Sulawesi Tenggara

A.INFORMASI UMUM

provinsi Sulawesi tenggara letaknya antara 120 ̊-124 ̊ BT dan 3 ̊ – 6 ̊ LS. bagian timur berbatasan dengan laut banda, bagian selatan berbatasan dengan laut flores, bagian utara berbatasan dengan Sulawesi selatan dan bagian barat berbatasan dengan teluk bone. Sulawesi tenggara beriklim tropic dengan tempratur dari 25  ̊C – 27  ̊C. luas wilayhnya mencapai 38, 140 km².

provinsi Sulawesi tenggara dengan ibuotanya kendari, merupakan derah yang banyak terdapat gunung-gunung yang cukup tinggi antara lain : gunung mengkoka, (2.790m), gunung anggowaka (1600m) dan gunung watamohai (1.780m) serta dataran rendah yang cukup luas dengan danau matano dan danau towuti. danau napabale monomuno terletak di muara dengan tebing mengahadap ke laut serta mengalir sungai sungai yang cukup panjang antara lain : sungai kumbuti, sungai konaweha dan sungai lalindu.

kekayaan dunia flora yang banyak tumbuh antara lain kayu eboni, aneka anggrek dan markisa, sedangkah fauna yang khas adalah anoa dan tapir. panorama yang cukup menarik di dekat pelabuhan laut adalah mayaria kasilampe di kendari dan pantai nirwana di buton.

Cara penyampaian :

untuk mencapai Sulawesi tenggara ada beberapa alternative yaitu :

Melalui Udara :

menggukan pesawat merpati nusantara dari Jakarta – surabya – denpasar melalui ujung pandang menuju kendari, kendari – palu, kendari – manado, ujung pandang – bau-bau (pulau buton)

Melalui Darat :

dilayani oleh PT. PELNI dari Jakarta – Surabaya – ujung pandang – bau-bau, ambon – bau-bau, jayapura – bau bau.

B.OBJEK DAN DAYA TARIK WISATA

1.  Taman Laut P. Hari

terletak di desa tambeanga, kecamatan morange kendari. dapat dikunjungi setiap hari naik speed boat (carter) dengan jarak tempuh satu jam. tersedia rumah istirahat , mck, ruang bilas, dan dapat menyaksikan pemandangan laut yang indah. luas pulau ini ± 27 hektar dengan bukit batu cedas, dikelilingi hamparan pasir putih untuk berjemur dan menyelam.

2. Pulau Saponda Darat

terletak di desa saponda, kecamatan soropia, kendari, dapat dikunjungi setiap hari naik speed boat (carter) mempunyai pasri putih dan cocok untuk berjemur dan menyelam.

3. Pulau Saponda Laut

terletak di kecamatan soropia, kendari , dapat dikunjungi setiap hari naik speed boat (carter) mempunyai pasir putih dan cocok untuk berjemur dan menyelam.

4. Teluk Morame dan Lapuko

terletak di desa lapuko, kecamatan marame, kendari. dapat dikunjungi setiap hari melalui laut (carter) speed boat dengan jarak tempuh ± 1 jam. tempat ini baik untuk olah raga memancing.

5. Air terjun morame

terletak di desa sumber sari, kecamatan morame, 75 meter dari kendari, dapat dikunjungi setiap hari naik angkutan umum bis dan ditempuh dengan lama perjalanan ± 1 jam. objek ini mempunyai panorama yang indah, pemandian air terjun dan hutan lindung dengan kayu tropis.

6. Pantai Batu Gong

terletak di desa lalonggasu meota, kecamatan sampara 21 km dari kendari.dapat dikunjungi setiap hari naik kendaraan pribadi dan carter bis.pada tempat ini dapat disaksikan panorama laut lepas dan juga dapat digunakan untuk berjemur.

7. Maya Ria

terletak di desa Kasilamp, kecamatan kendari 1km dari kendari, dapat di tempuh dengan angkutan kota. tempat ini terkenal dengan pembuatan perahu yang baik mempergunakan layar maupun kendaraan bermotor.

8. Peragaan Show Room dan seni Kerajinan Tangan Daerah

terletak di desa Wua – Wua, Kecamatan Mandonga , 12 km dari kendari, dapat di kunjungi naik angkutan kota.

9. Sumber Air Panas

Terletak di desa Mangolo, kecamatan Kalaka 3 km dari kalaka. dapat di tempuh naik angkutan kota pada tempat ini tersedia kolam mandi air panas.

10. Pulau Malaka

terletak di kecamatan tosiba, 25 km dari kolaka. dapat ditempuh 30menit daro kolaka.

11. Danau Napabale

terletak di desa lokia, kecamatan katobu, 15 km dari baka dapat ditempuh 30 menit, tersedia sampan untuk mengelilingi danau itu, melalui terowongan . tempat ini mempunyai dua buah danau yang dihubungkan oleh terowongan yang dapat diamanfaatkan untuk mandi, menyelam dan menikmati panorama disekitarnya.

12. Perkelahian kuda

terletak di desa lokai, kecamatan lawa, 25 km dari raha dapat ditempuh 10 menit dengan carter  angkutan kota. pertunjukan ini bisa ditampilkanuntuk konsumsi tamu asing atau tamu agung

13.Benteng Kesultanan Buton

terletak dibau-bau, dapat dikunjungi setiap hari naik angkutan kota selama 7 menit.

14. Pantai Nirwana

terletak dibau-bau, dapat dikunjungi naik angkutan kota dengan jarak tempuh 10 menit dari bau-bau.

15. Kendari (unaaha)

Pemandian laut di bokori pemandian laut Mayaria Kasilampe sekitar 3 km dari kendari. air terjun di pohora, sekitar 10 km dari unaaha .

16. Kolaka

air terjun di kolaka pemandangan alam di tolodo cagar alam kayu di kolaka.

17. Buton

pantai nirwana pemandangan laut bau-bau. pemandangan alam di sampolawa air terjun di rangi.

18. Muna

pemandangan alam dan laut dan panorama Motonu No di napabale, sekitar 17 km dari kota raka. selain objek wisata alam dibeberapa kabupatem tersebut diatas, Sulawesi tenggara juga mempunyai asset wisata baik budaya maupun wisata ilmiah dan perkemahan/camping. cagar alam kayu jati napabale, P.Muna. suaka margasatwa di tanjung peropa yakni : anoa dan burung maleo. tanjung amalengo dan rawa aopa, merupakan potensi yang baik untuk pengembangan wisata ilmiah dan taman nasional. pemandian pantai muara ± 15 km dari kota raka. gung watumohan sebuah areal lapangan yang hijau yang biasanya dipergunakan untuk berburu rusa.

(written by Bayu Prakoso,x upw, smkn 27 jakarta, feb 2011)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: