SUMATERA UTARA by Amal ahmada

A. INFORMASI UMUM

Provinsi daerah Tk. l Sumatera Utara, Ibu kotanya medan mempunyai luas wilayah 71.680 km, terletak 4 lintang utara dan 98 hingga 100 bujur timur.

Penduduknya terdiri atas beberapa kelompok suku bangsa antara lain :

Melayu, Batak Karo, Batak Toba Mandailing, Simalungun , Nias dan beberapa suku pendatang. Kelompok masyarakat tersebut menganut beberapa macam agama maka adat istiadat bertradisi agama mereka anut, begitu pula mengenaisni dan budayanya. Kesenian tradisional yang terkenal adalah : Tor-tor, Sigale-gale, Serampang 12, piso surit, tari perang dari nias dll.

Cara pencapaian :

Untuk mencapai Sumatera Utara dapat di capai melalui :

a.       Udara            : Dengan penerbangan Garuda Indonesia setiap hari dari Jakarta, Palembang, Padang,          Banda Aceh juga dapat dicapai langsung dari Singapora. Selain juga dilayani oleh maskapai penerbangan Swasta dalam negeri seperti Merpati, Mandala, Bouraq serta Pelita air service.

b.      Laut               : Pelayaran laut oleh PELNI, yang menghubungkan Medan dengan Surabaya, ujung pandang serta Jakarta.

c.       Darat             : Transportasi darat (antar kota) dapat menggunakan ke seluruh ibu kota yang ada di Sumatera, Jawa dan Bali.

B. OBJEK DAN DAYA TARIK WISATA

1. Medan

a. Istana Maimoon atau istana Sultan Deli

istana Maimoon terletak di jalan Brig. Jend. Katamso Medan dapat dijangkau dengan mudah dan terletak di pusat kota Medan. Istana ini dibangun pada tahun 1888 oleh sultan Makmur Alrasyid dan merupakan bangunan bersejarah serta kebanggaan di kota medan. Objek wisata ini terbuka untuk umum antara jam 09.00 s/d 18.00 WIB setiap hari kerja.

b. Masjid Raya

Masjid raya medan merupakan salah satu peninggalan sejarah dari Kesultanan Deli, dibangun pada tahun 1905. Masjid ini diakui sebagai salah satu masjid terindah di Indonesia. Hiasan bagian dalamnya sangat artistic dan dilengkapi dengan Mosaik dan cukup mengaggumkan wisatawan Mancanegara & Nusantara.

c. Taman Buaya Asam Kumbang

Taman ini terletak kira-kira 7 km dari pusat kota Medan yaitu di daerah sunggal kecamatan Medan Tuntungan. Di tempat ini terdapat 1.700 ekor buaya yang diternakan mulai dari umur 1 tahun s/d 20 tahun, dan disini dapat disaksikan beberapa atraksi beberapa atraksi yang disajikan kepada wisatawan. Taman ini merupakan satu-satunya taman budaya di P.sumatera, serta dapat dikunjungi pada jam 09.00 s/d 17.00 setiap harinya.

d. Museum Sumatera Utara

museum terbesar yang terdapat di Sumatera utara  tempat menyimpan dan memperagakan barag-barang tradisional dari berbagai suku dan daerah di sumatera utara. Museum ini terletak di Jalan H.M. Joni Medan dan dibuka untuk umum.

jam                        : 09.00 s/d 15.00 (Senin s/d Kamis)

09.00 s/d 12.00 (Jum’at)

09.00 s/d 13.00 (sabtu)

e. Taman Ria Medan

Taman Ria Medan adalah satu-satunya taman hiburan & rekresi yang memiliki fasilitas-fasilitas atraksi untuk anak-anak, hiburan, panggung terbuka, bowling dan restoran. Taman Ria ini terletak di Pusat kota medan, yaitu di jalan Jendral Gatot subrota serta dapat di kunjungi jam : 17.00 s/d 22.00 WIB dan pada hari minggu pada jam 09.00 s/d 22.00 WIB.

f. Kebun Binatang/taman Margasatwa

Taman Margasatwa ini terdapat juga berbagai jenis binatang jenis binatang yang berasal dari Indonesia dan juga ada beberapa dari luar negeri. Tamanmargasatwa ini terletak di jalan Brig. Jend. Katamso dan tempat dapat dikunjungi pada setiap harinya pada jam 09.00 s/d 17.00 WIb.

