kredit

• Purchase Journal : mencatat transaksi pembelian kredit

• Cash Receipts Journal : mencatat transaksi penerimaan tunai

• Cash Payments Journal : mencatat transaksi pengeluaran tunai

• General Journal : mencatat transaksi di luar transaksi yang dicatat di ke 4 jurnal diatas

General Journal menunjukkan :

• Tanggal transaksi

• Jenis account dan keterangan transaksi

• Reference (account code dari ledger)

• Dua kolom jumlah : – debit

–   credit

Contoh : Memulai bisnis Tour & travel

• Investasi sebesar $ 15,000 cash

• Beli peralatan  $ 1,250 cash

 

 

General Journal

Date Details Ref Debit Credit
May 1 Cash

Capital

  15,000  

15,000

 

Invested cash in Tour and Travel Agency
2 Equipment

Cash

  1,250  

1,250

Purchased Computer

Doc. No.1234

 

 

LEDGERS

Proses pencatatan dari Journal ke dalam Ledger disebut : Posting

Jenis Ledger adalah :

General Ledger

• Subsidiary Ledger

 

Format dari General Ledger :

Tanggal pencatatan

• Keterangan transaksi

• Kolom jumlah : – Debit

–   Credit

–   Saldo

 

Subsidiary Ledger :

Mencatat rincian piutang dan hutang termasuk jumlah yang dibayar dan yang masih tersisa

• Pencatatan terpisah dari General Ledger

• Sub ledger untuk masing-masing debitur dan kreditur, dimana jumlahnya harus sama dengan yang tertera pada General Ledger.

 

Seluruh transaksi diklarifikasikan ke dalam kelompok :

• Assets

• Liabilities

• Owner’s equity (capital)

• Revenue

• Expenses

 

Contoh : Debitur

General Ledger

Date Details Debit Credit Balance
30 June Sales Journal 1,200   1,200 DR
Cash Receipts   200 1,000 DR

Subsidary Ledgers

R. Soemadi

Date Details Debit Credit Balance
30 June Sales Journal 700   700 DR
  Cash Receipts   120 580 DR

 

M. Malik

Date Details Debit Credit Balance
30 June Sales Journal 500   500 DR
  Cash Receipts   80 420 DR

 

 

Schedule of detors :

R. Soemadi                                       580

M. Malik                                           420

Balance as debtors a/c             1,000

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

VOUCHER

 

Digunakan dalam internal perusahaan dan hanya untuk kepentingan accounting. Jadi berbeda dengan voucher yang digunakan pada bagian operation.

 

Jenis voucher adalah :

Receipt voucher

• Payment voucher

 

Receipt Voucher :

Digunakan untuk mencatat semua transaksi penerimaan

• Untuk semua jenis penerimaan (mis : cash, cheque, bank transfer)

• Bukti-bukti transaksi (mis : invoice) harus dilampirkan

 

Payment Voucher :

Digunakan untuk mencatat semua transaksi pengeluaran

• Untuk semua jenis pengeluaran (mis : cash, cheque, bank transfer)

• Bukti-bukti transaksi (mis : bon, kwitansi) harus dilampirkan

 

Format Receipt/Payment Voucher :

• Tanggal transaksi

• Dari/untuk siapa pembayaran ditujukan

• Detail pembayaran

• Jumlah (dalam angka dan huruf) dan jenis mata uang

• Accounting Code

• Accounting Number (nomor urut transaksi)

• Jenis pembayaran (cash, cheque dsb)

• Nama pembuat voucher

• Nama yang menyetujui pembuatan voucher

• Nama penerima/pembayar uang (kasir, staff counter)

 

 

CONTROLLING :

• Voucher diberi nomor urut

• Tiap nomor harus dicatat penggunaannya, termasuk nomor yang tidak jadi dipakai (void)

• Voucher disimpan berdasarkan nomor urut, untuk menjaga jika ada nomor yang hilang

 

FILING :

• Voucher terdiri dari 3 lembar : – Original

–   2 copies

• Original dan 1 copy disimpan di bagian accounting.

Original disertai lampiran bukti transaksi di file menurut tanggal transaksi.

1 copy (tanpa lampiran) di file menurut voucher number.

• 1 copy lainnya disimpan di bagian operation

 

Contoh :

No. 00001

Date                                        03 Oct 2004

Acc. Code                               105

Acc. Number

 

 

RECEIPT VOUCHER

Received from                      Mr. Alex Tan

 

The Sum of                            IDR/ USD  # Two Million Seven Hundred Seventy Six Thousand and Five Hundred only #

 

Being payment of                 Room at Novotel Bogor on 05 -08 Oct 2004 : USD 50 x 3 nts x 2 pax

(invoice No. J0001)

 

Type of payment                  Credit Card

 

Exchange                               USD 1 = IDR 9.255

 

( x ) IDR  2.776.500,-

(    ) IDR

 

 

 

 

 

 

 

Prepared by                          Approved by                         Received by

 

 

 

(                               )               (                               )               (                       )

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Contoh :

 

No. 00001

Date                                        03 Oct 2004

Acc. Code                               505

Acc. Number

 

 

PAYMENT VOUCHER

Pay to                                     Mr. Alex Tan

 

The Sum of                            IDR/ USD  # Seven Thousand One Hundred and Twenty Five Only #

 

Being payment of                 Tokuyama Tour on 10 – 15 Sep 2004 : USD 95 x 5 nts x 15 pax          (Invoice No. JH/09/010)

 

 

Type of payment                  Cash

 

Exchange Rate                      USD 1 = IDR

 

(    ) IDR

( x ) IDR  7,125

 

 

 

Prepared by                          Approved by                         Received by

 

 

 

(                               )               (                               )               (                       )

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

INVOICING

 

Jenis-jenis invoicing :

Invoice

• Debit Note

• Credti Note

 

INVOICE

Tagihan kepada pihak ke dua

Hanya dapat diterbitkan 1 kali untuk setiap transaksi/tour yang sama

 

Format invoice :

Tanggal invoice dibuat

Nama dan alamat tamu

• Tour name dan tour code, jika ada

• Tour duration

• Jumlah pax

• Detail invoice

• Jumlah tagihan

• Value Added Tax (VAT)

• Due date (jatuh tempo pembayaran)

• Nama pembuat invoice

 

Sumber-sumber data :

• Hotel Voucher

• Restaurant Voucher

• Transport Order

• Letter of Guarantee (LG) airlines

 

Value Added Tax (VAT) :

• 1% VAT dari jumlah tagihan

• Include : VAT sudah termasuk dan tidak ditambahkan dalam jumlah tagihan

• Exclude : VAT belum termasuk dan ditambahkan dalam jumlah tagihan

 

 

Due Date :

• Waktu yang diberikan kepada pihak kedua untuk melakukan pembayaran (umumnya maksimal 14 hari)

• Dihitung dari :

–  Tanggal invoice dibuat        atau

–  Tanggal invoice dikirim

• Tiap tamu bias memiliki due date yang berbeda

 

DEBIT NOTE

• Jika terjadi kekurangan jumlah tagihan pada invoice yang diterbitkan

• Invoice number harus disebutkan

• Hanya jumlah kekurangan yang dicatat

 

CREDIT NOTE

• Jika terjadi kelebihan jumlah tagihan pada invoice yang diterbitkan

• Invoice number harus disebutkan

• Hanya jumlah kelebihan ynag di catat

 

Invoice dikeluarkan hanya bila seluruh pembayaran sudah diterima. Jika tamu melakukan beberapa kali pembayaran (mis : down payment dsb) maka akan di keluarkan receipt (kwitansi) untuk tiap pembayaran (max. 2 receipts)

 

Invoice, Debit Note, Credit Note di buat oleh bagian operation. Pada BPW yang sudah komputerisasi, bagian operation hanya memasukan tour data ke dalam computer dan bagian accouting akan mencetaknya.

 

Setelah pembayaran selesai, cap invoice dengan PAID/ LUNAS

CONTROLLING :

• Invoice diberi nomor berurutan

• Tiap nomor harus dicatat penggunaannya, termasuk nomor void

• Di-file berdasarkan nomor urut untuk menjaga jika ada nomor yang hilang

 

FILING :

Invoice terdiri dari 4 lembar : – 1 original

–  3 copies

• Origin           : customer

1 copy          : operation

2 copies       : accounting

•Accounting :

1 copy digunakan sebagai lampiran pada Receipt Voucher dan 1 copy lagi di-file berdasarkan nomor urut invoice

 

 

Contoh :

Case 1 :

PT.Indonesia Tour & Travel menyiapkan sebuah invoice dengan data-data sbb :

1.   Tagihan ditujukan kepada : Mr. Hobson

Jl. Jend. Sudriman Kav.3-4, Jakarta Pusat

2.   Tour Name : Wisata Nusantara Jakarta 3H2M

3.   Duration : 1-3 October 2005

4.   Total Pax : 8 TBW + 2 SGL + 1 TRP

5.   Room rate per pax per nite : TBW – USD 250,-

SGL – USD 200,-

Extra Bed – USD 50,-

6.   Additional Charges :

–    Sea World Ancol (15 pax only) : Rp 25.000,-/pax

–    Kebun Raya Bogor : Rp 50.000,-/pax

–    Lunch at Kebun Raya : Rp 50.000,-/pax

–    Night City Tour : Rp 200.000,-/pax

7.   VAT excluded

8.   Invoice in Rupiah (USD 1 = IDR 9.900,-)

9.   Invoice dikirim 1 hari setelah invoice dibuat

10. Due date : 14 hari setelah invoice dikirim

 

 

Case 2 :

Terjadi kekurangan tagihan pada invoice diatas :

–    Sea World Ancol seharusnya 16 pax

 

Case 3 :

Terjadi kelebihan tagihan pada invoice diatas :

–    Sea World Ancol seharusnya 13 pax

 

CASE 1 :

PT. Indonesia Tour & Travel

Jl. Senopati 29, Jakarta                                                                                                                                                      | 00001

 

INVOICE

 

TO        Mr. Hobson                                                                                                           Date                        3 October 2005

Jl. Jend. Sudirman Kav.3-4                                                                                 Page                       1

Jakarta Pusat

ATTN                                                                                                                                       Prepared by          Tessina

 

TOUR NAME          Wisatawan Nusantara Jakarta 3H2M                                            Guest No.               21 pax

TOUR NO.                                                                                                                              T/C No.                   –

DURATION             1-3 October 2005                                                                                                Total PAX               21 pax

 

DETAILS                                                                                                                                                                        TOTAL RPA

 

Room Charge :

–    TWB : USD 250 x 16 pax x 2 nts                    = USD 8,000

–    SGL : USD 200 x 2 pax x 2 nts                        = USD    800

–    TPL : USD (250 + 50) x 3 pax x 2 nts             = USD 1,800

Sub total room charge                                   USD 10,600  x Rp 9.900                                                   104.940.000

 

Additonal charges :

–    Sea World Ancol : Rp 25.000,- x 15 pax                      = Rp    375.000,-

–    Kebun Raya Bogor : Rp 50.000,- x 21 pax                   = Rp 1.050.000,-

–    Lunch at Kebun Raya : Rp 50.000,- x 21 pax              = Rp 1.050.000,-

–    Night City Tour : Rp 200.000,- x 1 grp                          = Rp    200.000,-

Sub total additional charges                                                                                                                         2.675.000

 

 

Total Amount                                107.615.000

V.A.T 1%                                             1.076.150

Balance Due                                 108.691.150

 

Due Date                                   18 October 2005

 

 

 

 

Authorised Signature

CASE 2 :

PT. Indonesia Tour & Travel

Jl. Senopati 28, Jakarta                                                                                                                                      D  00001

 

DEBIT NOTE

 

TO        Mr. Hobson                                                                                                           Date                        5 October 2005

Jl. Jend. Sudirman Kav.3-4                                                                                 Page                       1

Jakarta Pusat

ATTN                                                                                                                                       Prepared by          Tessina

 

TOUR NAME          Wisatawan Nusantara Jakarta 3H2M                                            Guest No.               21 pax

TOUR NO.                                                                                                                              T/C No.                   –

DURATION             1-3 October 2005                                                                                                Total PAX               21 pax

 

DETAILS                                                                                                                                                                        TOTAL RPA

 

Less charges for Invoice no.|001 :

Sea World Ancol : 16 pax iso 15 pax  =  1 pax x Rp 25.000                                                                                25.000

 

 

 

 

 

 

 

 

Total Amount                                            25.000

V.A.T 1%                                                           250

Balance Due                                              25.250

 

Due Date                                   18 October 2005

 

 

 

 

 

 

Authorised Signature

 

 

 

CASE 3 :

PT. Indonesia Tour & Travel

Jl. Senopati 28, Jakarta                                                                                                                                      C  00001

 

CREDIT NOTE

 

TO        Mr. Hobson                                                                                                           Date                        5 October 2005

Jl. Jend. Sudirman Kav.3-4                                                                                 Page                       1

Jakarta Pusat

ATTN                                                                                                                                       Prepared by          Tessina

 

TOUR NAME          Wisatawan Nusantara Jakarta 3H2M                                            Guest No.               21 pax

TOUR NO.                                                                                                                              T/C No.                   –

DURATION             1-3 October 2005                                                                                                Total PAX               21 pax

 

DETAILS                                                                                                                                                                        TOTAL RPA

 

Over charges for Invoice no. |001 :

Sea World Ancol : 13 pax iso 15 pax  =  2 pax x Rp 25.000                                                                                50.000

 

 

 

 

 

 

 

 

Total Amount                                            50.000

V.A.T 1%                                                           500

Balance Due                                              50.500

 

Due Date                                   18 October 2005

 

 

 

 

 

 

Authorised Signature

 

 

 

LATIHAN :

PT. Banyu Biru di Jl. Air no.23, Jakarta meminta Trisakti Tour untuk mengatur perjalanan bisnis di beberapa staffnya. Tagihan dibuat dalam suatu invoice dengan data-data sebagai berikut :

1.   Tour Name : PT. Banyu Biru & Party

2.   Attention : Mrs. Atiek

3.   Hotel :

Date           Hotel Name               Room Rate per pax per nite                       Pax No.

2004                                                        TWB    SGL      TPL

Mar.10-13 Hilton, SIN                  SGD     110     110     100                             1 SGL+1 TPL

Mar.13-15 Hyatt, DPS                  USD     250     200     175                             2 TWB+1 SGL

Mar.14-20 Hilton, LON                USD     200     150     135                             3 TWB+2 TPL

 

4.   Airfare :

Depature Date     Destination                            Flight                          Airfare per pax

Mar.10           JKT-SIN-JKT                             SQ/Y Class                              USD     165

Mar.13           JKT-DPS-JKT                            GA/C Class                             IDR  475.000

Mar.13           JKT-SIN-LON-SIN-JKT BA/Y Class                              USD    1,250

 

5.   Additional Charges :

a.      Fiscal : RP 1.000.000,- / pax

b.      Apt Tax : USD 30 / pax dan RP 25.000,- / pax

 

6.   VAT for room only

7.   Exc. Rate : USD 1 = IDR 9.087

SGD 1 = IDR 4.978

 

Siapkan :

a.   Invoice : – dalam mata uang Rupiah

–    Invoice tertanggal 13 Maret

–    Due date : 7 hari dari tanggal invoice dibuat

 

b.   Debit Note :  – dalam mata uang Rupiah

–    tertanggal 17 Maret

–    room rate Hilton, SIN : ditagih TPL-SGD 95

–    due date : 7 hari dari tanggal debit note dibuat

 

c.    Credit Note : – dalam mata uang rupiah

–    tertanggal 17 Maret

–    fiscal : ditagih untuk 21 pax

–    due date : 7 hari dari tanggal credit note dibuat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CASH TRANSACTIONS

Sumber-sumber Cash Trancsactions :

Income :

–    Sales (Tour, Ticket, Hotel etc)

–    Refund

–    Commission (Agent, Shopping)

 

• Expenses :

–    Tour Expenses

–    Tour allowance

–    Guide fee

–    Office supplies

–    Small change

 

PETTY CASH FUND

Persediaan uang dalam jumlah tertentu yang digunakan untuk biaya operasi perusahaan sehari-hari berskala kecil, missal : alat tulis, parker dsb.

 

Petty Cash Management

Kasir harus mengelola jumlah uang yang disimpan dengan menetapkan jumlah minimum dan maximum.

 

Contoh : minimum – Rp    500.000,-

maximum – Rp 5.000.000,-

 

• Jika uang kas sudah mendekati jumlah minimum, penarikan dana harus dilakukan, tapi harus di-cek terlebih dahulu apakah ada penerimaan dalam waktu dekat sehingga penarikan dana dapat dihindari.

 

• Jika uang kas melebihi jumlah maksimum, penyetoran dana harus dilakukan, tapi harus di-cek terlebih dahulu apakah ada pengeluaran dalam waktu dekat sehingga penyetoran dana dapat dihindari.

Semua cash transactions harus dibuatkan voucher (receipt/payment). Bukti-bukti transaksi seperti invoice, kwitansi dsb harus dilampirkan.

 

FOREIGN CURRENCY

Exchange Rate :

• Kurs dikeluarkan oleh Bank Indonesia setiap hari

• BPW menggunakan kurs bank atau kurs IATA

• Ada 3 macam kurs : Jual (untuk beli), Beli (untuk jual) dan Tengah

• Kurs yang digunakan bias harian, mingguan atau bulanan

 

Cara menerima mata uang asing :

• Cek keaslian (mis. Dengan mesin ultra violet) dan tahun penerbitan.

(untuk US Dollar, saat ini BI hanya menerima diatas tahun 1996)

• Uang logam (coin) tidak berlaku

• Uang kertas dalam kondisi baik (tidak lusuh/dilipat, tidak ada coretan)

 

PEMBUKUAN (BOOKEEPING)

Semua penerimaan dan pengeluaran kas dicatat dalam Buku Kas.

 

Format Buku Kas :

• Tanggal transaksi

• Detail dari transaksi

• Reference (Account Code)

• 3 kolom jumlah : – Debit

–    Credit

–    Balance

 

Menyiapkan Buku Kas :

• 1 buku kas untuk tiap mata uang

• Saldo awal = saldo akhir periode sebelumnya

• Tutup buku tiap bulan

• Debit : income

Credit : expense

Balance : saldo sebelumnya + debit sekarang – credit sekarang

• Saldo akhir = Total Debit – Total Credit

• Jumlah yang dicatat harus sesuai dengan bukti transaksi dan jumlah uang yang benar-benar diterima atau dikeluarkan.

• Transaksi 1 bulan yang tidak dapat dicatat dalam 1 halaman akan dilanjutkan ke halaman berikutnya dan diawali dengan saldo halaman sebelumnya dengan keterangan ‘Pindahan’.

 

Contoh :

May 1  Saldo awal Rp 150.000,-  (100)

5  Mr. Alex membeli tiket domestic JKT-DPS-JKT untuk 2 pax seharga Rp 490.000,-/pax (invoice no.010) (320)

22 Tour allowance untuk JKT s/s, guide : Mr. Agus – Rp 250.000,-(515)

 

Buku Kas

Date Details Ref Debit Credit Balance
May 1

5

 

Opening balance

Mr. Alex, dome tckt

Bali (inv.010)

 

100

320

150,000

980,000

  150,000

1,130,000

 

           

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar