Sulawesi Tengah

SULAWESI TENGAH

A.INFORMASI UMUM

provinsi sulawesitengah letaknya antara 2  ̊ LU – 3  ̊ 4` LS dan 110  ̊ 22` dan 124  ̊ 20`BT. bagian utara berbatasan dengan laut Sulawesi (laut Celebes) dan provinsi sulwesi utara ; bagian selatan berbatasan dengan provinsi Sulawesi selatan dengan sulawesi tenggara ; dibagian barat berbatasan dengan selat makasar dan dibagian timur berbatasan dengan pulau taliabu dan laut Maluku, yang luas keselurahannya 68,033 km². iklim pada umumnya dipengaruhi oleh dua iklim yaitu musim panas dari bulan oktober – april, musim hujan dari bulan april – oktober. tempratur udaranya 20 ̊C – 31 ̊C.

provinsi Sulawesi tengah dengan ibukotanya palu, memiliki panorama alam yang asli serta diselingi oleh padang stepa yang khas, memberikan kesyahduan kepada setiap orang yang datang untuk menikmati keindahan alam.

selain itu di daerah ini terdapat danau, dengan pantai pasir putih yang dapat dilayani serta memiliki hasil ikan yang besar jumlahnya, seperti ; danau poso dan danau lindu, bahkan di danau poso memiliki ikan yang spesifik yaitu ikan sidat yang penangkapnya masih dilakukan secara tradisional.

flora yang banyak tumbuh antara lain kayu eboni dan rotan, sedang faunanya adalah babi rusa, anoa, rusa dan maleo.

cara pencapaian :

Sulawesi tengah dengan ibukotanya palu terletak disuatu lembah,

to be continue…

(written by Bayu Prakoso,x upw, smkn 27 jakarta, feb 2011)

Tinggalkan komentar