2. Langkat

Pusat Rehabilitas Orang hutan bukit Lawang. Objek wisata ini cukup terkenal di Kecamatan Bahorok di daerah Suaka alam dan masih Kawasan Taman Nasional Gunung Lauser dan berjarak 48 km dari medan. Sejak tahun 1973 daerah ini di tetapkan sebagai pusat Rehabilitas Orang Utan dengan tujuan untuk mengembalikan hewan-hewan yang dilindungi khususnya Orang Utan ke habitatnya untuk melihara kelangsungan hidupnya di alam bebas.

3. Deli Serdang

a. Cagar Alam Sibolangit

Cagar alam Sibolangit yang berhawa sejuk dan memiliki daya tarik tersendiri dengan Botanical Gardennya yang indah, banyak di kunjungi para wisatawan dan para remaja. Cagar alam Sibolangit terletak 45 km dari medan kea rah Berastagi (kabupaten Karo) dan dapat di kunjungi pada setiap hari pada jam 09.00 s/d 17.00 WIB.

b. Sialang buah

Sialang Buah merupakan tempat rekreasi pantai timur Sumatera Utara, di tempat ini cukup ideal untuk bersantai sambil menikmati jenis-jenis ikan laut. Sialang buah terletak 60 km dari medan kea rah berastagi, dapat di kunjungi setiap hari.

4. Karo

a) Taman Hutan Raya Bukit Barisan

Taman Hutan raya ini berhawa sejuk dan memilik daya tarik tersendiri dengan Botanical Gardennya yang indah serta adanya atraksi menunggang gajah. Tempat ini sering di kunjungi wisatawan dan terletak 60km dari medan kea rah berastagi, dapat dikunjungi pada setiap hari.

b) Peceran

Peceran merupakan desa tradisional yang memiliki nilai-nilai budaya dan sejarah, didesa tersebut terdapat rumah adat Karo dengan Arsitektu tradisional yang cukup indah dan menarik. Peceran terletak 65km dari medan dan masuk kira-kira 1km dari jalan raya. untuk mencapai desa ini dapat digunakan kendaraan bermotor seperti bus, mini bus, taxi, serta dapat dikunjungi setiap hari.

c) Berastagi

Berastagi terkenal dengan pesona buah, bunga dan keindahan alamnya, daerah ini tersedia fasilitas-fasilitas rekreasi, dari tempat ini tidak berapa jauh dari gunung berapi yang masih aktif yakni Gunung Sinabung & Gunung Sibayak, pendakian kedua gunung ini merupakan kegiatan yang sangat menarik bagi wisatawan terutama bagi remaja.

d) Buit Gundaling

Suatu tempat rekreasi yang indah, jaraknya hanya 2 km dari brastagis untuk memandang eindahan alam kota brastagi dan sekitar tanah karo. Tempat ini sering di kunjungi wisatawan terutama pada hari-hari libur.

e) Desa Lingga

Desa lingga adalah sebuah desa tradisional karo yang dahulu di kenal dengan kerajaan lingga. Di desa ini terdapat kelompok rumah-rumah tradisional Karo yang sampai sekarang masih di huni dan di pelihara dengan tidak mengalami perubahan yang menunjukan bangunan-bangunan tradisional Karo di masa lalu.Desa lingga telah di pugar oleh pemerintah untuk memelihara kelestariannya sebagai hasi budaya tradisional yang cukup di kenal wisatawan asing & domestic. Di desa ini sering pula di selenggarakan pertunjukan tradisional Karo. Desa lingga terletak kurang lebih 78 km dari medan (4 km dari kota kabanjahe), daerah ini dapat di kunjungi setiap saat dengan kendaraan bermotor seperti bus, minibus,dan taxi .

f) Air Terjun Si-piso-piso/Tongging

Air terjun si piso-piso/tongging terletak di pantai danau toba bagian utara yang cukup indah, di tempat ini kita terpukau akan keindahan alam danau toba, dan keindahan air terjun yang jatuh dari ketinggian kurang lebih 180 m ke celah yang sempit di daerah danau toba. Tempat ini terletak 3 Km dari jalan raya medan-brastagi parapet (99 km dari medan) daerah ini dapat di capai dengan kendaraan bermotor seperti bus, mini bus, dan taxi.

5. Simalungun

a. Pematang Purba

Di pematang Purba terdapat salah satu peninggalan kerajaan purba yaitu rumah Bolon, yang dahulunya merupakan pusat kegiatan kerjaan atau kepala suku. Rumah ini trbuat dari kayu jati, dindingnya di hiasi dengan ukiran-ukiran yang indah . Masuk kedalam rumah melalui tangga sempit, karena rumah ini di bangun di atas tiang-tiang kayu yang cukup tinggi dan memiliki pintu perangkap, keunikan konstruksi bangunan rumah ini tidak mempergunakan paku. desai ini berjarak kurang lebih 138 km dari medan ke arah parapet via berastagi-kabanjahe dan dapat di capai dengan kendaran bermotor seperti bus, mini bus, dan taksi.

b. Museum Simalungun Pematang Siantar

Museum Simalungun merupakan salah satu museum tertua di Sumatera Utara yang menyimpan dan memperagakan berbagai  benda sejarah, hasil budaya tradisional simalungun yang sudah langkah. Museum ini terletak di jalan Jendral sudirman P.Siantar. Museum ini dapat dikunjungi pada :

Jam        : 09.00 s/d 15.00 ( senin s/d kamis )

09.00 s/d 12.00 ( Jum’at )

09.00 s/d 13.00 ( sabtu )

c. Simarjarunjung

Simarunjung terletak di puncak suatu bukit yang cukup tinggi di sebelah timur danau toba, dari lokasi ini kita dapat melepas pandang seluas-luasnya kea rah danau toba dan pulau samosir . Disaerah ini terdapat caga alam yang juga dapat di jadikan suatu daya tarik bagi penumpang di daerah ini. Simarjarunjung Berjarak Kurang lebih 60 km dari P. siantar. ( 190 Km dari medan )daerah ini dapat di capai dengan kendaraan ber motor sepeti bus, mini bus , dan taxi .

d. Parapat – Danau Toba

Parapat merupakan kota wisata utama di Danau Toba dan Sumatera Utara, hawanya cukup sejuk, menyehatkan dan cocok untuk berekreasi, selain berekreasi dapat pula dilakukan bebagai jenis olah raga seperti : berenang, ski air, motor boating, sepeda air, sampan dan memancing. Diatas bukit yang berhadapan dengan danau Toba terdapat camping Ground yang sudah diatur baik. dari atas bukit ini dapat di nikmati pemandangan Danau toba, Kota Parapat dan P.Siantar sebagai latar belakang yang cukup mempesona.

6. Tapanuli Utara

a.  Pulau Samosir

Pulau Samosir terletak di tengah Danau Toba dan merupakan daerah asal suku bangsa Batak, tidak mengherankan jika Pulau Samosir menjadi pusat kebudayaan suku bangsa batak. Sebagai pusat kebudayaan Pulau Samosir juga memiiki peninggalan sejarah dan terkenal dengan keindahan alam terutama pantai-pantai landai, panorama gunung dan Danau Tobanya. adanya beberapa tempat sebagai objek wisata yang menarik untuk di kunjungi di antara lain :

1)  Tomok

Desa Tomok sangat ramai di kunjungi wisatawan dan merupakan pintu gerbang untuk memasuki pulau samosir dengan menggunakan kapal ferry dari ajibata parapet. Objek yang menonjol di daerah ini adalah makam Raja Sidabutar yang pernah memerintah dan berkuasa beberapa ratus tahun lalu, makam tua ini terbuat dari batu besar, di pihat dan di hiasi patung batu, usia kurang lebih 250 tahu.

2)  Tuk-tuk Siadong

Memiliki pantai indah, airnya jernih cocok untuk bernenang dan berjemur di pantai pasir yang bersih, objek ini sangat ramai di kunjungi wisatawan mancanegara. Di tempat ini bersedia fasilitas akumondasi dari beberapa kelas sesuai dengan keinginan pengunjung.

3) Desa siallangan Ambarita

Suatu perkampungan yang memiliki sejarah yaitu tempat pertemuan raja-raja, tempat pesidangan/peradilan dan tempat melaksana hukuman bai orang-orang yang bersalah yang keseluruhnya terbuat dari batu.

4) Simanindo

sebuah desa di tepi pantai Pulau Samosir bagian Utara, disini terdapat kelompok rumah tradisional Batak Toba dengan ukuran khan yang masih terawat dengan baik. Di desa ini terdapat juga museum tempat pnyimpanan peninggalan budaya batak Toba antara lain: Alat-ala perang alat-alat rumah, patung sigale-gale, Solu Bolon, Instrumen Tradisional Batak toba dan lain-lain. Di desa ini kita dapat menikmati pagelaran kesenian tor-tor tradisional Batak toba yang di selenggarakan dua kali pada setiap harinya yaitu pada jam 10.00 s/d 11.00 & jam 11.00 s/d 12.00 WIB.

5) Pulo TAO

Pulo TAO adalah salah satu yang Pulau kecil yang terletak di sebelah Utara Pulau Samosir yang memiliki pemandangan yang indah dan pantai yang bersih sehingga menarik bagi wisatawan mancanegara & Nusantara untuk tempat rekreasi dan pulau ini di juluki sebagai Honey moon Island karena tempatnya sepi, tenang dan terasing.

b. Desa Jangga

Desa Jangga terletak di sebelah selatan kota Parapat yang jaraknya kurang lebih 40km.desa ini adalah salah satu desa trdisional Batak Toba dengan ukiran-ukiran khas yang masih terawatt baik. Di desa ini bisa melihat atraksi bertenun tradisional untuk membuat ulos (kain tradisional) Batak Toba.

c. Balige

Di kota Balige terdapat makam sisingamangaraja XII, museum runah adat Batak Toba dan Balairung Pasar Balige yang penuh ukiran tradisional Batak Toba. Balige terletak di jalan raya maju tarutung yang berjarak kurang lebih 234 km dari medan (kurang lebih 60km dari prapat).

d. Huta Ginjang

Di daerah Huta Ginjang terdapat tempat untuk melihat Danau Toba dari bagian Selatan dengan pemandangan alam yang indah untuk tempat rekreasi untuk menikmati keindahan alam danau Toba . Tempat ini terletak 4 km dari kota Balige ke arah kota Tarutung.

7. Tapanuli Tengah

a) Pandan

pandan merupakan tempat rekreasi laut dengan pantai yang indah dan bersih, selalu di kunjungi wisatawan yang ingin menikmati keindahan pemandangan laut dengan pulau-pulau kecil di seberang Pantai Pandan (di sumatera Indonesia). Tidak jauh dari tempat ini terdapa suatu kawasan yang dapat menikmati ketika akan tenggelam pada senja hari (sunset) yang berwarna-warni yaitu desa desa Pantai Hajoran. Pandan terletak di jalan raya Medan-Sibolga-padang Sidempuan (20 km di luar Sibolga kearah P. Sidempuan).

b) Teluk Tapian Nauli

Sibolga adalah suatu kotamadya Tk. II di sumatera Utara yang terletak di pantai Barat Sumatera Utara, di kota ini terdapat suatu teluk yang sangat indah dan cukup tekenal keindahannya dan sering di kunjungi wisatawan mancanegara & Nusantara. Teluk Tapian Nauli terletak di kota si bolga yang berjarak kurang lebih 349km dari medan.

c) Pulau Poncan

Pulau poncan adalah tempat rekreasi laut yang cukup menyenankan seperti memancing dan menyelam. untuk mencapai pulai ini dapat di gunakan speed boat dari Sibolga.

d) Bonan Dolok

merupakan puncak pegunungan yang jaraknya kurang lebih 10km dari Sibolga kea rah taruntung. Dari lokasi ini dapat minkmati keindahan Teluk Tapian Nauli, desa-desa nelayan tradisional dengan pelabuhan pantai Barat Sibolga. Pada malam hari lampu kapal & jermal-jermal nelayan tampak dari kejauhan, suatu pemandangan yang mengasyikan, juga ditempat ini tersedia sarana akomondasi dan restoran.

e) Barus

Barus adalah ibu kota kecamatan yang terletak di Pantai Barat Sumatera Utara yang berjarak 65km dari Sibolga kea rah Utara, di tempat ini terdapat penggalan sejarah seperti makam-makam tua dari zaman permulaan masuknya Agama Islam ke Indonesia. Objek wisata yang paling terkenal adalah makam mahligai dan bekas benteng portugis.

8. Nias

Pulau nias terletak di Samudera Indonesia atau di sebelah barat Sumatera Utara. pulau ini dapat dicapai dengan pesawat udara dari medan dan ferry dari sibolga. Pulau nias adalah daerah yang cukup menarik, kaya akan keindahan alam yang mempesona, lautnya biru dengan rangkaian ombak yang atraktif untuk olah raga berselancar internasional. Objek wisata didaerah ini menyebar di sepanjang paantai sampai ke bukit-bukit, sangat bervariasi dan penuh pesona, baik berupa alam, budaya, sejarah, tarian dan upacara-upacara maupun adat istiadat yang berbeda dengan daerah-daerah lain.

A. Bawomatalou

Bawomatalou berarti bukit matahari terletak di puncak bukit 400 meter di atas permukaan laut. Jalan ke desa ini dapat bangunan istana “Ulu” (Raja), tingginya 20 meter dengan tiang-tiang besar bergaya bangunan khas Nias. Di lokasi ini kita temui sekelompok rumah-rumah ini sering di selenggarakan tari tradisional bagi masyarakat nias, dan pada masa lalu merupakan upacara khusus bagi remaja yang beranjak dewasa.

B.      Pantai Lagundri/Sorake

Terletak di kecamatan Teluk Dalam kurang dari 120 km dari Gunung Sitoli. Pantai ini terkenal sampai ke luar negeri, pantainya cukup indah dihiasi rangkaian ombak putih berkejaran yang cocok untuk berselancar (surfing). Lagundri/Sorake termasuk pantai terindah di Indonesia dan tidak kalah popular dengan pantai-pantai mancanegara seperti hawai dan Pattaya, disekitar lokasi ini terdapat sarana akumondasi ataupun penginapan.

C.      Hillisimaetano

Desa Hillisimaetano adalah salah satu desa tradisional dan di tempat ini tidak dapat di saksikan pertunjukan tari tradisional Nias, Lompa Batu. Di desa ini juga terdapat rumah-rumah tradisional Nias dan berbagai hasil kerajinan Nias.

9.       Tapanuli Selatan

Candi Portibi

Terletak 78 km dari kota Padang Sidempuan. merupakan peninggalan hindu, di kompleks ini terdiri beberapa candi yang letaknya berdekatan satu sama lain yaitu Candi Bahal I, Candi bahal ll dan candi bahal lll yang keseluruhannya disebut Candi Portibi. Setelah dipugar Pemerintahan Candi ini semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: